7 rekomendasi wisata kuliner jogja yang wajib kamu coba dan bikin kamu ketagihan! : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

7 rekomendasi wisata kuliner jogja yang wajib kamu coba dan bikin kamu ketagihan! : Okezone Travel

PEMAIN ke kota pelajar, jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner Jogjakarta.

Ada banyak sajian kuliner yang mampu menggugah selera para penikmatnya. Disajikan secara sederhana, hidangan ini cocok dinikmati sambil bersantai dan menyerap suasana Jogja.

Berikut rekomendasi wisata kuliner jogja yang wajib Anda coba:

Gudeg Yu Djum

Jogja dikenal tidak hanya sebagai kota wisata, tetapi juga sebagai kota Gudeg. Bagaimana tidak, di kota ini pengunjung bisa dengan mudah menemukan kuliner gudeg. Bisa dibilang pasti ada hembusan kuliner di setiap sudut Jogja.

Gudeg adalah masakan yang terbuat dari olahan nangka muda yang dimasak dengan santan. Rasa gudeg ini cukup unik dan identik dengan rasanya yang manis. Ada Gudeg legendaris di Jogja yang bisa kamu nikmati, yaitu Gudeg Yu Djum. ]]

Gudeg legendaris Yu Djum sudah ada sejak 1950. Hingga saat ini, mereka tetap menjaga keaslian resep dan kualitas setiap bahan yang digunakan dalam pengolahan Gudeg. Lokasi Gudeg Kuliner Yu Djum terletak di Jalan Wijilan No. 167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gudeg Bromo

Selain Gudeg Yu Djum, ada Gudeg lain yang tak kalah menarik untuk dicicipi. Bagi pengunjung yang ingin mencicipi rasa gudeg yang tidak biasa, Gudeg Bromo bisa menjadi pilihan.

Berbeda dengan gudeg jogja pada umumnya yang terkenal dengan rasa manisnya, gudeg bromo menyajikan rasa gudeg yang pedas.

Selain Gudeg, pengunjung Gudeg Bromo bisa menikmati ayam dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Karena terkenal dengan kelezatannya, tidak jarang Gudeg Bromo dipenuhi pengunjung yang ingin makan gudeg sambil menikmati suasana Jogja. Lokasi gudeg ini berada di Jalan Affandi No. 2-A jam buka dari pukul 23.00 hingga 05.00.

Nyemek Mie Bu Siti

Bagi pecinta olahan mie, Mie Nyemek Bu Siti tidak boleh dilewatkan. Warung mie Nyemek ini adalah yang paling fenomenal dan legendaris di Jogja. Saking ramainya pengunjung mau tidak mau harus mengantri berjam-jam hanya untuk menikmati nikmatnya porsi mie Bu Siti. Keunikan Mie Nyemek Bu Siti terletak pada mie yang digunakan.

Mie instan yang sangat populer digunakan sebagai bahan dasarnya. Keunikan lainnya terletak pada keleluasaan pengunjung untuk memilih sesuai selera. Di sana, pengunjung bisa memilih rasa mie instan yang akan dibuat, tingkat kematangan mie, dan tingkat kepedasan mie Nyemek. Wisatawan yang berkunjung ke Jogja bisa datang langsung ke Warung Mie Nyemek Bu Siti yang terletak di Jalan Sisingamangaraja No 39, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Toko ini buka dari jam 6 sore sampai jam 2 pagi.

Seperti Man Angkringan

Angkringan Lik Man dikenal sebagai Angkringan paling terkenal di Jogja. Selain sajian makanan khas Angkringan berupa nasi dan lauk sederhana, Angkringan ini juga menawarkan kopi Joss yang terkenal. Kopi ini dinamakan “Coffee Joss” karena penyajiannya berbeda dengan penyajian kopi pada umumnya. Sebelum menikmati cangkir kopi, ditambahkan bara baru dari oven, kemudian terdengar suara “joss” dari kopi sebagai respons terhadap bara panas yang terkena air kopi. Angkringan ini berlokasi strategis di dekat stasiun kereta api Tugu. Pengunjung yang berjalan di sekitar Malioboro dapat mengunjungi Angkringan Lik Man sambil bersantai dan melihat keramaian di jalan.

Mangut Wels Mbah Marto

Ikan lele mangut merupakan olahan ikan lele yang dipadukan dengan kuah santan yang pedas. Kuliner ini merupakan salah satu masakan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Mangut lele yang terkenal di Jogja adalah olahan mangut lele buatan Mbah Marto. Terkenal dengan rasanya yang lezat, Mangut Lele Mbah Marto terkenal dan sering dikunjungi tamu dari ibu kota. Mangut Lele Mbah Marto terletak di sebuah desa yaitu Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul sehingga jauh dari kesan formal dan menambah kesan nyaman dan ramah. Di sana, dengan biaya sekitar Rp 20.000, pengunjung bisa mengambil lauk pauk dan nasi sepuasnya hanya dengan merogoh saku.

Oseng Oseng Mercon Bu Narti

Pengunjung yang menyukai makanan pedas bisa memilih Oseng-Oseng Mercon Bu Narti sebagai pilihan kulinernya. Stand oseng oseng ini menonjolkan kelezatan kerikil yang dicampur dengan berbagai bumbu yang akan menggoyang lidah, serta rasa biji cabai yang super pedas akan membuat mulut anda meledak. Toko ini terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan. Menu yang ditawarkan memiliki harga mulai dari Rp 15.000.

Soto Kadipiro

Pilihan kuliner Jogja yang wajib dicoba adalah Soto Kadipiro. Soto ini sudah menjadi ikon kuliner Jogja sejak tahun 1921. Sampai hari ini, mereka menjaga keaslian resep dari generasi ke generasi. Pengunjung dapat menuju ke barat dari Persimpangan Wirobrajan untuk menemukan Stand Soto Kadipiro. Letaknya yang strategis akan memudahkan pengunjung untuk menjangkaunya. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 14.00. Kisaran harga sembako di sana juga sangat terjangkau.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button