Pasir Aul di Cikupa telah dinyatakan sebagai tujuan wisata unggulan di Banjaranyar Ciamis - WisataHits
Jawa Barat

Pasir Aul di Cikupa telah dinyatakan sebagai tujuan wisata unggulan di Banjaranyar Ciamis

harapanrakyat.com, – Pasir Aul di Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat merupakan kawasan perbukitan seluas sekitar 11 hektar. Dengan panorama alam yang indah, Pasir Aul bertujuan menjadi tujuan wisata unggulan di Banjaranyar.

Emen, warga sekitar, mengatakan Pasir Aul saat ini sedang dibangun oleh pengembang atau pihak swasta.

“Pasir Aul sedang dalam proses pengerjaan yang harus selesai sekitar 1,5 tahun ke depan,” ujarnya. hoperakyat.comSelasa (27/12/2022).

Meski masih dalam tahap persiapan, kata Emen, kini sudah banyak warga yang datang. Mereka penasaran ingin menikmati panorama indah dari Pasir Aul di Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

Nama Aul Sand Dunes kemudian diubah menjadi Aul Hill. Pasir Uul tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, tetapi juga memiliki banyak gua alam yang masih utuh.

“Gua-gua di Pasir Aul memiliki banyak stalaktit yang sangat indah. Sehingga stalaktit nantinya bisa dijadikan teater untuk permainan cahaya atau lighting,” jelas Emen.

Baca juga: Pasir Heunceut akan menjadi agrowisata, kata Dinas Pariwisata Ciamis

Selain itu, lanjutnya, Pasir Aul di Cikupa juga akan memiliki jenis permainan yang berbeda. B. Perbukitan kolam renang, survey pasar (tempat kuliner, stand UMKM dan resto), bumi perkemahan, serta villa dan bungalow.

Menurut Emen, semua itu untuk membantu menarik wisatawan berkunjung ke Pasir Aul di Cikupa, Kabupaten Banjaranyar.

Wisata Pasir Aul di Cikupa bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat

Kepala Desa Cikupa Endi Supendi, sementara itu, berharap dengan dibangunnya Pasir Aul sebagai destinasi wisata, Bukit Aul dapat meningkatkan perekonomian warga desanya.

“Saya berharap dengan dibangunnya destinasi wisata Bukit Aul ini juga menarik minat warga sekitar. Anda bisa berperan dan terlibat,” katanya.

Hal ini dilakukan agar perputaran uang di Aul Hill dapat menggerakkan perekonomian para pelaku UMKM. Serta para pelaku industri kreatif dari Cikupa dan sekitarnya.

Endi melanjutkan, pihaknya juga berharap Pasir Aul di Cikupa juga mampu menarik wisatawan ke kawasan wisata lain di Cikupa. Dan dapat meningkatkan resource PADe.

Desa Cikupa memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati wisatawan. Seperti Pemandian Air Panas, Curug Panganten, Gua Wayang, Gua Biuk dan lain-lain.

“Sehingga membangun destinasi Pasir Aul atau Bukit Aul nantinya bisa berdampak positif bagi PAD desa kami,” pungkas Endi. (Suherman/R3/HR-Online/Redaksi-Eva)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button