Khofifah mengunjungi Mesir selama sepekan untuk menjajaki kerja sama pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Khofifah mengunjungi Mesir selama sepekan untuk menjajaki kerja sama pariwisata

Liputan6.com, Surabaya – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa akan berkunjung ke Mesir mulai hari ini hingga pekan depan untuk mempererat kerja sama di berbagai bidang.

“Agenda utamanya adalah penandatanganan Letter of Intense/LoI dengan Gubernur Alexandria, Mesir,” kata Khofifah di Surabaya, dilansir Antara, Selasa (22/11/2022).

Penandatanganan LoI melayani kerjasama di bidang perdagangan, ekonomi dan pariwisata.

Gubernur Khofifah mengumumkan bahwa beberapa Syekh dari Al-Azhar baru-baru ini mengunjungi Jawa Timur, termasuk Gedung Negara Grhadi di Surabaya.

Diantaranya Syekh Prof DR Muhammad Abdushomad Muhammad Muhanna, Syekh Prof DR Faty Abdurrahman Hijazi, Syekh Prof DR Yusri Rusydi Jabr, Syekh Prof DR Mahmud Fathi Hijazi dan Syekh Barkawi.

Menurutnya, terdapat potensi wisata religi di Mesir dengan berbagai peninggalan peradaban kuno yang memiliki kandungan sejarah peradaban Islam yang sangat kental.

“Kalau para syekh mau berkunjung, potensi wisata religi sangat besar,” ujarnya.

Selain itu, setiap tahunnya ada sekitar 160.000 jemaah umrah di Jawa Timur yang bisa mendapatkan layanan ziarah ke tempat-tempat bersejarah peradaban di Mesir seperti Imam Syafii, Bibliotheca sebagai perpustakaan pertama di dunia, Piramida dan lain sebagainya.

“Jadi, jika Anda bisa mengunjungi syekh atau mengunjungi mereka, itu tentu merupakan hak istimewa,” katanya.

Memang, lanjut Gubernur Khofifah, masalahnya saat ini belum ada penerbangan langsung dari Surabaya ke Mesir dan sebaliknya. Padahal ini sangat penting dan strategis. Ia berharap penerbangan langsung dari Surabaya ke Mesir bisa dimulai di masa mendatang.

Selain pendidikan dan pariwisata, Gubernur Khofifah akan memperkuat kerja sama di bidang perdagangan.

“Kami telah beraliansi dengan para pengusaha dari Jawa Timur agar mereka dapat berjejaring dan cocok dengan para pengusaha di Alexandria dan Mesir pada umumnya. Itu artinya seperti Ti-for-Tat. Dengan potensi yang begitu besar, sayang sekali jika tidak dimaksimalkan,” ujarnya.

Isu kenaikan harga BBM pertalite dan solar membuat masyarakat Indonesia khawatir. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengimbau warga Jatim tidak panik dengan isu ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button