Pengelola Obyek Wisata Jateng Kerjasama dengan UMKM lokal diapresiasi - WisataHits
Jawa Tengah

Pengelola Obyek Wisata Jateng Kerjasama dengan UMKM lokal diapresiasi

Pengelola Obyek Wisata Jateng Kerjasama dengan UMKM lokal diapresiasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Pengelola objek wisata Jawa Tengah yang bermitra dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal diapresiasi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Langkah ini diyakininya akan membantu UMKM untuk lebih berkembang.

“Sinergi dan kerjasama antara objek wisata dan UMKM di sekitarnya dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya di Semarang, Selasa (1/10/2023).

Wagub menyampaikan, Pemprov Jateng dan Pemkab/Pemkot terus memberikan dukungan untuk peningkatan kualitas UMKM di provinsi setempat. Karena pengelola properti pariwisata melibatkan pemangku kepentingan UMKM, diharapkan hal ini dapat mendorong ruang ekonomi bagi masyarakat, termasuk membuka lapangan kerja.

Ia juga mendorong para pemangku kepentingan pariwisata untuk menciptakan suasana baru pariwisata di Jawa Tengah. Selain itu, roda perekonomian harus kembali dikebut setelah merebaknya pandemi.

Sebagai contoh obyek wisata Dusun Semilir, selain wisata kuliner unggulan, terdapat wahana bagi wisatawan untuk berfoto selfie.

Selain kendaraan wisata, pihaknya juga berharap ada peningkatan SDM dan promosi digital. “Semoga wisata ini bisa berkembang lagi dan membantu perekonomian di Jawa Tengah,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Jateng Sumarno juga mengapresiasi pihak-pihak yang telah memfasilitasi dan membimbing para pemangku kepentingan UMKM agar dapat kembali mekomersialkan produk UMKM Jateng.

“Mudah-mudahan ini bisa mengembalikan UMKM yang kemarin terpuruk sehingga bisa bangkit kembali dan berkembang,” ujarnya.

Sekda juga mengakui bahwa pemasaran ekspor produk UMKM sering terkendala oleh jaringan pasar, namun jika mampu menembus pasar luar negeri, pelaku UMKM perlu menjaga kesinambungan dan kapabilitas produk.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button