Belitung Pulau Lengkuas - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Belitung Pulau Lengkuas – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan BiayaPulau Lengkuas merupakan salah satu wisata bahari yang unik di Indonesia Belitung dengan ikon mercusuar bersejarahnya. Pulau kecil yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, pasir putih dan spot foto yang keren.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp350.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Pulau Lengkuas terletak di sisi utara Pantai Tanjung Kalayang. Menjadi ikon utama rangkaian pulau-pulau kecil di gugusan Belitung. Keindahannya tak terbantahkan, menyihir wisatawan dari seluruh penjuru negeri.

Meski sering dikunjungi, bukan berarti keramahan alamnya memudar. Air lautnya yang jernih menyerupai batu fondasi aquamarine. Hamparan pasir putih sangat kontras dengan deretan pepohonan hijau.

Akses di sini juga cukup mudah. Meski harus melintasi jalan darat dan laut, Anda tidak akan kesulitan mencari kendaraan. Tidak hanya berperan sebagai objek wisata, Pulau Lengkuas juga mencerminkan sejarah bangsa.

Atraksi Pulau Lengkuas

Atraksi Pulau GalangaKredit gambar: Google Maps Mohammed Iftor

1. Mercusuar Tua

Bangunan 15 lantai ini merupakan peninggalan dari Belanda. Menjulang tinggi seolah menantang pengunjung. Mercusuar ini masih berfungsi meski sudah berdiri selama 139 tahun. Sejak tahun 1882, telah memainkan peran yang baik dalam mengarahkan lalu lintas laut dari dan/atau ke Belitung.

Anda harus menaklukkan ratusan anak tangga jika ingin mencapai puncak. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendaki di atas gedung setinggi 50 meter. Apalagi jika dilakukan secara manual. Pada saat yang sama, Anda harus tetap waspada karena pada titik tertentu mulai melemah. Bahannya terkikis seiring waktu.

Namun, semua rasa lelah tersebut akan terbayar dengan uang tunai begitu Anda sampai di puncak. Panorama estetika khas Pulau Lengkuas siap menyambut Anda sekilas. Di tengah jalan sebenarnya Anda bisa berhenti sejenak dan melihat keluar jendela. Kata-kata indah tidak cukup untuk menggambarkan situasi di sana.

2. Pemandangan dataran rendah yang menakjubkan

Rumpun pohon kelapa memenuhi lahan yang memiliki luas kurang dari 1 hektar. Ia tumbuh subur di hamparan pasir. Teksturnya sangat halus saat disentuh di antara kaki. Sinar matahari yang terpantul dari permukaan air membuat kilauan seperti permata.

Batuan granit tersebar hampir ke segala arah. Mulai dari yang kecil hingga jumbo. Bentuknya yang cenderung halus dan bernuansa putih, seolah memohon untuk disentuh. Tak pelak, hal ini kerap membuat wisatawan berlomba-lomba selfie di Indonesia tempat ini. Bisa digunakan sebagai tempat istirahat atau sekedar untuk melihat-lihat.

Deru ombak tampak tenang saat menyapa gendang telinga. Angin sepoi-sepoi membelai wajah. Bau air asin juga menjiwai. Kondisi sempurna bagi pencari perdamaian.

3. Panorama matahari terbenam dan matahari terbit yang sempurna

Apakah Anda sering menonton video sunset di balik lautan di media sosial? Di tempat ini, pemandangan seperti itu adalah sebuah keniscayaan. Posisi Pulau Lengkuas yang memanjang ke laut lepas sangat menguntungkan bagi para pemburu matahari terbenam dan matahari sedang terbit.

Saat matahari perlahan terbit di ufuk timur, terjadi perubahan saturasi dari jingga tua menjadi kuning keemasan. Saat matahari terbenam, warna jingga kemerahan kontras dengan atmosfer sekitarnya. Menariknya, kedua momen tersebut seolah mengintip dari balik lautan. Pecahan tersebut dibiaskan di permukaan air sehingga tampak seperti bayangan.

Alamat, Lokasi Rute dan Perkiraan Biaya Pulau Lengkuas

Perkiraan Biaya untuk Pulau LengkuasKredit gambar: Google Maps Eko Priyatno

Terletak di distrik Sijuk, Anda bisa naik perahu nelayan untuk sampai ke sana. Ada beberapa alternatif rute yang bisa dipilih yaitu Tanjung Binga, Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi, Kepulauan Bangka Belitung.

Buka 24 jam sehari, akan memakan waktu minimal 20 menit jika memilih rute Tanjung Kelayang. Juga, dibutuhkan 30-40 menit dari Tanjung Tinggi atau Tanjung Binga.

Anda tidak akan dikenakan biaya masuk apapun saat mengunjungi pulau cantik ini. Namun, Anda harus membayar Rp 5000 jika ingin mendaki ke puncak mercusuar.

Selain itu, sewa perahu dibanderol dengan harga Rp 350.000 dengan kapasitas maksimal 10 orang. Disarankan datang berkelompok agar tanggungan lebih ringan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Lengkuas

Aktivitas seru di Pulau LengkuasKredit Gambar: Google Maps Faisal Pak

1. Mencari gastronomi saat bepergian

Belum lengkap rasanya jika belum mencicipi masakan khas daerah ini. Anda dapat menemukan berbagai menu dengan harga yang relatif murah di toko-toko pinggiran kota. Pastikan untuk membeli es krim untuk kepuasan maksimal.

Berbagai makanan lain juga menanti untuk dicoba. Mulai dari menu utama hingga pelengkap. Es teh manis, mie rebus, kelapa muda, variasi makanan laut, dan banyak lagi. Sambil ngemil, kamu bisa jalan-jalan di sepanjang pantai.

Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah pada pagi atau sore hari. Jika air laut surut, cobalah mengunjungi bongkahan batu granit yang terendam kolam garam. Bagi Anda yang mungkin kreatif, tidak ada salahnya mencari kerang bekas. Hindari berjalan kaki saat terik matahari. Sebelum itu, pastikan Anda telah mengoleskan tabir surya.

Eksplorasi Anda berpotensi menjadi lebih sempurna saat matahari terbenam. Bias jingga kemerahan akan menyebar ke seluruh permukaan laut. Ciptakan panorama luar biasa yang tak pernah melelahkan mata meski sudah terjadi berkali-kali.

2. Melihat eksotisme bawah laut

Tidak cukup dimanjakan dengan pemandangan dataran, Anda tetap harus menjelajahi kawasan bawah lautnya. Ikan-ikan cantik berenang di antara terumbu karang. Berbagai biota laut juga menemani Anda. Bawa peralatan sendiri atau sewa snorkeling tampaknya suatu keharusan di Pulau Lengkuas.

Ombak yang cenderung kecil akan memudahkan Anda. Nikmati setiap detail keindahan saat menyelam. Jika memungkinkan, siapkan kamera yang cocok untuk mengabadikan momen tersebut. Tak heran, pulau ini dijuluki surga tersembunyi.

3. Berkemah di area pulau

Wisatawan sering memilih Pulau Lengkuas sebagai tempat perkemahan. Memang tanahnya miring dan fasilitasnya cukup memadai. Namun, tidak ada persewaan peralatan berkemah di sini. Karena itu, Anda harus mempersiapkannya sendiri.

Berkemah lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman. Sebelum itu, agar tidak membuang waktu, pastikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda setuju kelelahan program. Kelihatannya janggal jika harus melakukan rekap terlebih dahulu, namun akan membuat proses eksplorasi menjadi lebih mudah.

Pada tengah malam, aktivitas yang dianjurkan adalah malam yuridis. Kisah bersejarah dan suasana kuno cukup menyenangkan untuk menghadirkan perasaan yang mendebarkan. Plus, bernyanyi dan bermain gitar juga patut dicoba.

Jika Anda atau teman Anda memiliki teleskop, pastikan untuk membawanya. Biasanya, sebuah pulau tanpa polusi menawarkan keindahan langit malam yang luar biasa. Berbaring di hamparan pasir bercerita, ditemani bintang di langit.

4. Bangun istana pasir

Kegiatan ini lebih direkomendasikan saat tamasya keluarga. Anak-anak selalu suka bermain pasir dan berlarian. Daripada pusing mendengar hiruk pikuk, lebih baik ajak si kecil untuk membangun miniatur istana.

Tekstur pasirnya halus, lingkungannya cukup bersih. Anda tidak perlu khawatir anak Anda terluka. Situasi di sini cukup aman mendukung berbagai keseruan pengunjung. Pastikan Anda tidak membangun miniatur istana langsung di tepi pantai agar tidak tersapu ombak.

Akomodasi Murah Terdekat di Pulau Lengkuas

Akomodasi Murah Terdekat di Pulau LengkuasKredit gambar: Google Maps int_JK

1. Resor Sheraton Belitung

Tarif per malam mencapai nilai nominal Rp 1,5 juta. Fasilitas yang akan didapatkan tentunya tidak main-main. Tempat tidur king, TV layar datar, kamar mandi dalam, dan seperangkat alat untuk memenuhi semua kebutuhan Anda. Ada SPA, pusat kebugaran dan bahkan kolam renang.

Tempatnya nyaman, bersih dan luas. Kamar ini memiliki area balkon yang menghadap ke taman. Pohon kepala, aneka tanaman hias dan hamparan laut biru siap memanjakan Anda.

2. Swiss-Belresort Belitung

Fasilitas kamar termasuk ruang ekstra besar, kursi, meja, AC, kamar mandi dengan bak mandi dan mandi. Ruangan itu diperhalus oleh lukisan dan pot-pot kecil berisi bunga-bunga hias. Tempat tidur king size terlihat empuk. Ada taman yang indah di sekelilingnya resor tepi laut. Tempat parkirnya sangat luas.

Penerimaan panggilan 24 jam, paket makan siang dan makan malam, bar, dan banyak lagi. Dapatkan rating 8.6 di Traveloka. Tarif per malam mulai dari Rp 450.000. Terletak di Jalan Tanjung Kalayang, 6,5 km dari Pulau Lengkuas. Tempat wisata terdekat lainnya adalah Pulau Burung yang berjarak 3,51 km.

3. Desa Truntum

Sebuah bangunan sederhana yang menawarkan suasana kekeluargaan. Mulai dari furnitur, dari dinding, hingga plafon menggunakan bahan kayu. Didominasi oleh warna coklat yang cemerlang. Bisa dibilang hostel ini jauh dari kesan mewah. Namun, dia masih bisa membuatmu nyaman.

Kamar mandi dilengkapi dengan bidet, mandi, perlengkapan mandi, gantungan baju, dan wastafel. Di dalam kamar ada kursi, meja, TV, AC, tempat tidur besar ratu. Tempat parkirnya cukup luas. Halaman pertama diberikan paver.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pulau Lengkuas, Belitung

Fasilitas Pulau GalangaKredit gambar: Google Maps Antonius Oktavian

Banyak toko-toko bertebaran di sekitar area pantai. Ada juga toilet, persewaan peralatan tuba, serta mushola. Sayangnya, letak geografis pulau ini tidak memungkinkan parkir kendaraan darat. Posisinya di tengah laut menyangkalnya.

Dengan kata lain, seseorang harus memanfaatkan Tanjung Kalayang atau tempat parkir serupa untuk mengamankan kendaraan pribadinya. Bagus karena aman. Semua pengunjung tentu saja telah memutuskan tindakan yang sama.

Bagaikan surga di gugusan pulau Bangka Belitung, menawarkan panorama yang begitu terawat. Pulau Lengkuas terasa mampu menggugurkan segala penat. Oleh karena itu, jadilah wisatawan yang baik dengan menjaga karakter alam dari destinasi ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button