Pantai Wantopi, pantai unik dengan panorama alam eksotis di Central Button - WisataHits
wisatahits

Pantai Wantopi, pantai unik dengan panorama alam eksotis di Central Button

Pantai Wantopi, pantai unik dengan panorama alam eksotis di Central Button
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Wantopi, Kec. Mawasangka Timur, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara; Kasus: Verifikasi lokasi

Indonesia memiliki banyak potensi wisata dan sedang berusaha mengembangkannya. Buton merupakan kawasan keindahan alam di Indonesia yang memiliki potensi wisata. Potensi wisata Buton juga sedang dikembangkan yaitu wisata alam budaya dan wisata bahari.

Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi tengah Indonesia dengan berbagai destinasi wisata. Namun, sedikit orang yang tahu tentang kabupaten Buton Tengah yang memiliki begitu banyak tempat wisata alam. Kabupaten Buton Tengah, terletak di sebagian besar Pulau Muna dan sebagian Pulau Kabaena. Buteng terdiri dari 10 kecamatan dan 67 desa dengan luas wilayah 958,31 km² dan jumlah penduduk 118.907 pada tahun 2020.

Selain branding wisata Buton, ada benteng-benteng bersejarah peninggalan Kerajaan Buton. Sehingga mengundang banyak wisatawan untuk datang ke Buton. Namun tak kalah menarik, Buton menawarkan banyak wisata pantai yang tak kalah indahnya. Pantai Wantopi merupakan salah satu potensi wisata bahari Buton Tengah yang menarik untuk dikunjungi.

Daya Tarik Pantai Wantopi

Objek Wisata Pantai WantopiKredit gambar: Google Maps Trisa Melati

1. Keunikan pantai

Dari Buton Tengah hingga Pantai Wantopi, kita masih bisa menemukan destinasi pantai yang memanjakan mata dengan keindahan alamnya. Terletak di Teluk Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur, Buton tengah, pantai ini dipadati pengunjung setiap akhir pekan. Hamparan pasir putih, indahnya bayangan laut biru, rimbunnya pohon kelapa serta letak pantai yang seolah berada di tengah laut menambah keunikan pantai ini. Air lautnya yang jernih membuat Anda bisa melihat dasar laut dengan baik, pesonanya hanya menarik untuk berenang atau snorkeling.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Anda diajak untuk merasakan berada di tengah lautan di Pantai Wantopi. Sepintas, pantai ini terlihat seperti sebuah pulau yang dikelilingi oleh laut, Anda bahkan tidak perlu naik perahu untuk sampai ke sana.

2. Pantai yang Nyaman

Karena pantai ini berada di teluk, Pantai Wantopi tidak berhadapan langsung dengan ombak, sehingga pantai ini aman. jika anda ingin berlibur ke Pantai Wantopi bersama keluarga. Bagi anda yang tidak bisa berenang tapi tetap ingin berenang di pantai. Pantai Wantopi adalah jawabannya.

3. Pemandangan pantai

Pasang surut juga menjadi faktor keindahan pantai. Yang berbeda dari pantai Wantopi adalah pemandangannya yang menakjubkan serta bentuk pantai dan dermaganya. Bentuk pantai yang indah ini menjadi huruf S saat air laut surut dan mengembang.

Biasanya dermaga menjadi tempat singgah perahu-perahu, namun berbeda ketika Anda berada di Pantai Wantopi.

Pantai Wantopi memiliki wisata alam yang mendukung. Di sekitar pantai terdapat wisata alam besar bernama Goa Loba-loba yang terletak di sekitar pantai Wantopi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat pantai WantopiKredit gambar: Google Maps Ismul Muhammad

Untuk menuju Pantai Wantopi, dibutuhkan sekitar 27 km dari desa Lombai di Sulawesi Tenggara. Lama perjalanan kurang lebih 45 menit. Saat Anda menuju pantai Wantopi, Anda akan menemukan tanah tandus di sepanjang jalan. Kemudian jika Anda melihat pantai di pinggir jalan, maka Anda hampir berada di kawasan wisata.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Wantopi ini tidak dipungut biaya alias free entry. Liburan yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang tersayang, lokasi yang cukup dekat dengan pedesaan menambah kenyamanan para pengunjungnya.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Wantopi

Aktivitas seru di Pantai WantopiKredit Gambar: Google Maps Ang Leonard Anthony

1. Bermain dengan air

Saat berkunjung ke Pantai Wantopi, banyak wisatawan yang suka bermain air untuk merasakan sensasi mandi di laut, dengan kondisi pantai yang seolah berada di pulau kecil.

2. Permainan pasir

Pantai eksotis ini menawarkan hamparan pasir putih lembut yang cocok untuk bermain pasir, terutama bersama si kecil. Pantai ini juga cocok jika ingin bersenang-senang bersama teman.

3. Kamp

Kegiatan menarik lainnya adalah mendirikan tenda di pinggir pantai. Anda bisa menikmati keindahan pantai lebih lama dengan berkemah bersama keluarga atau teman.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai WantopiKredit Gambar: Google Maps fahd Andyka gohing

Peralatan yang tersedia di wilayah pesisir masih kurang memadai. Anda harus mengemas bekal jika ingin mengunjungi Pantai Wantopi, karena tidak tersedia warung untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Di kawasan pesisir juga masih minim toilet dan gazebo yang harus diperhatikan pemerintah. Selain itu, tempat sampah di sini juga minim sehingga menyulitkan pengunjung untuk mengetahui ke mana harus membuangnya.

Pantai Wantopi memang bisa dibilang sebagai pantai yang masih perawan keindahannya. Namun, jika didukung dengan pengembangan wisata pendukung buatan, tentunya dapat menjadi sarana peningkatan perekonomian penduduk setempat.

Inilah potensi wisata yang ada di Pantai Wantopi. Dilatarbelakangi oleh harapan yang tinggi terhadap pembangunan dan perhatian pemerintah daerah terhadap potensi wisata daerah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button