Berikut 5 daftar masjid di kawasan wisata - WisataHits
Jawa Barat

Berikut 5 daftar masjid di kawasan wisata

LANGIT7.ID, Jakarta – Indonesia merupakan negara terpadat di dunia, yang membuat perkembangan wisata halal di Indonesia sangat menjanjikan. Sehingga wisata halal dapat dijadikan sebagai alternatif wisata muslim.

Dalam pengembangan wisata halal, salah satunya dengan memberikan fasilitas ganda bagi wisatawan muslim untuk menunaikan kewajiban syariah di tempat wisata termasuk masjid.

Selama ini banyak masjid yang dibangun di tempat-tempat wisata, bahkan di beberapa tempat masjid dijadikan sebagai destinasi wisata religi bagi wisatawan.

Baca juga: Cahaya di langit Mekah menunjukkan ayat pertama Surat Al Alaq

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar lima masjid yang berada di tempat wisata antara lain:

1. Masjid Agung At Tin

Masjid Raya At Tin terletak di Jalan Taman Mini I No. 3, Desa Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Masjid ini terletak di kawasan wisata di Indonesia yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Masjid ini dibangun untuk memperingati mendiang Hj Fatimah Siti Hartinah Suharto, istri Presiden ke-2 Republik Indonesia Suharto.

2. Masjid di Ta’awun Puncak

Masjid Ta’awun terletak di Jalan Raya Puncak Gadog 90, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, dibangun pada tahun 1987 sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Potensi wisata di kawasan Puncak Bogor cukup ramai, sehingga masjid ini sering dikunjungi wisatawan, sehingga wisatawan baik dari Jakarta maupun Cianjur dapat beristirahat sejenak.

3. Masjid Caringin

Masjid Caringin merupakan salah satu masjid yang terdaftar di kawasan Pandeglang. Dibangun pada tahun 1884 oleh Ki Ageng Asnawi Caringin, masjid ini menjadi saksi bisu ledakan Krakatau.

Masjid ini terletak di Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dimana saat ini Masjid Caringin berdiri di depan Gebang Makan Syeh Asnawi Caringin Labuan sebagai salah satu destinasi wisata religi di Banten.

4. DPRD Masjid Malioboro

Seperti namanya, Masjid Malioboro terletak di kawasan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Jalan Malioboro, Nomor 139, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Mesjid ini sering dijadikan tempat peribadatan bagi wisatawan yang bepergian ke Jalan Malioboro, tepat di luar pintu gerbang mesjid ini sahabat Langit7 akan menemukan sebuah pohon yang cukup besar dan karena letaknya yang rindang sangat cocok sebagai tempat berteduh dari panas. matahari.

5. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak dibangun pada abad ke-15 M oleh Raden Fatah dari Kerajaan Demak dengan dukungan Walisongo. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, terletak tepat di alun-alun dan di pusat Kota Demak.

Masjid Agung Demak terletak di Desa Kauman, Desa Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini menampilkan arsitektur bergaya tradisional Indonesia yang unik dan penuh makna. Meski terlihat sederhana, masjid ini tetap terlihat megah.

Baca juga: Kisah perjalanan seorang mantan pendeta mempertobatkan Dantje Mumek

(zhd)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button