Kementerian Desa siap mengucurkan anggaran untuk pengembangan desa wisata di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Kementerian Desa siap mengucurkan anggaran untuk pengembangan desa wisata di Jawa Timur

Ponorogo, Jawa Timur hari ini – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang pembangunan desa di Jawa Timur.

Ada 3 desa wisata di Ponorogo yang mendapat anggaran. Yakni, Desa Pager, Kecamatan Balong, Desa Sukorejo (Sukorejo) dan Desa Karangan, Kecamatan Badegan.

Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kementerian Desa PDTT Sugito langsung ke Ponorogo pada Senin (14/11/2022) untuk menyalurkan anggaran tersebut.

Sugito juga membawa anggaran untuk pembangunan jalan di Desa Karangpatihan, Kecamatan Pulung dan Candi di Kecamatan Mlarak.

Menurutnya, salah satu program prioritas Kemendes PDTT adalah percepatan pengembangan desa wisata. Namun, untuk mencapai status desa wisata tidaklah mudah. Sebuah desa harus memiliki aspek yang berbeda untuk menjadi tujuan wisata yang menarik dengan segala daya dukungnya.

“Tidak cukup desa yang hanya memiliki satu atau dua tempat wisata dengan fasilitas minim kemudian disebut desa wisata,” ujarnya.

Sugito yang notabene diaspora Ponorogo dari Desa Polorejo di Kecamatan Babadan sempat menyebut sejumlah aspek yang harus ada agar layak disebut desa wisata.

Diantaranya aksesibilitas yang baik berupa jalan yang mulus; objek-objek menarik seperti keindahan alam, seni budaya, legenda, kuliner khas; perumahan dan telekomunikasi yang memadai; dan dukungan dari seluruh warga desa.

Ujungnya adalah masuknya investasi dari luar, jelas Sugito. (kue-kue)

Spanduk 468x60

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button