Curug Pangeran Bogor – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Curug Pangeran Bogor – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas, Lokasi, dan Harga Tiket – Air Terjun Pangeran salah satu air terjun terindah di Bogor yang terletak di Taman Nasional Halimun Salak. Air terjun eksotis yang selalu indah, tenang dan memiliki cerita mitos yang menarik dieksplorasi pesonanya.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Terkenal sebagai kota hujan, wilayah Bogor memiliki tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Sirkuit Pangeran Curug yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Daerah ini menjadi tujuan wisata baru di kalangan wisatawan asing.

Istilah curug diambil dari bahasa Jawa yang berarti “air terjun”. Setiap hari banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, hanya untuk merasakan kesegaran airnya. Fasilitas yang disediakan pengelola untuk pengunjung.

Rute yang akan Anda tempuh untuk menuju wisata Pangeran Curug ini mudah dijangkau. Kedekatannya dengan pusat kota akan membuat perjalanan Anda lebih cepat. Begitu sampai di destinasi wisata ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

Daya Tarik Air Terjun Pangeran

Atraksi Air Terjun PangeranKredit gambar: Google Maps Andhika Amireza

1. Suasana yang indah

Curug Pangeran tersembunyi di balik pepohonan yang rimbun. Suasana asri akan Anda rasakan saat memasuki kawasan ini. Dengan rimbunnya pepohonan di sekitar air terjun, sejuknya udara begitu segar untuk dihirup.

Udara segar ini akan membuat pikiran dan tubuh Anda lebih rileks. Saat penat dan bosan dengan keramaian kota, tidak ada salahnya untuk mengunjungi air terjun ini.

Gemericik air yang jatuh dari ketinggian disambut ke dalam baskom yang menyerupai kolam. Di beberapa tempat di sekitar air terjun terdapat bebatuan yang tertanam secara alami. Pemandangan ini akan semakin menambah indahnya suasana air terjun.

2. Aliran sumber

Air yang mengalir melalui air terjun ini berasal dari sumber Gunung Salak yang terletak di dekat sirkuit air ini. Karena berasal dari mata air alami, kejernihan airnya akan terlihat saat Anda melihatnya dari dekat.

Air Curug Pangeran ini konon memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Hal ini terkait dengan keberadaan mata air yang sudah ada sejak lama, yang kemudian mengalir ke air terjun ini.

3. Mitos daerah Curug

Berdasarkan sejarah yang berkembang di masyarakat sekitar, air terjun ini digunakan sebagai tempat pemandian oleh para pangeran kerajaan di Jawa Barat. Air terjun ini dipilih karena air yang mengalir berasal dari mata air suci.

Untuk itulah, air terjun ini kini banyak dikunjungi wisatawan yang secara khusus bertujuan untuk menyerap air. Air di tempat ini konon memiliki manfaat khusus bagi tubuh siapa saja yang pernah mandi di dalamnya.

Selain sejarah, ada juga mitos yang berbau horor yang dimiliki wisata air terjun ini. Orang-orang di sekitar air terjun sering mendengar suara gamelan Jawa di malam hari. Tidak hanya suara alat musik Jawa ini yang terdengar, tetapi suara sinden yang bernada tinggi juga terdengar secara bersamaan.

Sejarah yang mengerikan ini membuat air terjun ini menjadi tempat yang diakui oleh masyarakat. Orang percaya bahwa Pangeran Curug ini dijaga oleh peri yang berasal dari kerajaan lain.

Namun mitos-mitos tersebut kini dianggap biasa saja, dan kini air terjun tersebut menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi Pangeran Curug

Alamat Pangeran CurugKredit gambar: Google Maps Haris Anwar

Air terjun ini terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Jawa Barat. Dimana lokasinya termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, sebelah barat lereng Gunung Salak.

Rute yang akan Anda tempuh jika memulai dari ibu kota adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju Ciampea. Kemudian berbelok ke Jalan Bojong Rangkas, jalan ini sudah tidak asing lagi bagi pengunjung luar kota.

Perjalanan selanjutnya hanya akan mengikuti arah jalan yang menunjukkan objek wisata Curug Pangeran. Namun, jika kendaraan Anda sudah sampai di Jalan Raya Segog, struktur jalan akan mulai menanjak dan berkelok-kelok.

Di jalan seperti ini Anda harus berhati-hati saat membawa kendaraan Anda. Beberapa jalan memiliki tikungan tajam, jika Anda tidak cukup berkonsentrasi, Anda bisa keluar dari jalan raya. Apalagi jika curah hujannya deras, jalanan akan semakin licin dan suasana agak gelap.

Namun, jika Anda sudah berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Anda akan menyewa kendaraan umum agar dapat melanjutkan perjalanan sebelumnya.

Jika Anda memilih menggunakan angkutan umum sejak awal, Terminal Bubulak akan menjadi titik transit pertama Anda. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan menggunakan angkot yang menargetkan kawasan Leuwiliang.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pangeran Bogor

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pangeran BogorKredit gambar: Google Maps oleh slyrova

Tiket masuk wisata Pangeran Curug ini seharga Rp 10.000 per orang. Harganya cukup terjangkau, mengingat lokasi wisata ini dekat dengan ibu kota.

Ada biaya lain yang harus Anda bayar sebelum pergi ke tempat wisata. Pengunjung yang membawa kendaraan sendiri saat mengunjungi air terjun harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua.

Jika Anda membawa mobil, tempat parkir yang disediakan cukup luas untuk menempatkan mobil Anda. Cukup dengan biaya Rp 10.000 per mobil sudah bisa mendapatkan tempat yang aman dan tentunya luas.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pangeran Curug

Aktivitas di Air Terjun Pangeran BogorKredit Gambar: Google Maps muhidin Susanto

1. Perkemahan

Kegiatan ini banyak diminati oleh pengunjung yang berkunjung ke Pangeran Curug. Berkemah di kawasan perbukitan dengan pemandangan pepohonan hijau membuat sebagian pengunjung bermalam di sana.

Berkemah di area Camping Ground akan menampilkan keindahan perbukitan hijau yang menyambut Anda saat bangun tidur di pagi hari. Suasana yang tidak dapat ditemukan di tempat lain ini akan menjadi pengalaman menarik bagi Anda yang belum pernah berkemah sebelumnya.

Perkemahan tempat mendirikan tenda hanya berjarak 1 km dari air terjun. Pengunjung ke area camping ini hanya membutuhkan waktu 5 menit.

Anda tidak perlu khawatir untuk membawa perlengkapan berkemah sendiri karena tempat ini sudah menyediakan kebutuhan yang Anda butuhkan untuk berkemah. Namun biaya sewa tenda cukup mahal, Anda akan merogoh kocek sekitar Rp 1.200.000.

2. Berenang

Bermain air tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba berenang, apalagi merasakan sejuknya air Curug Pangeran.

Kedalaman air terjun ini bervariasi, di bagian tengah tempat air jatuh dari atas, memiliki kedalaman hingga 4 meter. Bagi pengunjung yang tidak terbiasa berenang di kedalaman tertentu, disarankan untuk mandi di tepi air terjun.

Namun, ada juga tanda bahaya agar pengunjung tidak salah dalam memilih tempat untuk mandi. Pihak pengelola wisata setempat sengaja memasang tanda ini, karena untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Pelacakan

Area yang disediakan untuk kegiatan tracking pengunjung sudah ada sebelum menuju lokasi Curug Pangeran. Pengunjung yang akan dilacak akan bisa melakukan aktivitas seru ini di pagi atau sore hari.

Jika Anda berangkat pada pagi hari, suasana segar akan menemani perjalanan Anda. Pepohonan yang masih diselimuti embun akan menambah keseruan Anda selama follow up ini. Selain itu, kicau burung juga terdengar seperti musik alam yang dapat menenangkan hati.

Anda akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit jika memilih tracking untuk sampai ke lokasi air terjun. Namun jika ingin lebih lama menjelajahi keindahan alam di sekitar air terjun, Anda bisa berputar-putar melewati perbukitan terlebih dahulu.

Persiapan fisik menjadi modal utama saat tracking di kawasan Pangeran Curug ini. Medan yang menanjak akan dengan mudah menguras energi Anda. Karena itu, Anda harus kuat secara fisik terlebih dahulu.

4. Jatuh dari tebing

Bagi Anda yang menyukai hal-hal ekstrim, Anda harus mencoba lompat tebing. Dengan mendaki tepi tebing terlebih dahulu untuk sampai ke puncak, barulah Anda bisa menemukan pijakan yang tepat.

Setelah Anda merasa siap untuk melompat, lakukan sambil berteriak untuk melepaskan beban semangat. Selain sensasi yang berbeda saat melompat dari ketinggian, cara ini juga bisa digunakan untuk melepaskan beban pikiran dengan cara berteriak.

Perlu diingat bahwa ini hanya dilakukan oleh orang-orang dengan keberanian dan pengalaman. Jika Anda sama sekali tidak memiliki keberanian untuk siap melompat dari ketinggian, batalkan niat Anda untuk melakukan aktivitas ekstrem ini.

5. Berfoto di perbukitan

Bosan dengan wisata bahari? Anda bisa mencoba mendaki bukit yang terletak di dekat Curug Pangeran. Di kawasan perbukitan ini, Anda bisa menemukan beberapa spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan foto.

Terdapat spot foto yang menjadi favorit pengunjung wisata air terjun, yaitu terdapat plang berbentuk hati yang diletakkan di pinggir bukit. Dilihat dari kejauhan, lukisan ini seolah melayang di udara.

Dengan latar belakang pemandangan bawah pohon hijau yang indah, foto Anda akan terlihat lebih indah. Tempat single ini bisa menampung beban hingga 100 kg, artinya tempat ini bisa digunakan untuk berfoto hingga 4 orang.

Sebelum berfoto di tempat ini, Anda harus memasang perlengkapan keselamatan berupa tali dan helm kepala yang sudah disediakan pengelola.

Fasilitas yang tersedia di Curug Pangeran Bogor

Fasilitas Air Terjun Pangeran BogorKredit gambar: Google Maps John Stefanus Chandra

Kawasan wisata Pangeran Curug ini telah menyediakan banyak fasilitas yang menunjang pariwisatanya. Ada toilet yang bisa digunakan pengunjung, cukup dengan membayar Rp 2000 saja sudah bisa menggunakan fasilitas ini.

Bagi pengunjung yang ingin mencari makanan atau minuman bisa membelinya di warung-warung yang tersedia di sekitar air terjun. Dengan demikian, para pengunjung ini tidak perlu repot mencari tempat untuk membeli makanan dan minuman.

Di beberapa tempat di kawasan air terjun Pangeran, berdiri gazebo yang umumnya digunakan untuk beristirahat. Namun, bangunan kecil ini dalam kondisi buruk, di mana lumut tumbuh di sekitar kayu gazebo. Mungkin karena area yang basah, lumut ini akhirnya muncul menutupi permukaan gazebo.

Beberapa informasi tersebut berkaitan dengan fasilitas, aktivitas dan atraksi Pangeran Curug di Bogor. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di wilayah Jawa Barat, Anda juga bisa membantu memperkenalkan nama daerah sebagai tempat wisata.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button