Sang Hyun Jo Pemandu Wisata Konten TikTok Rindu Kembali ke Bogor - Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Sang Hyun Jo Pemandu Wisata Konten TikTok Rindu Kembali ke Bogor – Pojoksatu.id

POJOKSSATU.id, BOGOR– Sang Hyun Jo (상현조) mengungkapkan kerinduannya untuk kembali ke daerah Bogor, Indonesia.

Jo, sapaan akrab Sang Hyun Jo (상현조), pria asal Korea Selatan, mengaku mendapat pengalaman seru diajak teman baru asal Bogor saat bekerja sebagai pemandu wisata.

“Keluarganya di Bogor, mereka terus meminta saya makan sate, rasanya saya tidak tahu nama makanannya. Tapi sungguh indah (Bogor, red.). Ada hutan, di hutan, pohon. Makanannya enak-enak, orangnya ramah dan pengen banget balik ke Bogor,” ujar Sang Hyun Jo (상현조).

Dan dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 dan hari jadi Korea Selatan pada tanggal 15 Agustus, ia berharap hubungan yang lebih baik antara Indonesia dan Korea Selatan.

“Dan kalau penduduknya (Korea Selatan dan Indo, Red.) lebih akrab, malah lebih bagus kan?” ujarnya.

Menurutnya, jika ada saling cinta dan hubungan semakin baik, pekerjaan baru juga akan muncul.

Baca: Pengalaman Prasasti Reisha, Warga Negara Indonesia, Menikah dengan Oppa, Jalan-Jalan di Korea Selatan

“Saat ini hubungan Indonesia-Korea cukup baik, tidak terlalu dekat, tidak terlalu jauh. Lalu orang Indonesia suka kpop dan drama, itu saja,” ujarnya.

Namun, katanya, orang Korea tidak tahu banyak tentang Indonesia.

“Bahkan banyak teman saya yang tidak tahu Jakarta, mereka hanya tahu Bali. Saya ingin orang Korea mengenal Indonesia. Tapi terlalu jauh, tiket pesawat mahal, ya sudah, itu saja,” katanya.

Sang Hyun Jo (상현조)Sang Hyun Jo (상현조)./Foto: Spesial (Sang Hyun Jo)

Jadilah inspirasi berbagai konten dari Indonesia dan Korea Selatan

Kehidupan sehari-hari oppa Korea Selatan yang belum menikah ini adalah menjadi pemandu wisata bagi wisatawan asal Indonesia.

Di tempat kerja, oppa Korea Selatan yang merupakan kakak dari adik laki-laki itu mengaku sering mendapat pertanyaan yang sama yang terus berulang tentang Indonesia dan Korea Selatan.

“Saya bekerja sebagai pemandu wisata, saya sering bertemu orang Indonesia dan pertanyaannya kurang lebih sama,” kata oppa Korea yang suka gym dan bersepeda ini.

Baca: Korean Garlic Cheese Bread, Jajanan Korea Selatan yang Lebih Hits

Kurang lebih pertanyaan yang sama diakui oleh oppa Korea ini menjadi inspirasi untuk membuat konten aplikasi TikTok melalui akun TikTok @jo.sanghyun mengenai perbedaan budaya di Indonesia dan Korea Selatan.

“Ada tiga video yang viral antara lain,” kata oppa Korea yang sering disebut artis Korea Selatan ini oleh netizen.

Ketiga video tersebut, kata pria ini, adalah tentang perbedaan aktivitas pagi hari, perbedaan sapaan di jalan, dan perbedaan saat naik taksi dari bandara.

Baca: 7 Bumbu Utama yang Selalu Hadir di Masakan Korea Selatan, Pantesan Enak!

Sejauh ini ia mengaku sangat menyukai segala hal tentang Indonesia karena orang Indonesia sangat ramah dan baik.

“Dari segi pelayanan, mereka sangat baik. Dibandingkan dengan orang Jepang, mereka bagus dan layanannya juga ok, tapi sulit untuk mendekat. Juga Singapura. Makanya saya putuskan untuk belajar bahasa Indonesia juga,” jelasnya.

Dan sebelum akhirnya memutuskan untuk belajar di Indonesia, ia telah belajar di banyak negara.

“Korea sedang booming, tidak booming lagi, dari dulu di Korea dari SMP sampai SMA, bahasa Korea boleh, baru bahasa Inggris. Bahasa ketiga kebanyakan memilih bahasa Mandarin,” jelasnya.

Menurutnya, sudah terlalu banyak orang yang belajar bahasa Mandarin dan persaingan semakin meningkat.

Sang Hyun Jo (상현조)Sang Hyun Jo (상현조)./Foto: Spesial (Sang Hyun Jo)

Selain itu, banyak orang Tionghoa yang tinggal di Korea Selatan.

“Sekarang ayolah, saya tidak berpikir ada kebutuhan untuk China. Indonesia punya banyak potensi, pemerintah juga akan ke Indonesia kan?” ujarnya.

Ia mengaku pernah bekerja di sebuah perusahaan di kawasan Cikarang.

Indonesia saat ini sedang dilanda gejolak di seluruh dunia, dan ekonomi juga mengalami kemajuan.

“Waktu saya kuliah di sana, orangnya juga baik, makanannya enak, kebetulan saya juga suka. Makanya saya buka TikTok dan main sampai sekarang (interaksi dengan orang Indonesia ed.),” jelasnya.

Karena ia sering berinteraksi dengan berbagai orang Indonesia dalam karyanya di dunia nyata dan di TikTok, ada orang yang menggambarkannya mirip dengan artis Korea.

“Saya tidak tahu itu. Mereka adalah teman di TikTok yang mengatakan itu. Saya pikir ya itu tidak masalah. Itu saja,” katanya.

Selain banyak teman online dari Indonesia, ia juga mengaku heran kenapa adiknya sendiri juga suka belajar bahasa Indonesia.

“Saya juga tidak tahu,” katanya.

Hati-hati scammer

JoKo (Jo Korea, catatan editor), panggilan akrabnya, mengakui bahwa di setiap negara, termasuk Korea Selatan, ada orang jahat, termasuk penjahat. penipu.

“Kamu harus Berhati-hati. penipuharus bagus,” kata pria kelahiran 1987 itu.

Menurutnya, scammer di Korea saja ada. Tapi di Korea Selatan banyak CCTV.

“Jangan terlalu cepat berpikir bahwa jika seseorang meminta Anda untuk naik taksi, Anda harus menggunakan argometer. Kalau ada harga, pasti ada harga, kata mereka,” ujarnya.

Namun, dia mengatakan bahwa berurusan dengan orang asing, khususnya Indonesia, dia belajar beberapa hal selama interaksinya dengan orang Indonesia.

Menurutnya, orang Indonesia lebih penasaran daripada orang Korea.

“Kalau ditanya sudah menikah atau belum, berapa umurmu. Orang Korea sendiri agak jarang karena privasi. Tapi saya suka: “Saya laki-laki dengan tinggi 172 cm. (mar/pojoksatu)

Source: pojoksatu.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button