Berikut daftar pemda pemenang ISNA 2022 - semua pihak - WisataHits
Jawa Barat

Berikut daftar pemda pemenang ISNA 2022 – semua pihak

Citiasia, sebuah lembaga konsultan yang didedikasikan untuk mendorong pengembangan kota pintar di Indonesia, pada Kamis (17/11/2022) resmi menggelar ISNA (Indonesian Smart Nation Award) 2022 yang diadakan di ICE BSD, Tangerang.

ISNA sendiri merupakan ajang penghargaan bagi pemerintah daerah (Pemda) kota/pemerintahan di seluruh tanah air yang telah menampilkan inovasi smart city terbaik bagi masyarakatnya.

Upacara Penghargaan ISNA diselenggarakan oleh Citiasia Center for Smart Nation, yang sebelumnya sukses menyelenggarakan ISNA 2015, 2016, 2018 dan 2020 (dilakukan secara online).

“Ini merupakan kali kelima ISNA digelar. Untuk kelima kalinya, kami secara konsisten mengumpulkan inovasi-inovasi, pelajaran-pelajaran pintar yang baik, yang kemudian dapat kami angkut ke Indonesia dan kemudian menjadi pelajaran bagi kami untuk menciptakan kota-kota pintar, kabupaten-kabupaten pintar, kemudian provinsi-provinsi pintar, dan akhirnya menjadi bangsa yang cerdas.” ujar Fitrah R. Kautsar (CEO Citiasia) dalam sambutannya.

Pada perhelatan tahun ini, ISNA 2022 memiliki motto “Smart City Innovation: For Post-Pandemic Economic Recovery”.

ISNA 2022 merupakan salah satu rangkaian acara Indobuildtech Expo 2022 dimana ISNA 2022 akan diisi dengan sesi talk show dan pemberian penghargaan.

Berbeda dengan perhelatan ISNA tahun-tahun sebelumnya, ISNA 2022 Awards berfokus pada pemerintah daerah yang berhasil menerapkan dua pilar utama smart city, yaitu smart branding dan smart economy.

Untuk memilih pemda yang akan menjadi pemenang ISNA 2022, Citiasia memiliki empat parameter yang menjadi acuan.

Pertama, setelah implementasi, inovasi kota pintar yang dihadirkan oleh pemerintah daerah dipertimbangkan dari segi utilitas, keberlanjutan, dan akuntabilitas.

Kedua, Implementasi, yang melihat faktor pendanaan, kemitraan/kolaborasi, dan adopsi teknologi yang diterapkan pada inovasi smart city.

Ketiga, perencanaan, dimana inovasi smart city dihadirkan, baik berdasarkan kesesuaian dengan dokumen perencanaan atau tidak.

Dan terakhir, profil inovasi, yang melihat inovasi smart city yang dihasilkan oleh pemerintah daerah dari perspektif kreativitas dan keunikan.

Pemda memenangkan ISNA 2022

Terdapat empat kategori pemenang pada ISNA 2022, yaitu Branding Cerdas (Kota dan Kabupaten), Ekonomi Cerdas (Kota/Kabupaten), Penghargaan Khusus dan Prestasi Khusus.

Salah satu pemerintah daerah yang mendapatkan penghargaan dalam kategori Smart Branding adalah Kota Makassar. Kota di Pulau Sulawesi itu mampu juara berkat inovasinya yang disebut Lorong Wisata.

Lorong Wisata adalah sebuah inovasi yang mengubah gang-gang di pemukiman padat penduduk menjadi tempat wisata modern dengan berbagai mural untuk memajukan UMKM dan juga mendukung pariwisata lokal.

Inovasi ini tidak hanya terfokus untuk menyulap wajah kota, tetapi juga mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitar lokasi.

Tercatat ada 5.000 jalur yang sudah dikerjakan, terbagi menjadi jalur wisata, jalur taman, jalur sehat dan jalur unit usaha.

Terdapat 10 kecamatan yang merasakan manfaat dari pembuatan jalur wisata ini, dan warga sekitar lorong wisata juga mendapatkan manfaat ekonomi tambahan.

Selain Kota Makassar, pemerintah daerah lain yakni Kota Surabaya juga mendapatkan ISNA 2022 kategori Smart Economy.

Melalui program Rumah Pada Karya, Surabaya berhasil memanfaatkan lahan kosong yang tersebar di 31 kecamatan di Kota Surabaya.

Aset tanah yang belum dikembangkan adalah bekas tanah kas desa (BTKD), tambak dan taman hutan raya (Tahura) yang dikelola oleh MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) di berbagai kawasan usaha.

Bidang tersebut antara lain adalah pertanian, perikanan, peternakan, laundry, cuci motor, menjahit, potong rambut, kafe dan budidaya maggot.

Program ini sendiri merupakan salah satu program unggulan kota Surabaya dalam mewujudkan 20 jenis rumah padat karya.

Sejauh ini, program Rumah Padat Karya telah menyerap ratusan tenaga kerja dari MBR di daerah tersebut.

Selain Kota Makassar dan Kota Surabaya, berikut daftar lengkap Pemda yang mendapatkan penghargaan ISNA 2022.

1. Branding cerdas (kota):

Kota Makassar, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Cimahi, Kota Bogor dan Kota Denpasar.

Terbaik : Kota Makassar, Kota Malang dan Kota Madiun.

2. Smart Branding (Kabupaten):

Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Sleman, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Gresik, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Batang.

Terbaik : Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Belitung Timur.

3. Ekonomi Cerdas (Kota):

Kota Sukabumi, Bandung, Denpasar, Semarang, Surabaya dan Tegal.

Terbaik: Kota Sukabumi, Kota Surabaya dan Kota Bandung

4. Ekonomi Cerdas (Kabupaten):

Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Batang.

Terbaik: Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Bojonegoro.

5. Prestasi Khusus:

Kabupaten Indramayu (Inisiatif Kolaborasi Masyarakat), Kabupaten Sumbawa Barat (Pemulihan Ekonomi Inovatif), Kabupaten Blitar (Masyarakat Partisipatif), Kota Tangerang (Inovasi Tata Kelola Konsistensi), Kota Samarinda (Kota Tematik), Kota Semarang (Kota Inisiatif CSR), Kota Medan (Kolaborasi Masyarakat) dan Kota Padang Panjang (Inovasi Bisnis dan Pariwisata).

6. Hadiah Spesial (Kota):

Kota Surakarta.

7. Penghargaan Khusus (Kabupaten):

Kabupaten Banyuwangi.

“Selamat kepada pemerintah daerah atas penghargaannya dan semoga ekosistem ini segera kita wujudkan menjadi bangsa yang cerdas,” ujar Fitrah.

Baca Juga: Anugerah Bangsa Cerdas Indonesia 2022, Menabur Inovasi Pasca Pandemi

Baca Juga: Menerapkan Smart Branding di Smart City, Tidak Hanya di Pariwisata

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

KONTEN IKLAN

Video Unggulan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button