5 Rekomendasi Wedang Ronde di Jakarta untuk Penghangat Badan Saat Hujan - WisataHits
Jawa Barat

5 Rekomendasi Wedang Ronde di Jakarta untuk Penghangat Badan Saat Hujan

TEMPO.CO, jakarta – Wedang Ronde merupakan minuman tradisional yang melegenda. Ini terdiri dari air jahe yang diisi dengan tambalan yang berbeda.

Minuman tradisional asal China ini sangat cocok untuk cemilan tengah malam atau saat musim dingin. Rasa jahe juga dapat menghangatkan tubuh.

Isian wedang bulat biasanya terdiri dari rondo (bola-bola tepung ketan dengan kacang), kolang-kaling, agar-agar, roti tawar dan kacang tanah. Nuansa lembut berpadu dengan renyahnya kacang menjadikan wisata wedang menjadi destinasi kuliner semua kalangan saat musim hujan.

Berikut rekomendasi Wedang Jahe di Jakarta:

1. Wedang Ronde Pecenongan

Putaran wedang ini berlangsung di pusat kota Jakarta, lebih tepatnya di daerah Pecenongan yang banyak terdapat jajanan tradisional. Tempatnya agak sempit tapi tempat ini populer di Jakarta Pusat.

Menu penyajiannya sama seperti kebanyakan penjual wedang ronde dan pilihan kuahnya gula merah atau gula putih. Jika dirasa kuah jahe kurang pedas, pengunjung bisa menambahkan kuah lagi.

Alamat: Jalan Pecenongan Nomor 17B, Pecenongan, Jakarta Pusat

Wedang Ronde ke-2 Andri Gajah Mada

Seperti namanya, Andri Round Wedang Booth terletak di kawasan Gajah Mada Jakarta Barat. Berupa ruko tenda sederhana, lokasi tepatnya di depan Mega Motor. Meski begitu, tempat ini cukup ramai di malam hari.

Seporsi wedang disertai siomay ukuran besar dan kecil. Onde besar berisi bubur kacang, tapi onde kecil tidak berisi apa-apa. Pengunjung dapat memilih antara dua jenis saus, yaitu saus gula merah dan saus gula putih, serta menambahkan susu kental manis jika diinginkan.

Alamat: Jalan Gajah Mada (Depan Mega Motor), Gajah Mada, Jakarta Barat

Wedang ke-3 Putaran 63

Bagi yang berdomisili di Cipayung, Jakarta Timur, ada wedang ronde di kawasan ini yaitu wedang rondo 63. Warung ini merupakan warung kuliner wedang ronde yang relatif baru, namun wedangnya enak dan lokasinya nyaman.

Buka mulai pukul 18.30 hingga 23.00 WIB, Wedang Ronde tersedia dengan varian isian dan penutup yang lengkap. Ada porsi kacang tanah, maru tawar, roti tawar, sagu mutiara, dan biji selasih utuh. Air jahe dan gula direbus dengan pandan untuk aroma yang harum.

Alamat: Jalan Raya Cipayung, Gg. Irma 1, Jakarta Timur

4. Wedang Bundar Bandung Eby

Di kawasan Sunter juga ada Wedang Ronde Eby dari Bandung. Lokasinya dekat BCA Sunter Danau dan jam buka mulai pukul 18.00 WIB. Point of sale-nya juga sederhana berupa booth, namun pilihannya cukup banyak.

Ada dua variasi onde, yang besar dengan kacang dan yang kecil tanpa isi. Ada juga saus yang berbeda untuk dipilih termasuk gula merah, gula putih, dan saus kopi bulat. Saus jahe beraroma tapi tidak terlalu panas.

Alamat: Jalan Agung Tengah IV, Sunter, Jakarta Utara.

5. Waroeng Djahe

Ada sebuah tempat di kawasan Tebet dimana Anda bisa mencari minuman wedang bumbu jahe yang dijamin nikmat. Nama tempatnya Waroeng Djahe dari Ronde Jahe Gardujati yang berpusat di Bandung. Kepopuleran dan kelezatan Ronde Gardujati Bandung akhirnya mendorong mereka untuk membuka cabang di Jakarta.

Ada banyak pilihan putaran. Mulai dari bulat kecil tanpa isian, bulat besar isi kacang, hingga bulat isi durian. Pilihan saus berkisar dari gula manis tanpa jahe, dengan jahe hingga kecap atau susu kedelai dan tahu.

Alamat: Jalan Tebet Timur Dalam II Nomor 38C, Tebet, Jakarta Selatan

Wedang bulat ini bisa menjadi pilihan jajanan yang cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan seperti sekarang ini. Selain menghangatkan, minuman ini berkhasiat untuk tubuh.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca juga: 5 tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi di musim hujan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button