Kenali Desa Banjar, kompleks industri gula aren Banyuwangi di lereng Pegunungan Ijen - WisataHits
Jawa Timur

Kenali Desa Banjar, kompleks industri gula aren Banyuwangi di lereng Pegunungan Ijen

Liputan6.com, Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi dikenal kaya akan potensi sumber daya alam. Selain terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah, hasil pertanian dan perkebunannya juga patut diacungi jempol.

Salah satunya di Desa Banjar di Kecamatan Licin. Kawasan di lereng Ijen ini bisa dibilang merupakan kompleks produksi gula aren terbesar di Banyuwangi.

Terletak tepat di lereng Gunung Ijen, Desa Banjar memiliki luas 4,36 km² dengan geografi perbukitan sekitar 500 meter di atas permukaan laut.

Padi merupakan komoditi yang dominan ditanam oleh masyarakat Banjar. Namun, tidak semua tanah di desa Banjar menjadi sawah. Sebagian lahan juga ditanami buah-buahan dan produk kopi.

Selain itu tumbuhan yang juga umum terdapat di desa ini adalah pohon enau. Hal inilah yang kemudian mendorong bangkitnya produsen gula aren di wilayah Banjar.

Kepala Desa Banjar Sunandi mengatakan, produksi gula aren hampir merata di empat dusun, yakni Dusun Krajan, Putuk, Rembang, dan Salakan. Secara keseluruhan ada puluhan produsen yang masih berproduksi secara rutin.

Namun kebanyakan berada di Dusun Rembang. Produksi sudah berlangsung lama dan biasanya terjadi dari generasi ke generasi.

“Namun, skala produksinya masih kecil. Skalanya industri rumahan,” kata Sunardi, Jumat (12/2/2022).

Melalui gula aren inilah Desa Banjar kemudian tumbuh menjadi desa yang otentik melalui tradisi dan sajian kulinernya yang beragam. Beberapa masakan yang terinspirasi dari gula aren adalah Kopi Uthek dan Cimplen.

Mulai dari Kopi Uthek. Disebut Kopi Uthek karena biasanya orang menyajikan secangkir kopi pahit dengan gula aren terpisah.

Pertama gula aren digigit. Begitu gula masuk ke mulut, kopi langsung diseruput. Perpaduan keduanya menciptakan cita rasa kopi yang unik dan nikmat. Bunyi “thek” saat menggigit gula aren inilah yang menjadi dasar nama Kopi Uthek.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button