Tiket & Atraksi TAMAN BALEKAMBANG Solo - WisataHits
wisatahits

Tiket & Atraksi TAMAN BALEKAMBANG Solo

Tiket & Atraksi TAMAN BALEKAMBANG Solo

Harga tiket masuk Taman Balekambang Surakarta: Gratis. Jam buka: 07:00 – 17:00 WIB. Telepon: (0271) 736227/+62 812-2978-2928. Alamat/Lokasi: Jalan Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57139.

Taman Balekambang Solo merupakan salah satu ruang terbuka hijau di Kota Bengawan. Taman Peninggalan KGPAA Mangkunegara VII ini dibangun pada tahun 1921. Bangunan di taman seluas 9,8 hektar ini menggabungkan konsep Jawa dan Eropa.

Taman ini kini telah menjadi kawasan wisata terpadu. Ada exit area, penangkaran hewan, tumbuhan langka, panggung pelestarian sejarah, dan seni budaya. Sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata keluarga solo.

Harga Tiket Masuk Taman Balekambang Solo

Pengunjung yang ingin menikmati pesona taman ini tidak dipungut biaya. Taman Balekambang merupakan ruang terbuka yang dapat diakses oleh semua orang sesuai dengan prinsip kemanfaatan umum.

Harga Tiket Masuk Taman Balekambang Solo
Tiket masuk Bebas

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Keraton Surakarta Hadiningrat

Jam Buka Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang ditutup sementara hingga Desember 2023 karena proses penataan.

Taman kota ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah sore hari.

Jam operasional
Senin minggu 07.00 – 17.00 WIB

Beragam tempat wisata pilihan di Taman Balekambang Solo

Kawasan Taman Balembang SoloTaman Balekambang Solo merupakan taman rekreasi dengan berbagai aktivitas wisata. Foto: Google Maps/Deddy Purwanto

Fungsi utama Taman Balekambang adalah paru-paru kota Solo. Ruang terbuka ini merupakan kebun raya, seni, budaya, pendidikan dan rekreasi kota Solo. Taman ini dilengkapi dengan tempat bersantai, taman bermain, kolam, taman reptil, gedung seni, dll.

Suasana taman sejuk karena ditumbuhi berbagai pepohonan rindang. Sebagian besar pohon berusia ratusan tahun dan tergolong langka. Ada pohon beringin, apel coklat, kenari, dan jenis pohon langka lainnya.

Pengunjung yang datang dimanjakan dengan keberadaan rusa yang berkeliaran di taman. Ada puluhan rusa yang sengaja dilepasliarkan secara bebas di taman tersebut. Berbagai permainan seperti perahu, gerobak berputar, dan becak hias juga ditawarkan kepada pengunjung.

Baca: PANDAWA WATER WORLD Tiket Masuk Solo dan 4 Wahana

1. Taman Air Partini

Taman Air PartiniTaman air Partini. Foto: Googlemap/Puji Clara

Taman air Partini yang terletak di bagian barat berfungsi sebagai tangki air untuk membersihkan sampah kota. Kolam ini sering dijadikan tempat bermain perahu dan bebek bagi pengunjung. Lokasinya berada di bagian barat taman.

Wahana perahu dan bebek dayung mulai dari Rp 10.000 per orang. Tersedia pilihan bebek dayung dengan kapasitas 4 orang hingga 6 orang.

Selain itu di kolam ini pengunjung juga bisa mancing dan mancing. Deretan ikan yang menjadi penghuni kolam antara lain pacu bawal hitam, redtail catfish, araphaima, dan peacock bass. Paket memancing yang ditawarkan setiap hari memancing dua jam dan paket sehari penuh.

Baca: Tiket Masuk THE HERITAGE PALACE dan Atraksi Solo

2. Taman Reptil

Pintu masuk ke taman reptil Pintu masuk Taman Reptil di Taman Balekambang Surakarta. Foto: Googlemap/Wiwik

Wahana taman Balekambang lainnya adalah taman reptil yang berada jauh di sebelah barat Bale Apung. Taman Reptil ada di sisi barat. Di dalam taman reptil ini terdapat sebuah batu Romawi yang diyakini sebagai pecahan meteor yang jatuh di kota Solo.

3. Taman kelinci

Taman Kelinci merupakan bagian terbaru dari wisata yang dibuka pada 25 Januari 2019 lalu. Taman ini merupakan salah satu wahana edukasi. Beberapa hewan yang dipelihara di Taman Kelinci antara lain kelinci, domba merino, dan kura-kura. Ada 80 kelinci, 10 domba merino dan ratusan kura-kura dan biawak.

Pengunjung juga akan diajak berinteraksi dengan hewan didampingi oleh agen. Agen akan menjelaskan kepada Anda jenis-jenis, cara merawat dan memelihara hewan di Taman Kelinci. Sehingga wisatawan dapat bersantai dan belajar pengetahuan tentang perawatan hewan.

Baca: Tiket Masuk ROYAL WATER ADVENTURE dan Solo Rides

4. Taman Partinah Bosch

Taman Hutan PartinaTaman Hutan Raya Partinah di Taman Balekambang Surakarta.
Foto: Googlemap/Suprionoz

Taman Bosch Partinah atau Hutan Partinah digunakan sebagai daerah resapan atau paru-paru kota. Berbagai tumbuhan yang tumbuh di hutan ini antara lain beringin, kenari, dan apel coklat.

Penghuni lainnya adalah sekawanan rusa yang biasanya menjadi objek yang disukai anak-anak. Rusa cukup jinak. Namun, selama musim kawin, mereka bisa menjadi agresif.

Menjinakkan rusa di taman partinahMenjinakkan rusa di Taman Partinah. Foto: Instagram/mama_beruang

5. Kolam renang dan kamar

Di kawasan ini terdapat kolam besar dan kolam renang dengan dua kamar. Ruangan pertama disebut Bale Terapung.

Pada awalnya, ruangan ini digunakan sebagai tempat relaksasi, tempat berkumpulnya anggota keluarga kerajaan. Ruangan ini juga yang menjadi alasan pemberian nama “Balekambang”. Karena terletak di dekat sebuah kolam besar, jika dilihat dari jauh, balai ini akan tampak mengambang.

Sedangkan balai lainnya disebut Bale Tirtayasa. Dulu, ruangan ini digunakan sebagai tempat berganti pakaian bagi bangsawan yang ingin berenang. Di depan kamar ini terdapat kolam renang yang saat ini tidak digunakan.

Reda

Taman Balekambang memiliki panggung terbuka dan pedalaman. Di tempat kejadian pedalaman, setiap malam diadakan pertunjukan ketoprak Jawa. Di panggung terbuka, pementasan hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu.

Acara rutin sering diselenggarakan dengan menghadirkan berbagai bazaar produk, festival kuliner, permainan modern dan tradisional, hiburan musik dan berbagai perlombaan.

Lokasi Taman Balekambang Solo

Taman bermain keluarga ini terletak di Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0271736227.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button