Pertumbuhan ekonomi, OPD diminta melakukan kegiatan di daerah - WisataHits
Jawa Tengah

Pertumbuhan ekonomi, OPD diminta melakukan kegiatan di daerah

Minggu 9 Oktober 2022 | 13:15 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Pemalang, InfoPublik – Pl. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, meminta agar organisasi perangkat daerah (OPD) memprioritaskan penyelenggaraan kegiatan kedinasan di daerah.

Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan perekonomian yang sempat mengalami perlambatan akibat pandemi Covid-19.

“Kawan-kawan OPD, kalau mau ada kegiatan, lakukan di Pemalang, karena saya ingin ekonomi Pemalang tumbuh,” tanya Mansur saat membuka pelatihan bisnis pariwisata di sebuah hotel di Pemalang, Sabtu (10/8/2022). . .

Mansur mengatakan permintaan itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Begitu juga ketika gubernur (dalam ruang lingkup) di Jawa Tengah, Presiden berbicara tentang negara, saya di Pemalang, kemudian dia berbicara tentang Pemalang,” jelas Plt. Bupati.

Menurut dia, fokus pemerintah saat ini adalah regenerasi ekonomi nasional dengan meningkatkan konsumsi produk lokal.

“Pemerintah Indonesia gencar melakukan ekspansi ekonomi,” kata Mansur. “Pembelian harus dalam negeri, kecuali yang belum tersedia di Indonesia,” lanjutnya.

Pengutamaan konsumsi produk lokal juga berlaku untuk produk jasa pariwisata. Mansur memperkirakan saat ini terdapat banyak tempat wisata dan akomodasi yang memadai, sehingga sangat layak untuk dikunjungi.

“Kalau jalan-jalan di negara sendiri tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Kita punya banyak (tempat) pariwisata, kita juga punya hotel-hotel representatif, yang semuanya ada di Indonesia.” dia menjelaskan.

“Mudah-mudahan seperti di Jateng juga tidak kemana-mana, kalau mau jalan-jalan ke Jateng saja. Karena saya di Pemalang, turnya akan di Pemalang,” lanjutnya.

Memberikan pengetahuan tentang arah bisnis pariwisata pascapandemi Covid-19, kata event organizer dan narasumber Teguh Liberti dari Asosiasi Industri Pariwisata Indonesia sebagai tujuan diadakannya pelatihan tersebut.

26 pemangku kepentingan pariwisata mengikuti kursus pelatihan pariwisata “pembinaan bisnis pariwisata 24 jam”. Mereka tidak hanya dari Pemalang tetapi juga dari daerah lain di Jawa Tengah seperti Jepara, Blora, Pekalongan, Tegal, Brebes dan Kabupaten Semarang. (Pemalang/Toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button