Pemeriksaan Yogyakarta, provinsi dengan ketimpangan tertinggi di Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Pemeriksaan Yogyakarta, provinsi dengan ketimpangan tertinggi di Indonesia

Pemeriksaan Yogyakarta, provinsi dengan ketimpangan tertinggi di Indonesia

Pemeriksaan Yogyakarta, provinsi dengan ketimpangan tertinggi di Indonesia TempoBisnis

Data BPS menunjukkan bahwa Yogyakarta merupakan provinsi dengan ketimpangan sosial tertinggi di Indonesia. Apa artinya?

Pelaporan TEMPO ke-6 Ardi Priyatno Utomo YOGYAKARTA, KOMPAS TEMPO.

CO, Jakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tercatat sebagai provinsi dengan ketimpangan sosial tertinggi di Indonesia.Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2022 menunjukkan kesenjangan antara kaya dan miskin semakin melebar di diperluas tahun ini. 630 orang miskin. Berdasarkan data BPS, rasio gini (Gini ratio) di Yogyakarta mencapai 0,459. Tingkat ketimpangan sosial di suatu wilayah atau negara. Fakta ini menggugah rasa penasaran konsultan pemasaran Yuswohady. Semakin besar rasionya, semakin besar ketimpangan sosial, meskipun indikator pengeluaran per kapita ini tidak cukup menggambarkan realitas nyata masyarakat di Yogya, kata Aji.

Gini Ratio Meningkat Merujuk data BPS, gini ratio Yogyakarta naik 0,02 poin dibanding gini ratio Maret 2022 sebesar 0,439, karena Jogja dikenal sebagai kota pendidikan sekaligus tujuan wisata. omset terbatas di sana. Ketika staf datang ke rumah mereka, mereka tergolong miskin, tetapi staf memiliki 3 sapi dan 5 kambing di rumah. Sedangkan Gini Yogyakarta pada September 2021 sebesar 0,436. Sementara itu, pada September 2022, rasio gini di perkotaan tercatat mencapai 0,468, meningkat dari posisi Maret 2022 sebesar 0,446:1. Lonjakan terjadi dibandingkan rasio gini September 2021 sebesar 0,443. Sehingga jumlah orang miskin turun drastis. Kuota gini di pedesaan Yogyakarta tercatat 0.342.630 orang miskin pada September 2022. Namun ketika ditanya lagi, ternyata menurut Aji, rata-rata masyarakat menggunakan uang bantuan itu untuk menyimpan uang. Menambah aset lain, seperti uang. B. pembelian ternak.

Angka tersebut naik dibandingkan rasio gini pada Maret 2022 sebesar 0,332 dan pada September 2021 sebesar 0,325. Padahal, proporsi penduduk miskin di Yogyakarta turun 0,42 persen menjadi 11,49 persen pada September 2022 dibandingkan September 2021 Penasihat Yuswohady penasaran. Menurutnya, penentuan Yogyakarta miskin atau tidak didasarkan pada pengeluaran bulanan, namun angka tersebut meningkat 0,15 persen sejak Maret 2022. Menurut BPS, jumlah penduduk miskin pada September 2022 sebanyak 463 orang. dikenal sebagai kota pendidikan sekaligus tujuan wisata, sehingga terasa aneh ketika perputaran ekonomi terbatas di sana. 630 orang, bertambah sekitar 8. Padi sebenarnya dimakan sendiri dan tidak masalah, 5 ekor kambing di rumahnya,” Aji menceritakan pengalamannya saat mengunjungi salah satu rekannya.

900 pada Maret 2022. Ia kemudian membagikan nilai-nilai masyarakat Yogyakarta yang terkesan mengusung kemiskinan sebagai budaya. Dibandingkan dengan September 2021, jumlah penduduk miskin pada September 2022 menurun sebanyak 10.900 orang. Meski dalam persentase yang lebih kecil, kantong-kantong kemiskinan terbesar ada di kota-kota, yang mencapai 321. Tapi ayahku, morotuwo, simbah, kakek buyut, paman, bibi, semuanya yogya asli. Tapi tidak diungkapkan,” katanya. 070 orang (10,64 persen). Sedangkan kemiskinan pedesaan mencapai 142. Dalam kasus ayah saya, orang Yogya sangat ingin dimaafkan: “Penduduk (di pedesaan pada umumnya) mengkonsumsi hasil panen mereka sendiri, meskipun jelas ada biaya yang terkait dengan panen, tetapi akan tidak diumumkan,’ kata Aji.

570 orang dengan persentase 14 persen. Anda telah melakukan apa yang perlu dilakukan. Garis kemiskinan di Yogyakarta tercatat pada September 2022 dengan pendapatan per kapita Rp 551. Ketika dibelanjakan sesuai kebutuhan, tidak pernah berlebihan,” tulis Yuswohady di akun Instagramnya @yuswohady.342 sebulan. Komposisi garis kemiskinan pangan adalah Rp 398.com 0811 9787 670 dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan. DIY punya satu Tingkat kemiskinan 11,49 persen, dengan jumlah penduduk miskin mencapai 463.363 jiwa (72,25 persen), dan garis kemiskinan bukan makanan Rp 152. Klik https://t.

979 (27,75 persen) utang negara melebihi Rp 7. Selanjutnya: Kepala Perwakilan BI DIY mengatakan, “760 orang… 733,99 triliun, sehingga utang negara mencapai 39,57 persen dari produk domestik bruto (PDB). Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta Budiharto Setyawan mengatakan, angka kemiskinan untuk perbaikan rumah paling tinggi di Indonesia karena kebiasaan konsumsi masyarakat yang tergolong sederhana.

“Pola konsumsi perbaikan rumah cenderung unik, relatif berbeda dengan daerah lain. Mayoritas peminat perbaikan rumah memiliki budaya menabung versus konsumsi yang kuat,” kata Budiharto dalam keterangan tertulis, Jumat. 20 Januari 2023.com, Senin (23/1/2023) Berdasarkan struktur ketenagakerjaan, menurut dia, sebagian besar pekerjaan DIY adalah UMKM dan didominasi oleh pekerja sektor informal yang mencapai 53,38 persen. Meskipun mayoritas penduduknya sudah memiliki pekerjaan, namun secara statistik kemiskinan dalam perbaikan rumah tergolong tinggi yaitu 11,49 persen, atau menempatkan provinsi ini sebagai provinsi dengan kemiskinan tertinggi ke-12 di Indonesia Baca artikel selengkapnya di sini Tampilan 3 dari 3 halaman 3. Kebiasaan konsumsi masyarakat adalah sederhana Namun menurut Budiharto, hal ini bukan hanya karena kebiasaan konsumsi masyarakat DIY yang terbilang sederhana.

Selain itu, metode pengukuran statistik tidak dapat sepenuhnya menggambarkan keseimbangan daya beli masyarakat DIY yang sebenarnya, sehingga cukup sulit baginya untuk memperpanjang masa tinggalnya di hotel tempat dia menginap, karena tingkat tabungan masyarakat DIY di bank selalu lebih tinggi. daripada tingkat pinjaman. Bank Indonesia mencatat rasio pinjaman dibandingkan simpanan rumah tangga di DIY selama 10 tahun terakhir sekitar 66,78 persen. Mau perpanjang atau tidak Bu, besok pulang saja ke Jakarta sudah ada yang pasang,” kata Sri Mulyani, Senin (23/01) di acara Seminar Ekonomi Nasional GP Ansor di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Artinya masih rendah dibandingkan rasio ideal 80-90 persen. Secara statistik, kondisi ini masih menjadi masalah karena penduduk tergolong miskin ketika rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan di Indonesia.

“Sehingga semakin rendah pengeluaran masyarakat maka semakin dekat dengan kemiskinan,” ujarnya Sementara kesenjangan pendapatan yang terlihat dari pengeluaran penduduk dan pendatang sangat tinggi yang didominasi oleh pola konsumsi produk tersier. Berikut *BACA BERITA TERBARU LAINNYA DI GOOGLE NEWS Target Penyaluran KUR Tahun 2023 Naik 23,32 Persen Mayoritas pengeluaran pendatang jauh lebih besar, terutama untuk makanan siap saji, persewaan rumah dan produk gaya hidup seperti kecantikan dan perawatan kesehatan Bagi Budiharto, ini salah satu faktornya menyebabkan tingginya ketimpangan di DIY: “Hal ini tercermin dari rasio gini untuk DIY yang sebesar 0,459 mencapai nilai tertinggi di Indonesia,” ujarnya.

ANTARA | AMELIA RAHIMA SARIABaca juga: Ketimpangan dalam pemulihan ekonomi sangat signifikan, Faisal Basri menyebut kebijakan buruk dan segera Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini..

Lanjut membaca:
tempo.co » {{PageTitle}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Top 3: Yogyakarta menjadi provinsi termiskin, namun warganya bahagiaBerikut daftar pesan yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (24/1/2023) Pria Stres Gara-gara kami terapkan kutipan dari salah satu seleb Jogja, bunyinya: Tulis cerita po

Menjadi provinsi termiskin se-Jawa, Pemerintah DIY: warga Yogyakarta gemar menabung dan berinvestasiPemerintah DIY berpendapat bahwa kemiskinan di Yogyakarta harus bersifat multidimensi. Bukan hanya biaya bulanan. Jangan hanya hidup sederhana dan rendah hati…kamu termasuk kategori miskin…itu sistem surveinya yang perlu dicek…kamu belum tahu kalau musim liburan dan tukang terus berdatangan ‘menyumbang’ ‘… Saya setuju dengan pemda DIY dan mereka tidak benar nalarnya… pasti tiga dimensi… bercanda

Destinasi yang melimpah, properti ini terkenal dengan status Yogyakarta sebagai provinsi termiskinPenetapan Yogyakarta sebagai provinsi termiskin di Pulau Jawa per September 2022 dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik atau BPS pada awal tahun 2023.

Hari Pertama Indonesian Masters, teriakan “Indonesia, Indonesia” terus terdengarTeriknya matahari di kawasan Istora Senayan Jakarta tak menyurutkan semangat para pecinta bulu tangkis Indonesia untuk merayakan hari pertama penyelenggaraan Selasa ini….

Imunisasi yang Diintensifkan untuk Antisipasi Meningkatnya Penyakit Campak di Yogyakarta |Republika OnlineKeberhasilan vaksinasi campak di Kota Yogyakarta masih di bawah provinsi.

5 Provinsi Dengan Inbound Investment Terbesar 2022, Sulteng Tertinggi!Berikut daftar lima provinsi dengan penanaman modal asing (PMA) terbesar di Indonesia pada tahun 2022.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button