Pemkot Bogor telah meminta untuk mengaktifkan kembali pusat karantina tanaman hias - WisataHits
Jawa Barat

Pemkot Bogor telah meminta untuk mengaktifkan kembali pusat karantina tanaman hias

Pemerintah Kota Bogor diminta menghidupkan kembali pusat karantina tanaman hias.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Bogor Flora Festival (BFF) Pride of Buitenzorg akan berlangsung pada 26 Agustus hingga 4 September 2022 di Kota Bogor. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan ada permintaan dari komunitas tanaman hias untuk merevitalisasi balai karantina.

“Tanaman hias itu ibarat hubungan antara laki-laki dan perempuan, semakin dirawat semakin cantik, semakin diabaikan, semakin buruk. Jadi semakin kita perhatikan, semakin sabar kita, semakin fokus, semakin banyak kerjasama yang terjadi, semakin indah, indah dan lestari, itu saja,” kata Bima Arya dalam keterangannya, Senin (29/8/2022). .

Hal ini, kata dia, menjadi tantangan di Kota Bogor. Hal ini dikarenakan Kota Bogor bukanlah Kabupaten Bogor yang memiliki lahan luas tempat agribisnis berkembang.

Namun lain halnya dengan urban farming atau tanaman hias. Menurutnya, sangat cocok di Kota Bogor dengan lahan terbatas. “Ada penelitian di sini, ada komunitas, ada petani. Sekarang kita sedang briefing tentang apa yang bisa dibantu oleh Pemkot Bogor,” ujarnya.

Dia mengatakan hanya ada satu permintaan dari komunitas hias, yaitu menghidupkan kembali pusat karantina. Pusat karantina ini bertujuan untuk mempermudah pengelolaan berbagai hal sehingga ekspor meningkat.

Ia kembali menegaskan jika ada yang perlu dilakukan Pemkot Bogor (Pemkot) untuk membangkitkan kembali dan mengembangkan potensi tumbuh tanaman hias, bisa dikomunikasikan secara langsung.

“Kalau acaranya sederhana, hanya masalah politik yang dibutuhkan. Selama masa injury time saya sebagai walikota, tinggal menghitung bulan, saya ingin melakukan sesuatu untuk membantu teman-teman saya di komunitas hias untuk terus maju.” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Festival Flora Bogor, Djojohadi Haristiono Eko Putro mengatakan, meski BFF baru pertama kali digelar, namun antusiasme masyarakat dan pecinta tanaman hias cukup tinggi, terlihat dari kehadiran 350 kontestan.

“BFF ini akan menjadi calendar of event Kota Bogor yang diadakan setiap tahun. Semoga menjadi semangat untuk mencintai dan merawat tanaman hias sekaligus mendongkrak perekonomian dan menjadi daya tarik wisata baru bagi Kota Bogor,” ujarnya.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button