Pemanfaatan, homestay di kawasan perbukitan Merapi-Merbabu Full booking hingga Januari - WisataHits
Jawa Tengah

Pemanfaatan, homestay di kawasan perbukitan Merapi-Merbabu Full booking hingga Januari

RADARSOLO.ID – Pelonggaran selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berdampak positif bagi pelaku ekonomi keluarga tamu di Kecamatan Selo. hunian keluarga tamu di wilayah tersebut naik menjadi 80 persen. Hampir semua kamar sudah penuh dipesan hingga awal Januari.

Ketua Koperasi Sahabat Sejahtera Damandiri Desa Samiran Kecamatan Selo Bayu Pramana yang mengelola sejumlah keluarga tamu yang dimiliki Pemerintah Desa Samiran mengatakan, potensi wisata di lereng Gunung Merapi-Merbabu menarik wisatawan dari luar. Terbukti, hunian keluarga tamu meningkat dibandingkan hari libur Nataru tahun lalu.

“Untuk keluarga tamu Tingkat okupansi saat ini mencapai 80 persen. Peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya cukup luar biasa. Rata-rata adalahTiket sampai awal Januari,” jelasnya Radar Jawa Pos SoloSelasa (27/12).

keluarga tamu yang dikelola bersama warga sekitar sejak 2017, menghadirkan perbukitan Merapi-Merbabu. Koperasi bekerja sama dengan warga untuk membuka keluarga tamu dan operasi rumah. Termasuk pendidikan tentang higiene, sanitasi dan lain-lain.

“Kami punya desa keluarga tamu yang menjual berbagai produk UMKM. Syukurlah sudah dikemas dan memberikan dampak positif pada liburan Nataru kali ini. Kami bekerja sama dengan lebih dari lima UMKM lokal. Untuk oleh-oleh makanan khas Selo ada jadah, keripik sayur dan buah-buahan, kopi khas Selo, oleh-oleh dan lain-lain,” jelasnya.

Salah satu operator tur keluarga tamu di Samiran, Selo, kata Bowo Hartono, hampir semua kamar keluarga tamu 20 miliknya telah dipesan. Turis telah melakukannya Tiket dari 24 Desember hingga awal Januari 2023.

keluarga tamu Kakak saya berkapasitas 30 orang hampir setiap hari penuh sebelum liburan Nataru ini. Jika saya memiliki beberapa kamar dengan kapasitas 20 orang, ini juga sudah dipesan. Bahkan yang memberikan DP sudah 90 persen dan belum 10 persen DP,” jelasnya.

Manajer Desa Samiran Selo Herman mengatakan saat ini terdapat 63 penginapan di Desa Samiran. Musim semi keluarga tamu dan tipe hotel non bintang memiliki jumlah kamar sebanyak 2019. keluarga tamu di bawah Pokdarwis Guyup Rukun ada 30 dengan total 104 kamar, kemudian di bawah pengelolaan Koperasi Damandiri 23 dengan total sekitar 70 kamar dan dikelola secara individual tiga dengan total 10 kamar. Kemudian ada hotel non bintang milik pemda dengan total 10 kamar. Kemudian ada satu lagi milik perseorangan dengan kapasitas 30 kamar. (rgl/adi/ria)

Reporter: Ragil Listyo

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button