Majukan Pariwisata dan Industri Kreatif, Pemkab Demak Gandeng Tetangga - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Majukan Pariwisata dan Industri Kreatif, Pemkab Demak Gandeng Tetangga – Halo Semarang

Halo DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah bekerjasama dengan kabupaten dan kota tetangga untuk mempromosikan produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Demak.

Kerjasama pendanaan dilakukan antara lain dengan Kota Semarang untuk menggairahkan sektor pariwisata dan industri kreatif.

Kolaborasi ini memungkinkan Pemerintah Kabupaten Demak untuk menampilkan produk UMKM di titik penjualan Kota Semarang di Kota Lama Semarang.

“Sama seperti hasil UMKM kita di Demak, diterbitkan dan dipromosikan di kabupaten atau kota tetangga yaitu di Kota Semarang, tepat di kota tua. Semoga wisatawan yang menginap di kota ini tertarik dengan produk olahan kami. Jika mereka beruntung dan tertarik, nanti mereka akan membeli sendiri produk kami,” kata Bupati Demak Eisti’anah baru-baru ini saat memberikan kuliah di studio RSKW 104,8 FM.

Menurut Eisti’anah, dengan kerjasama ini, ia berharap produk Kabupaten Demak bisa dikenal di seluruh Indonesia bahkan di negara lain.

“Ini bukti bahwa Kabupaten Demak tidak kalah dengan kabupaten atau kota lainnya,” ujarnya demakkab.go.id.

Selain produk UMKM, Kabupaten Demak juga telah meraih kesuksesan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia sejak tahun 2021.

“Alhamdulillah, kami meraih juara kedua untuk kategori kuliner yaitu Jamu Coro, dan juara ketiga untuk kategori wisata belanja yaitu drum rebana. Dan pada tahun 2022, Demak juga akan hadir dan masuk nominasi yaitu Asap Indah Wonosari untuk kategori wisata belanja,” ujarnya.

Ia berharap dengan berbagai promosi tersebut, pemasaran produk UMKM Demak juga meningkat.

“Semoga dengan peningkatan penjualan dan pemasaran produk, UMKM dapat berkembang, meningkatkan pendapatan, menjadi lebih kaya dan mengurangi kemiskinan di Demak. Kami punya ide untuk masyarakat tapi saya mengajak komunitas industri kreatif untuk tetap semangat dan meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Demak,” pungkasnya.

Plt Kepala Biro Pariwisata Endah Cahya Rini mengatakan sektor pariwisata dan industri kreatif terdampak pandemi Covid-19.

“Fokus pariwisata dan industri kreatif di Kabupaten Demak tidak hanya pada seni pertunjukan, tetapi juga pada subsektor industri kreatif lainnya seperti kuliner, fashion, kerajinan dan lain-lain. Yang menarik, subsektor kuliner tersebut saat ini sedang digemari masyarakat karena kita dikenal selalu mencari kuliner yang menggugah selera,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Endah juga mengajak masyarakat Kabupaten Demak untuk memanfaatkan pentas seni di Tembiring.

“Dinas Pariwisata akan mengaktifkan bagaimana Tembiring bisa dimanfaatkan dengan hal-hal positif, seperti yang diminta Bupati. Jadi kami memiliki acara setiap minggu untuk menggunakan panggung seni. Dan kegiatan ini nantinya akan diisi oleh seluruh pegiat seni seperti puisi, musik, tari dengan mendaftar ke dinas pariwisata,” jelas Endah.

“Dan kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan industri kreatif di Kabupaten Demak,” ujarnya. (HS-08).

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button