Ikut Workshop ke-2 PWI Kota Bogor, Sekda memaparkan program prioritas Pemkot 2023 – Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Ikut Workshop ke-2 PWI Kota Bogor, Sekda memaparkan program prioritas Pemkot 2023 – Pojoksatu.id

POJOKBOGOR.com – Dalam rangkaian Rapat Kerja (raker) ke-2 Persatuan Wartawan Indonesia Kota Bogor (PWI), Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan sosialisasi program prioritas Kota Bogor tahun 2023.

Sosialisasi disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah pada Sabtu, 3 September 2022 di Aula Graha Pakuan Siliwangi Universitas Pakuan Kota Bogor.

“Mulai 2020 kita menghadapi pandemi Covid-19, kemudian kita mulai bangkit pada 2022. Sekarang tahun 2023 kita harus mulai menggenjot pertumbuhan ekonomi dengan mengedepankan tema pemantapan daya saing daerah melalui penguatan ekosistem inovasi daerah,” ujarnya.

Baca Juga: PWI Kota Bogor Siap Gelar Raker Kedua di Universitas Graha Pakuan

Syarifah mengatakan, dalam kondisi saat ini terkait pemulihan ekonomi, banyak hal yang perlu dilakukan, salah satunya kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Tidak mungkin pemerintah membangun kota Bogor sendiri, sehingga harus bersinergi dengan melibatkan unsur masyarakat, swasta, akademisi, masyarakat termasuk pers. Ini mutlak harus dilakukan dalam konteks pembangunan,” ujarnya.

Pada prinsipnya pembangunan daerah ini memiliki masa depan, misalnya tahun depan 2023-2024 masuk dalam jangka menengah pertama. Kemudian 2025-2029 adalah istilah rata-rata kedua.

Pada masa pandemi Covid-19 dua tahun lalu, laju indikator ekonomi di Kota Bogor negatif, sehingga harus dilakukan upaya untuk mengembalikan indikator tersebut.

“Dalam mewujudkan key performance indicator pada tahun 2021 antara lain tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, indeks Gini, IPM, tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran terbuka,” ujarnya.

Baca Juga: HMI-MPO Bogor Gelar Rapat Umum di Gedung DPRD Tuntut Kenaikan Harga BBM

Sorotan pembangunan yang telah selesai atau sedang dibangun pada tahun 2021-2022 adalah pembangunan Bogor City Square, Kampung Perca, Biskita Transpakuan, Jalur Pejalan Kaki dan Sepeda, Bogor Creative Center, Penanggulangan Longsor Sareal, Penataan Situ Gede, Penataan kawasan Siryakencana , Penataan kawasan Batutulis, MoU dengan pengembang untuk membangun BIRR, Revitalisasi Pasar Tanah Baru, Pembangunan Gedung Perpustakaan Tahap I, kawasan food court Sempur dan Malabar, alokasi lahan 6 hektar dari Kementerian Keuangan dan pembangunan Masjid Agung selanjutnya dari Bogor.

Isinya juga enam janji politik pada periode Bima Dedie yang harus dipenuhi pada 2023, antara lain Bogor Lancar, Bogor Kasohor, Bogor Samawa, Bogor Merenah, Bogor Motekar, dan Abdi Bogor.

Bogor Halus yaitu Program Pembangunan Kembali Angkot, pembangunan jalan protokol dan alternatif, pembangunan Fly Over di Jalan RE Martadinata dan Kebon Pedes, penetapan kawasan stasiun kereta api, pembangunan garasi parkir di pusat kota, penyelesaian terminal Baranangsiang dan stasiun LRT.

Bogor Kasohor yaitu membangun museum, merevitalisasi perpustakaan kota dan membangun GOR di setiap kecamatan.

Bogor Samawa adalah sekolah induk, 50 beasiswa per tahun untuk siswa berprestasi, renovasi 20.000 RTLH pada tahun 2023, insentif untuk guru Alquran dan orang tua asuh.

Baca Juga: Pengurangan Non-ASN Sekitar 25 Persen, Sekda Bogor: OPD Diminta Lakukan Kajian Di Kecamatan Dan Kecamatan

Bogor Merenah adalah pembangunan jalur pejalan kaki terpadu di pusat kota, pembangunan desa wisata, revitalisasi pasar tradisional, kampungku yang bersih dan hijau, dan pembangunan sentra kuliner di setiap kecamatan.

Bogor Motekar, yang menciptakan 20.000 lapangan kerja dengan konsep kerjasama antara pengusaha, UMKM, perbankan dan profesional, festival seni dan acara budaya.

Terakhir, Abdi Bogor yaitu Mal Pelayanan Masyarakat, kunjungan dokter ke keluarga, penyuluhan dan call center 24 jam, pelayanan malam desa dan rumah sakit kelas wahid.

“Tahun 2023 merupakan tahun yang strategis karena merupakan tahun terakhir masa jabatan walikota saat ini, Bapak Bima Arya Sugiarto dan Bapak Dedie A. Rachim. Ditambah visi dan misi kota Bogor periode 2019-2024, yaitu mewujudkan kota Bogor yang ramah keluarga, sehat, cerdas, dan sejahtera,” ujarnya. (Adi Wirman/Pojokbogor)

Source: pojoksatu.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button