Pemerintah Kabupaten Sleman akan menjadi tuan rumah delegasi ATF 2023 dengan konsep tradisional - WisataHits
Yogyakarta

Pemerintah Kabupaten Sleman akan menjadi tuan rumah delegasi ATF 2023 dengan konsep tradisional

Pemerintah Kabupaten Sleman akan menjadi tuan rumah delegasi ATF 2023 dengan konsep tradisional

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan diselenggarakan di beberapa lokasi di DI Yogyakarta mulai tanggal 2 hingga 5 Februari 2023 akan menjadi acara terbesar untuk mengawali tahun baru 2023.

Dua tempat yang digunakan selama ATF adalah Candi Prambanan dan Yogyakarta Marriott Hotel di Ring Road Utara, Kapanewon Depok, Sleman.

Direktur Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan, Kabupaten Sleman merupakan salah satu daerah yang diuntungkan dengan event bertaraf internasional ini.

“Di ATF ada itu pembeli Selain itu. Bahkan kita punya wisata pada tanggal 6 dan 7 Februari 2023 (setelah ATF 2023 berlangsung) dan lokasinya di Wukirsari. 20 delegasi dari lebih dari 10 negara hadir. Jadi itu akan kami gunakan untuk melihat hal-hal yang bisa dipromosikan di negara Anda,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (13/1/2023).

Selain itu, para delegasi nantinya akan diajak makan makanan tradisional di Warung Eyup atau berwisata kuliner bernuansa tradisional.

Bahkan, Pemkab Sleman berencana untuk terlibat dalam promosi produk UMKM lokal melalui presentasi tradisional yang nantinya akan dilakukan di beberapa lokasi.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM dalam menyiapkan UMKM terkurasi. Sehingga yang dipamerkan adalah UMKM klasik. Sehingga nantinya bisa mengangkut pasar skala besar atau ekspor,” jelas Ishadi.

Ia pun menjelaskan alasan memilih konsep tradisional saat menjamu tamu ATF 2023.

“Saat ini, orang telah mengalihkan minat mereka. Turis beralih ke alam. Itu sebabnya mereka muak dengan hal-hal modern. Mereka membutuhkan pengalaman tradisional lainnya. Sehingga para delegasi akan menikmati momen-momen masa lalu selama berada di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Namun, pihaknya belum menargetkan tercapainya perputaran uang selama perhelatan ATF 2023.

“Tapi itu pasti akan berdampak positif pada sektor bisnis. Kami juga akan mengadakan tabletop di The Jayakarta pada malam tanggal 6 Februari 2023. Jadi nanti kita akan mempertemukan pembeli dan penjual di sana,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button