7 Wedang khas jogja untuk penghangat badan - WisataHits
Yogyakarta

7 Wedang khas jogja untuk penghangat badan

7 Wedang khas jogja untuk penghangat badan

tanpa judul

Krjogja.com – Jogja tidak hanya terkenal dengan makanannya tapi juga minumannya. Ada banyak minuman khas jogja yang nikmat dan menghangatkan tubuh dengan sempurna. Apalagi di musim hujan seperti ini.

Minuman khas Jogja ini banyak mengandung rempah-rempah asli Indonesia. Oleh penduduk asli Jogja, rempah-rempah ini disulap menjadi wedang yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Berikut rekomendasi wedang khas jogja yang cocok untuk penghangat badan:

1.Wedang Uwuh
Uwuh berarti sampah dalam bahasa Jawa. Penamaan dengan cara ini dikarenakan bahan yang digunakan berupa daun-daunan yang menyerupai sampah. Olahan Wedang Uwuh mengandung jahe, kayu manis, daun cengkeh, kayu secang, daun pala dan gula batu.

Wedang Uwuh memiliki cita rasa yang khas dan kaya akan khasiat yang baik untuk tubuh. Wedang uwuh bisa diminum selagi masih panas.

2. Wedang Bulat
Wedang Ronde merupakan salah satu Wedang yang memiliki perpaduan budaya Tionghoa dan Indonesia. Rondenya sendiri terbuat dari beras ketan dan air, dibentuk melingkar seperti ini, lalu dimasak hingga matang dan mengapung.

Lalu disajikan dengan kuah jahe hangat dan gula manis. Belum lagi, babak umum diakhiri dengan beberapa kacang cincang. Wedang yang satu ini sangat cocok untuk menambah kebersamaan keluarga Anda saat bercengkrama di ruang keluarga.

3. Teh Rempah
Teh rempah juga merupakan minuman legendaris yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Minuman yang satu ini sangat direkomendasikan. Teh herbal ini cukup umum, jadi bisa sangat cocok bumbu apa yang digunakan sebagai bahan dasarnya.

4. Wedang Yangkruk
Wedang jangkruk adalah minuman kesehatan legendaris yang terdiri dari jahe, kencur, dan jeruk, kemudian disingkat menjadi jangkruk. Wedang jelas sangat kaya akan manfaat.

Perpaduan jahe dan kencur menimbulkan sensasi hangat dan menenangkan di tenggorokan saat meminum wedang ini. Tidak hanya menawarkan kehangatan tetapi juga aroma yang khas dan kaya akan manfaat.

5. Wedang Serai
Wedang Sereh tidak lebih dari olahan minuman rempah yang terbuat dari jahe dan serai. Umumnya serai wedang disajikan dengan kombinasi jahe dan gula merah. Bisa juga dimasak hanya dengan serai dan gula, variasi lain juga bisa. Serai dan jahe mungkin merupakan kombinasi yang tepat untuk melegakan tenggorokan saat tidak nyaman.

Tidak hanya menenangkan dan menghangatkan tenggorokan, tetapi juga membantu menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, dan kaya akan antioksidan. mengatasi rasa takut dan sebagainya.

6. Teh Kayu Manis
Teh kayu manis, namanya saja sudah menunjukkan bahwa minumannya terdiri dari rempah-rempah yang rasanya manis dan memiliki aroma yang harum. Bumbu ini biasanya digunakan untuk membuat kue dan teh, serta obat tradisional.

Kayu manis sangat bagus untuk tubuh. Kayu manis sendiri memiliki manfaat seperti menurunkan kolesterol, anti infeksi alami, mengatur gula darah, mencegah sel kanker, dll.

Selain khasiatnya yang tak terhitung, aromanya yang khas serta rasanya yang manis dan pedas menjadikan minuman ini salah satu minuman legendaris di Indonesia termasuk Jogja yang wajib kamu coba. Cocok sebagai teman baca di ruang baca rumah.

7. Kopi Joss
Kopi Joss merupakan kopi khas jogja yang disajikan dengan arang panas. Arang panas direndam dalam kopi hitam dan gula, lalu disajikan. Kopi ini biasa dijual di Angkringan-Angkringan di Jogjakarta. Secangkir kopi Jos harganya sekitar Rp 5.000.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, arang berubah menjadi arang aktif yang berguna sebagai pengikat racun dalam tubuh. Penemuan fungsi arang sebenarnya sudah ditemukan puluhan tahun yang lalu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button