Perombakan Wajah, Pantai Samas Diumumkan Jadi Kampung Bahari Nusantara - WisataHits
Yogyakarta

Perombakan Wajah, Pantai Samas Diumumkan Jadi Kampung Bahari Nusantara

Harianjogja.com, BANTUL — Sejumlah anggota Angkatan Laut (AL) bersama siswa SMK Kelautan dan relawan Satlinmas Wilayah IV Bantul membersihkan sampah di kawasan Pantai Samas, Rabu (8/7/2022).

Gerakan bersih pantai memperingati HUT TNI AL ke-77 sekaligus mendeklarasikan Pantai Samas Kampung Bahari Nusantara (KBN) pada Oktober mendatang.

“Diharapkan Pantai Samas sudah siap saat Kampung Bahari Nusantara dideklarasikan pada Oktober 2022,” kata Panglima TNI Angkatan Laut atau Danlanal DIY Kolonel Damayanti.

DIDUKUNG: Dilarang Parkir di Jalan Gambiran Jogja yang sempit

Damayanti berharap dengan mengubah Pantai Samas menjadi Kampung Bahari Nusantara akan mengembalikan kejayaan Pantai Samas sebagai objek wisata yang bersih dan sehat.

BACA JUGA: Festival Keroncong Pesisir Mataraman mengembalikan kejayaan Pantai Samas

Tidak hanya dari segi pariwisata, tetapi juga daya dukungnya sedang dibangun, serta ketahanan pangan dan perlindungan lingkungan.

Pihaknya juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Srigading dan Kabupaten Bantul untuk mendukung Kampung Bahari Nusantara seperti menanam tanaman mulai dari padi, jagung, kedelai, cabai hingga tanaman lainnya.

Sedangkan untuk menjaga lingkungan dengan menanam bibit mangrove. “Dengan Gerakan Nasional Laut Bersih, diharapkan juga wisatawan yang datang ke Pantai Samas sudah mengunjungi suasana Pantai Samas yang hijau, bersih dan nyaman. Kami berharap Pantai Samas akan berkembang lagi dan menarik wisatawan. Itu keinginan Lanal Yogyakarta,” kata Damayanti.

Danlanal juga mengharapkan kerjasama masyarakat sekitar Pantai Samas untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian pantai.

Pihaknya akan terus memantau kondisi pantai Samas agar menjadi pantai yang bersih dan banyak dikunjungi wisatawan sehingga masyarakat setempat bisa merasakan manfaatnya.

Panitia HUT Lanal DIY TNI Angkatan Laut ke-77, Mayor TNI Angkatan Laut Herlin Hestiowati menambahkan, setiap satuan TNI Angkatan Laut diminta untuk membuat kampung pimpinan atau Kampung Bahari Nusantara.

Kampung Bahari Nusantara terdiri dari lima klaster yaitu klaster Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata, Ekonomi dan Pertahanan.

Pihaknya memilih Pantai Samas sebagai Kampung Bahari Nusantara karena Samas pernah berjaya di tahun 1980-an dan sempat menjadi pantai terkenal di Bantul sebelum Parangtritis menjadi terkenal.

Saat ini TNI AL bersama sejumlah orang yang tertarik keduanya ingin mengembalikan kejayaan itu. “Tujuan akhirnya tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan potensi daerah dan potensi ekonomi,” ujarnya.

Selain bersih pantai, rangkaian peringatan HUT TNI AL ke-77 juga digelar melalui kegiatan donor darah, pemeriksaan gigi, dan khitanan massal.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button