IOI 2022 Berakhir, Kemendikbudristek Ajak Komunitas Informatika Manfaatkan Teknologi untuk Wujudkan Kesejahteraan – KRJOGJA - WisataHits
Yogyakarta

IOI 2022 Berakhir, Kemendikbudristek Ajak Komunitas Informatika Manfaatkan Teknologi untuk Wujudkan Kesejahteraan – KRJOGJA

YOGYA, KRJOGJA.com – International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 ke-34 yang berlangsung selama seminggu, telah berakhir. IOI merupakan bukti semangat global dari 90 negara peserta kompetisi informatika bergengsi dalam mewujudkan masyarakat 5.0.

“IOI ke-34 yang bertemakan Digital Energy of Asia ini merupakan bentuk dukungan terhadap terwujudnya Society 5.0, di mana teknologi digital sangat dekat dengan kehidupan manusia dan dikembangkan sebesar-besarnya untuk kepentingan kehidupan,” ujar pihak IOI. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti dalam laporan penyelesaian IOI ke-34, hybrid (online dan offline) di kawasan candi Prambanan Yogyakarta, Minggu (14/8/ 2022) malam.

Closing Ceremony dihadiri antara lain Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy yang secara resmi menutup IOI, Lilla Karsay (Duta Besar Hongaria untuk Indonesia), Benjamin Burton (Presiden IOI) dan Gusti Kanjeng Ratu Hayu (Presiden Majelis Umum IOI).

Menurut Suharti, dalam penyelenggaraan IOI ke-34 ini, selain mengadakan lomba dan general assemblies, seluruh peserta juga melakukan wisata budaya ke berbagai destinasi wisata budaya di sekitar Yogyakarta. Salah satunya menghadiri acara malam budaya yang berlangsung pada Sabtu 13 Agustus 2022 di kawasan Candi Borobudur Magelang.

“Mereka mengikuti acara malam budaya dengan sangat antusias dan menikmati kekayaan budaya Indonesia yang diakui UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia,” kata Suharti.

IOI ke-34 ini diikuti 536 peserta dari 357 peserta dan 179 leader, team leader, pendamping dan tamu. Sebanyak 414 peserta mengikuti kompetisi offline dan 122 peserta mengikuti kompetisi online. “Tahun ini, IOI ke-34 memberikan 180 medali, yakni 30 emas, 59 perak, dan 91 perunggu kepada para pemenang kompetisi,” kata Suharti.

Selain itu, pada salah satu hari kompetisi, penghargaan Honorable Mention diberikan kepada 36 peserta dengan nilai tinggi. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi kerja keras dan kerja baik para peserta. Malam ini Distinguished Award juga diserahkan kepada 2 peserta.

Informasi tentang keberhasilan medali tersedia melalui tautan

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button