Pembangunan masjid di Islamic center dimulai, hasil desain arsitektur kerjasama antara Jawa Barat dan Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Pembangunan masjid di Islamic center dimulai, hasil desain arsitektur kerjasama antara Jawa Barat dan Jawa Timur

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Pembangunan masjid di kawasan Islamic center Surabaya resmi dimulai sore ini dengan peletakan batu pertama pada Jumat (9 September 2022).

Dipimpin Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, masjid yang diharapkan menjadi destinasi wisata religi dan ikon baru Jawa Timur itu diharapkan selesai pada akhir 2022.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, ide awal pembangunan Masjid Islamic Center digagas oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Menurutnya, sangat disayangkan Islamic Center yang sudah berusia setengah abad ini tidak memiliki masjid yang representatif.

Padahal, hanya ada musholla kecil di belakang gedung utama Islamic Center Surabaya.

Dikatakannya, ada tekad untuk membangun masjid megah yang dibuat dengan baik dan akan menjadi kebanggaan warga Surabaya dan Jawa Timur di lokasi Surabaya Islamic Center.

“Jadi gubernur ingin membangun masjid yang mewakili Islamic Center. Namanya Islamic Center, jadi saya ingin ada masjid di sini. Jadi pembangunannya akan dilakukan pada 2022,” kata Emil.

Yang istimewa dari pembangunan Masjid Islamic Central, kata Emil Dardak, adalah desain arsitekturnya. Bahkan desain arsitekturnya merupakan hasil kolaborasi antara Jawa Barat dan Jawa Timur.

Karena Gubernur Khofifah ingin Islamic center ini memiliki masjid yang dibanggakan warga Jawa Timur, Ridwan Kamil, seorang arsitek, diminta membantu mendesain masjidnya.

Bahkan Ridwan Kamil sempat datang langsung ke Surabaya Islamic Center dan melihat langsung kondisi lokasi pembangunan masjid nantinya.

“Jadi Pak Ridwan Kamil memberikan konsep dan inspirasi masjid di Islamic center ini. Yang kemudian diwujudkan oleh tim arsitek dari Pemprov Jatim untuk membuat desain masjid Islamic center ini. Jadi kerjasama antara Jawa Barat dan Jawa Timur,” kata Emil.

Desain Masjid Islamic Center Surabaya sendiri menyerupai tangan yang menengadah seperti tangan yang sedang berdoa. Masjid dengan desain modern dan futuristik ini diyakini nantinya akan menjadi destinasi wisata masjid baru di Jawa Timur, khususnya Surabaya.

Selain itu, anggaran pembangunan Masjid Islamic Center akan dialokasikan dari APBD Provinsi Jawa Timur tahun 2022 senilai Rp48,1 miliar.

Masjid tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 6.406 meter persegi. Dengan bangunan tiga lantai, masjid ini diharapkan dapat menampung 3.630 jamaah.

“Kalau kata gubernur desain masjid ini wow. Semangatnya, masjid ini akan dibangun dengan bangga menghadap ke jalan raya sehingga bisa dilihat oleh siapa saja yang lewat dan menjadi daya tarik masyarakat untuk datang dan shalat di masjid Islamic Center,” kata Emil.

Meski ditargetkan selesai dalam waktu kurang dari empat bulan, Emil mengingatkan, masjid ini bukan soal dibangun atau tidak. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana sepanjang hidup masyarakat dapat berperan aktif dalam mensejahterakan masjid dan menjadikan masjid sebagai wadah ibadah, wadah ilmu dan wadah pemberdayaan ekonomi umat.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button