Inisiatif YDBA, petani serai wangi untuk menyuling minyak atsiri - WisataHits
Yogyakarta

Inisiatif YDBA, petani serai wangi untuk menyuling minyak atsiri

Inisiatif YDBA, petani serai wangi untuk menyuling minyak atsiri

tanpa judul

Krjogja.com – BANTUL – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus berupaya mengembangkan UMKM di Indonesia agar berkualitas dan mandiri. Untuk mendukung hal tersebut, YDBA terus memperluas program pembinaan UMKM dengan menggandeng berbagai pemangku kepentingan antara lain CV DAB Subur, perusahaan agribisnis yang fokus pada budidaya sereh dari hulu hingga hilir.

Kerjasama tersebut dilakukan melalui pengembangan UMKM pertanian sereh di wilayah Bantul, Yogyakarta dan Lebak, Banten yang memiliki potensi sumber daya dan sumber daya manusia yang baik. Dalam kerjasama ini, YDBA bertindak sebagai pembina yang memberikan pelatihan manajemen kepada para petani. Sedangkan CV DAB Subur berperan sebagai bapak angkat bagi petani dengan memberikan pelatihan teknis dan kesempatan bagi petani untuk memasok produk
Produksinya berupa sereh wangi dan minyak atsiri yang memiliki standar mutu, biaya dan
Pengiriman (QCD) ke CV DAB Subur.

Peresmian Program Pembinaan Petani Sereh Yogyakarta berlangsung pada 21 Desember 2022 di Desa Dlingo, Bantul, Yogyakarta, ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama pada 21 Desember 2022 langsung oleh Ketua Pengurus YDBA Sigit P Kumala; Direktur Utama CV DAB Subur, Wijayandaru Wisnutomo; Koordinator Lembaga Pengembangan Usaha (LPB) YDBA di Yogyakarta, Fransisca Wisni Kristanti; dan perwakilan petani yaitu Muhammad Febriyanto. Penasehat YDBA Tonny Sumartono turut menyaksikan peresmian tersebut.

Program budidaya serai wangi di Yogyakarta melibatkan 19 petani yang tersebar di 2 kecamatan dan 6 desa. Sebelumnya, pada 11 November 2022, YDBA bersama CV DAB Subur telah memulai program yang sama di wilayah Lebak, Banten dengan melibatkan 24 petani di 1 desa Distrik 2.

Sigit P. Kumala dalam sambutannya pada peresmian program pelatihan petani serai wangi di Yogyakarta, berharap program pembinaan ini dapat mendukung petani serai wangi untuk meningkatkan kompetensinya dalam budidaya serai wangi yang awalnya fokus pada penanaman, dan mampu melakukan masa depan. penyulingan akan menghasilkan minyak atsiri sesuai standar QCD konsumen, yang tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan para petani tersebut.

Sigit menambahkan, sejalan dengan rancangan besar program pembinaan ini, ke depan YDBA dan CV DAB berharap petani bisa mandiri dan membentuk komunitas dan unit usaha untuk mendukung kemajuan usahanya.

Sementara itu, Wijayandaru Wisnutomo berharap program pelatihan ini selain mampu membuat petani menghasilkan produk yang berkualitas, juga mendukung terwujudnya tempat wisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Yatimin, salah satu petani yang aktif mengikuti program pelatihan ini mengatakan, banyak manfaat yang diperoleh selama mengikuti program pelatihan tersebut. Yatimin mengaku semakin bersemangat menanam serai wangi dan berharap banyak petani lain yang bisa mengikuti program pembinaan tersebut.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button