Pascasarjana UNY siap promosikan pengembangan desa wisata – KRJOGYA - WisataHits
Yogyakarta

Pascasarjana UNY siap promosikan pengembangan desa wisata – KRJOGYA

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Desa Tinalah, Purwoharjo dan Segajih Hargotirto, Kabupaten Kulonprogo melalui program Magister dan Doktor Pendidikan Teknologi dan Vokasi (PTK) serta Penelitian dan Pengkajian Pendidikan (PEP).

“Penelitian dan pengabdian masyarakat dilakukan untuk mengkaji potensi desa Tinalah dan Segajih dalam bidang pengembangan desa wisata,” ujar Prof. Dr. Putu Sudira, salah satu tim pelayanan, dalam siaran pers yang dibagikan kepada KRJOGJA.com, Kamis (25/8/2022).

Menurut Putu, penelitian diawali dengan pemetaan potensi dan pembuatan peta digital di kedua desa tersebut. Potensi desa diidentifikasi dan dipetakan kemudian dibuat berbagai rencana aksi pembangunan. Penelitian dan pengabdian masyarakat melibatkan mahasiswa magister dan doktoral.

“Pascasarjana UNY sudah sepakat dengan kedua desa untuk melakukan kerjasama pembangunan, dimana peran Pascasarjana UNY adalah sebagai pendamping,” ujarnya.

Putu mengatakan dalam rangka meningkatkan potensi desa wisata Tinalah dan Segajih, pasca sarjana UNY telah membangun fasilitas penunjang berupa dua buah gedung Gasebo. Selain itu, dukungan fasilitas berupa perlengkapan tie dye, perlengkapan organisasi kuliner, seni budaya, edukasi kuliner, barista dan jemparingan. Kemudian pelatihan pengolahan makanan lokal, pelatihan bahasa asing, pemandu wisata pramuka dan pemasaran desa wisata.

“Melalui bantuan ini diharapkan kemajuan desa wisata ini meningkat signifikan dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga dapat menumbuhkan kesadaran para pemuda untuk membangun desanya sendiri,” pungkasnya. (Pengembang)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button