Pesona Curug Sangiang, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Pesona Curug Sangiang, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kuningan

Pesona Curug Sangiang, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kuningan
Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sagarahiang, Kec. Darma, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Salah satu tempat wisata yang saat ini sedang populer dan berada di wilayah provinsi Jawa Barat yaitu Curug Sangiang. Air terjun ini tepatnya berada di kawasan Kuningan. Memiliki panorama alam yang indah dan selalu terjaga keindahannya sehingga membuat suasana yang mengelilinginya sangat asri dan cocok bagi yang ingin menyejukkan diri.

Wisata air terjun ini terbentuk akibat letusan Gunung Papandayan. Letusannya sendiri terjadi pada tahun 2002. Nama Curug Sangiang berarti air terjun yang menjadi tempat berkumpulnya. Keindahan alam tempat ini telah menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya.

Apalagi saat ini, dengan kemajuan teknologi, daerah semakin dikenal melalui media sosial. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke tempat ini. Untuk lebih jelasnya berikut akan diulas atraksi, fasilitas, harga tiket dan hal lainnya dari tempat wisata tersebut.

Objek wisata air terjun Sanguang

Obyek wisata Curug SanguangKredit gambar: Google Maps Asep Nurohman

1. Pemandangan air terjun yang luar biasa

Di Indonesia memang banyak terdapat air terjun, namun tentunya semua keindahan yang ditawarkan oleh air terjun tersebut tidak sama. Sama halnya ketika anda mengunjungi air terjun Sangiang ini. Keindahan tempat ini memang cukup berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Nantinya, Anda akan disuguhkan panorama air terjun yang memiliki aliran yang begitu deras, meski berada di tengah musim kemarau. Inilah salah satu alasan mengapa tempat ini semakin populer dan memenuhi media sosial. Apalagi pemandangan rerumputan dan pepohonan hijau yang membuat suasana semakin asri juga tak boleh dilewatkan.

Pendopo kecil yang sengaja dibangun dengan batu-batu besar menambah kesan alami tempat ini. Dijamin kamu akan betah saat harus menghabiskan waktu seharian di tempat ini.

2. Suasana utuh

Daya tarik air terjun selanjutnya adalah suasana alam sekitar yang masih sangat alami. Perlu diketahui bahwa untuk mencapai kawasan Curug Anda harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, karena jalannya yang menanjak. Namun tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola telah merencanakan rute yang cukup nyaman untuk dilalui.

Yang membuatnya unik adalah jalan dibuat menggunakan bilah-bilah bambu. Sehingga memberikan kesan suasana di sekitar kawasan wisata terlihat lebih alami dan seolah menyatu dengan alam. Apalagi bangunan yang bisa Anda lihat di sekitar kawasan wisata juga menggunakan bahan alami.

3. Beragam spot foto keren

Ada banyak spot foto menarik dan keren yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke tempat tersebut. Spot foto tersebut sengaja dilengkapi dengan berbagai jenis dekorasi dan aksesoris cantik untuk menciptakan area foto yang menarik dan cantik, dan tentunya Instagrammable.

Properti yang digunakan juga dibuat menggunakan bahan-bahan alami dari lingkungan sekitar. Hal ini menambah menarik suasana di sekitar kawasan Air Terjun Sangiang.

4. Perkemahan

Untuk daya tarik selanjutnya, di air terjun ini juga terdapat bumi perkemahan bagi anda yang ingin menikmati kehidupan malam di tempat ini. Lokasi penginapannya sendiri memang berada di kawasan yang sepi lalu lintas dan dekat dengan air terjun.

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat ini, Anda pasti akan mendapatkan suasana yang sangat tenang.

5. Suasananya begitu tenang

Curug Sangiang memang cukup jauh dari perkotaan. Itulah yang akhirnya membuat tempat ini begitu tenteram. Anda tidak akan menemukan polusi udara atau air di tempat ini. Bahkan pemukiman penduduk sekitar juga cukup terpencil. Ketenangan tentu saja akan Anda dapatkan saat berada di tempat ini.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Wisata Curug SgiangKredit gambar: Google Maps Riyan Febriyana

Curug Sangiang terletak di provinsi Jawa Barat yaitu di desa Sagarahiang. Saat ingin mengunjungi tempat wisata ini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk menuju tempat wisata tersebut.

Namun ketika anda sudah dekat dengan lokasi maka anda perlu ikutan untuk bisa mencapai air terjun tersebut. Jangan khawatir karena kendaraan Anda dapat diparkir dengan aman di sini. Tracking yang perlu disampaikan juga cukup baik, karena pihak pengelola sengaja menyediakan rute yang nyaman bagi para pengunjung.

Seperti tempat wisata lainnya, untuk menikmati keindahan pemandangan Curug Sangiang, Anda harus membayar tiket masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tiket masuk yang harus dibayar relatif murah yakni hanya Rp 5.000. Dengan harga tersebut, Anda bisa menikmati berbagai keindahan di air terjun ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Sangiang

Kegiatan Wisata Air Terjun SangiangKredit gambar: Google Maps Dadan “Sadul” Ramdani

1. Bersantai di sekitar air terjun

Saat melakukan kegiatan wisata tentunya banyak kegiatan yang harus dilakukan. Tidak mungkin Anda datang ke tempat wisata tanpa merencanakan kegiatan seru. Selama di Curug Sangiang, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Salah satu caranya adalah dengan bersantai dan menikmati pemandangan alam sekitar.

Dijelaskan, air terjun ini memiliki pemandangan yang begitu indah. Air terjun yang mengalir deras begitu sejuk dan udara di sekitarnya, jauh dari polusi, begitu segar.

Dengan mengunjungi tempat ini, Anda bisa melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi Anda yang berasal dari perkotaan, tak ada salahnya menghabiskan waktu di tempat ini. Dijamin Anda akan merasakan sensasi relaksasi yang luar biasa.

2. Berburu Foto

Karena Curug Sangiang menawarkan foto yang sangat menarik, kegiatan ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Anda bisa berburu foto di tempat ini. Spot foto yang sengaja disediakan pihak pengelola dengan properti yang sudah disiapkan membuat kegiatan hunting foto semakin seru untuk dilakukan.

Menggunakan latar belakang air terjun pasti dapat membuat beberapa foto yang sangat instagramable. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Curug, jangan lupa untuk membawa kamera Anda.

3. Mainkan air

Perairan di kawasan wisata ini terkenal dengan kejernihan dan kebersihannya. Berada di tempat ini, Anda tidak hanya bisa menikmati panorama tapi juga melakukan aktivitas seru sambil bermain air.

Nanti Anda bisa merasakan betapa sejuknya air di sana. Rasa lelah perjalanan yang Anda rasakan sebelumnya akan segera hilang begitu Anda merasakan kesejukan airnya. Sangat cocok digunakan sebagai tempat relaksasi.

Namun perlu diingat jika bermain air di sekitar air terjun ini harus sedikit berhati-hati, karena bebatuan di sana cukup licin. Apalagi bagi Anda yang membawa anak kecil, jadi pastikan untuk selalu mengawasi mereka.

4. Berburu kuliner

Kegiatan terakhir yang tidak boleh dilewatkan saat berada di air terjun ini adalah berburu kuliner. Setelah puas bermain air bersama keluarga, teman atau pasangan di tempat ini, aktivitas selanjutnya adalah berburu kuliner. Makanan di tempat ini sangat enak.

Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. Menyantap hidangan sambil memandangi pemandangan alam di sekitar Air Terjun Sangiang yang memesona tentu menjadi aktivitas yang wajib dilakukan.

5. Kamp

Seperti yang sudah disebutkan di atas, di air terjun ini tersedia area untuk Anda yang ingin berkemah. Berkemah di tempat-tempat tersebut tentunya menawarkan suasana yang berbeda dibandingkan dengan berkemah di tempat lain. Anda dapat mendengar suara air menerjang di malam hari.

Apalagi pemandangan malam di kawasan Curug juga sangat indah karena bintang-bintang yang berkelap-kelip terlihat jelas. Oleh karena itu, bagi Anda yang gemar berkemah bisa menjadikan air terjun ini sebagai spot favorit Anda dan teman-teman.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Wisata Air Terjun SangiangKredit gambar: Google Maps Ryan Nurohman

Untuk menunjang aktivitas wisatawan yang datang ke Air Terjun Sangiong, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang memadai. Di tempat ini Anda bisa menemukan toilet umum dan ruang ganti. Jadi jika ingin bermain di air akan mudah untuk berganti pakaian.

Selain itu, ada juga stand makanan di tempat ini. Dengan adanya warung di sekitar air terjun, Anda tidak perlu khawatir membawa bekal dari rumah. Anda bisa mendapatkan berbagai macam menu yang enak dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Bagi yang ingin bersantai di kawasan wisata, kini sudah disediakan pondok. Saung terbuat dari bahan alami, sehingga menciptakan nuansa yang lebih tradisional dan menyatu dengan alam saat Anda berteduh di bawahnya.

Demikian ulasan lengkap Air Terjun Sangiang di Kuningan yang wajib Anda ketahui. Anda yang saat ini sedang mencari referensi tempat untuk berlibur, maka air terjun ini bisa Anda jadikan salah satu go-to list Anda. Memutuskan untuk mengunjungi tempat ini pasti tidak akan membuat Anda merasa tersesat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button