Libur tahun baru, okupansi hotel tak sesuai target - WisataHits
Jawa Barat

Libur tahun baru, okupansi hotel tak sesuai target

RBG.ID, BANDUNG – Libur Natal dan Tahun Baru 2022-2023 (Nataru) yang diperkirakan akan ramai pengunjung dan wisatawan di Jawa Barat (Jabar), tidak sebanding dengan kinerja hunian hotel di kawasan tersebut.

Presiden Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar Herman Muchtar mengumumkan target okupansi hotel hanya terpenuhi di hotel bintang 4 dan 5, sedangkan hotel bintang 3 dan Jasmine tidak terpenuhi.

“Yang sudah tercapai hotel bintang 4-5 bagus, bintang 3 belum tercapai dan bintang melati belum tercapai. Yang jelas tingkat okupansi menurun, tidak sesuai rencana,” kata Herman, Senin (26/12). ).

Ia mengatakan, pihaknya mematok target okupansi Kota Bandung sebesar 80 persen dan Jawa Barat 60 hingga 65 persen. Namun keduanya masih di bawah target.

Karena itu, menurutnya, pelaku ekonomi penginapan tersebut belum mendapatkan keuntungan.

Herman berharap hal itu bisa ditutupi dengan libur tahun baru 2023 dan banyak wisatawan yang datang ke Jabar dan menginap di hotel-hotel di sekitar tempat wisata.

Dengan demikian, tujuan hunian hotel di Jawa Barat dan Kota Bandung dapat tercapai.

“Mudah-mudahan di tahun yang baru sedikit membaik (okupansi hotel). Saat ini hotel yang cukup bagus adalah Bandung, Bandung Barat, Kota Bogor, Cirebon,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Benny Bachtiar memprediksi wisatawan yang datang melebihi kapasitas beberapa objek wisata.

Bahkan bisa lebih besar lagi dari perayaan Idul Fitri 2022. Bahkan, kata dia, okupansi bisa mencapai 150 persen dari kapasitas yang ada. (Tn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button