10 daerah di indonesia dengan suhu udara terdingin - WisataHits
Jawa Tengah

10 daerah di indonesia dengan suhu udara terdingin

Danau Ramanese di Ruteng, salah satu daerah terdingin di Indonesia © Octaviany Stephanie/Shutterstock

Indonesia merupakan salah satu negara dengan iklim tropis di dunia. Akibatnya, hanya ada dua musim di negara ini, yaitu hujan atau kemarau.

Sedikit informasi, titik negara tropis yang berada dekat atau langsung pada garis tengah bumi cenderung membuat cuaca atau suhu udara menjadi lebih panas karena mendapat penyinaran total matahari dari pola rotasi bumi.

Tak heran, bila negara dengan iklim tropis biasanya rawan dengan suhu atau cuaca panas, rata-rata berada pada kisaran 20-30 derajat Celcius, bahkan lebih. Kondisi yang menyebabkan negara tropis tidak memiliki musim dingin atau salju.

Namun nyatanya, ada beberapa wilayah atau kawasan di negara tropis seperti Indonesia yang dikenal memiliki suhu udara yang cukup dingin. Berikut 10 wilayah yang dimaksud:

Tanah dingin tanpa salju yang tersembunyi di tanah Minang

1. Kota mulia

Mulia adalah sebuah kota di Kabupaten Puncak Jayawijaya. Kawasan ini memiliki luas daratan 883 kilometer persegi dan terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak ini menjadikan Kota Mulia sebagai kawasan hunian tertinggi di Indonesia. Pada malam hari, suhu di Kota Mulia bisa mencapai 9 derajat Celcius. Karena jarak ke Pegunungan Jaya Wijaya tidak terlalu jauh, suhu udara di kawasan ini justru bisa turun hingga titik beku.

Selain itu, menurut data BMKG, hujan hampir sepanjang tahun di wilayah Kabupaten Puncak Jayawijaya dekat kota Mulia. Dinginnya kota bangsawan juga didukung dengan lokasinya yang berada di pinggir gunung.

2. Roti

Kota Waghete, masih di Papua, terletak di Kabupaten Deiya, tepat di tepi Danau Tigi. Kota ini juga merupakan salah satu daerah terdingin di Indonesia. Karena pada siang hari suhu udara biasanya berada pada kisaran 15 derajat Celcius. Sementara itu, suhu bisa turun hingga 10 derajat Celcius pada malam hari.

Letak kota ini sendiri berada di dataran tinggi sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika udara di Waghete dikatakan sangat dingin dan menggigit. Bahkan bagi orang luar yang datang ke kota ini, memakai kaos kaki dan jaket saat tidur adalah suatu keharusan.

3. Mamasa

Jika kita mulai dari Papua, kali ini kota terdingin berikutnya ada di provinsi Sulawesi Barat, tepatnya di kota Mamasa yang merupakan salah satu daerah dengan suhu terdingin. Kota ini berada pada ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut.

Kota Mamasa tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah. Kota ini menawarkan udara sejuk setiap hari dengan suhu rata-rata 23 derajat Celcius.

Lebih khusus lagi, tinggi harian di kota yang satu ini jarang turun di bawah 21 derajat atau melebihi 26 derajat. Sebagai referensi, salah satu hari terpanas di kota Mamasa hingga saat ini hanya berada pada kisaran 26 derajat Celcius.

4. Batang eng

Kota Ruteng, NTT |  Pennchen/Shutterstockinformasi gambar

Kota Ruteng, NTT | Pennchen/Shutterstock

Ruteng adalah nama sebuah kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mungkin masih asing bagi kebanyakan orang. Kota ini sering disebut sebagai Praha versi Indonesia karena desain bangunannya yang modern dan pemandangannya yang indah.

Titik kota Ruteng sendiri berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, tidak heran jika suhu rata-rata harian berada di kisaran 25 derajat Celcius. Di sisi lain, seperti halnya di Kota Mulia, suhu terdingin di Ruteng ternyata juga mencapai 10 derajat Celcius.

5. Batuan

Daerah ini pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di pulau jawa. Terletak di Jawa Timur, Kota Batu merupakan tempat wisata yang cukup populer karena suhunya yang sejuk.

Kota ini berada di ketinggian 700 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut, sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi tujuan wisata sejak zaman Hindia Belanda. Suhu rata-rata di Batu berkisar antara 12 hingga 19 derajat Celcius. Bahkan, orang Belanda sendiri yang menyebut kota ini pada zaman dahulu sebagai de Kleine Zwitserland, atau Swiss Kecil.

6. Baturades

Kabupaten Baturad |  Rizki Satriyo/flickrinformasi gambar

Kabupaten Baturad | Rizki Satriyo/flickr

Sedikit bergeser dari Batu di Jawa Timur, daerah terdingin di Jawa Tengah termasuk wilayah Baturade. Namun bukan kota atau kabupaten, kawasan ini merupakan sebuah kecamatan di kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, dengan ketinggian 980 meter di atas permukaan laut.

Suhu udara rata-rata di kabupaten ini berada pada kisaran 20-28 derajat Celcius. Oleh karena itu, tidak heran jika Baturaden menjadi kawasan wisata yang populer juga ditunjang dengan pemandangan alam yang indah.

7. Ciwidey

Ciwidey Bandung |  Tanti Ruwani/Flickrinformasi gambar

Ciwidey Bandung | Tanti Ruwani/Flickr

Salah satu daerah lain yang terkenal dengan suhu dinginnya dan sudah dikenal masyarakat khususnya daerah pulau jawa. Ciwidey sendiri merupakan sebuah desa di kota Bandung, Jawa Barat.

Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, kawasan desa ini terkenal dengan suhu dinginnya. Baik pagi, siang maupun malam, suhu udara di Ciwidey tetap dingin bahkan mencapai kisaran 13 derajat Celcius. Temperatur ini menjadi daya tarik wisata, diberkahi dengan destinasi wisata alam berupa kawah putih yang populer.

8. Lapangan panjang

Lapangan Panjang |  algenta101/flickrinformasi gambar

Lapangan Panjang | algenta101/flickr

Di Pulau Sumatera, tepatnya di Sumatera Barat, ada kota yang juga dikenal memiliki suhu rata-rata yang lebih dingin dari biasanya, yaitu Padang Panjang.

Dinginnya Padang Panjang bukan tanpa alasan karena lokasinya yang dikelilingi oleh tiga gunung sekaligus, yakni Gunung Singgalang, Merapi dan Tandikat. Selain itu, karena letaknya yang berada di ketinggian 950 meter di atas permukaan laut, Padang Panjang memiliki suhu harian rata-rata 23 hingga 26 derajat Celcius.

Kota kecil, kota hujan dan kota pendidikan: Padang Panjang

9. Berastagi

Berastagi |  Andrey Samsonov/flickrinformasi gambar

Berastagi | Andrey Samsonov/flickr

Kota ini diapit oleh dua gunung berapi aktif, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Saat memasuki Wilayah Administrasi Kabupaten Karo, situs ini berada pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Titik ini menjadikan kota ini sebagai salah satu kota terdingin di Indonesia.

Karena itu, rata-rata suhu udara di Berastagi secara umum seringkali di bawah 20 derajat Celcius. Sementara itu, rata-rata suhu udara di kota ini biasanya berada pada kisaran 24 derajat Celcius.

10. Gayo Lues

Gayo Lues |  syahrul anwar/flickrinformasi gambar

Gayo Lues | syahrul anwar/flickr

Di Aceh terdapat sebuah kabupaten yang terletak pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu udara yang agak dingin yaitu Kabupaten Gayo Lues. Kabupaten ini dikenal luas sebagai kawasan jejak Gunung Leuser.

Ya, namanya juga dikenal karena keberadaan kopi khas Gayo. Selain itu kunjungan ke Kabupaten Gayo Lues banyak dilakukan karena suhu udara yang cukup sejuk dan dingin serta berada pada kisaran 24 derajat Celcius.

Suhu dingin di musim kemarau Ada “jadwal” dari awal

Source: www.goodnewsfromindonesia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button