7 Tips Jelajah Gua Pindul Di Gunungkidul, Lindungi Ponsel Anda - WisataHits
Yogyakarta

7 Tips Jelajah Gua Pindul Di Gunungkidul, Lindungi Ponsel Anda

KOMPAS.com – Salah satu objek wisata alam yang paling populer di Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Goa Pindul.

Pengunjung tempat wisata ini tidak hanya bisa melihat stalaktit dan stalagmit, tapi juga merasakan sensasi menuruni goa di atas ban yang terapung di sungai bawah tanah.

Sebagai informasi: Menjelajahi Gua Pindul dapat dilakukan oleh anak-anak dari usia tiga tahun.

Baca juga:

Menurut seorang pemandu bernama Sugito, wisata gua ini aman karena wisatawan menggunakan pelampung, arusnya tenang dan hampir kendor, dan lingkaran yang berfungsi sebagai tempat duduk wisata menyatu satu sama lain.

Gua Pindul sendiri memiliki panjang sekitar 350 meter dan dapat ditempuh dalam waktu 45 menit hingga satu jam.

Baca Juga: Lama Menginap Wisatawan di Gunungkidul Diperkirakan Hingga 3 Hari

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Gua Pindul di Bejiharjo Kabupaten Karangmojo, simak dulu beberapa tips yang diberikan. Kompas.com meringkaskan.

7 Tips Wisata ke Goa Pindul Gunungkidul

1. Oleskan tabir surya

Pintu masuk Gua Pindul di Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pintu masuk Wisata Gua Pindul di Gunungkidul, Yogyakarta.

Gua Pindul buka dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore WIB. momen Kompas.com mengunjungi gua sekitar pukul 10 pagi WIB, matahari cukup terik dan menyengat.

Bahkan, Anda tidak terkena sinar matahari di dalam gua karena dilindungi oleh atap gua. Namun off tempat penampungan Dari titik kedatangan menuju pintu masuk gua Anda harus berjalan kaki sekitar 150 meter.

Baca Juga: Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Wisata Sambil Makan Seafood Murah

Saat keluar dari Gua Pindul, Anda juga akan berjalan sebentar lalu naik truk terbuka bernama Pajero alias Panas Jobo Jero.

Jadi sebaiknya pakai tabir suryakrim matahari) untuk melindungi diri dari panasnya sinar matahari, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

2. Kenakan kacamata hitam atau topi

Pemandu wisata Gua Pindul memberikan arahan kepada wisatawan sebelum turun gua. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pemandu wisata Gua Pindul memberikan arahan kepada wisatawan sebelum turun gua.

Merujuk pada tips sebelumnya, Anda bisa memakai kacamata hitam atau topi jika ingin melindungi mata dari teriknya sinar matahari.

Sebagai topi sebaiknya tidak memakai yang berwarna putih, agar setelah bermain air di dalam goa tidak cepat kotor.

Bahkan jika Anda tidak melompat ke air sungai, terkadang air menetes dari stalaktit, sehingga topi Anda juga bisa terkena noda.

Selain itu, banyak kelelawar terbang di atap gua dan urin dapat dikeluarkan.

Baca Juga: 5 Wisata Gunungkidul Lantai Dua Pemandangan Bukit Yang Indah

Wisata Gua Pindul di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wisata Gua Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Jangan masuk goa saat hujan

Sebelum menuju ke Goa Pindul ada baiknya untuk mengecek prakiraan cuaca hari itu.

Karena saat hujan, kondisi air secara alami tidak memungkinkan untuk digunakannya pagar goa.

“Jika hujan lagi, itu bisa membanjiri setengah gua,” Sugito setuju Kompas.comJumat (19/8/2022).

Baca Juga: Jelajah Gua Kiskendo, Geowisata Penuh Keindahan Alam dan Sejarah

4. Simpan ponsel dalam kantong plastik khusus

Tampak depan Base Camp Gua Pindul Wirawisata, tidak jauh dari situ terdapat banyak toko yang menjual peralatan railing gua.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Tampak depan Base Camp Gua Pindul Wirawisata, yang tidak jauh dari situ, terdapat banyak toko yang menjual peralatan railing gua.

Bagi wisatawan yang ingin membawa handphone diperbolehkan namun dengan catatan hati-hati. Disarankan juga untuk memasukkan ponsel ke dalam kantong plastik khusus yang sesuai dengan ukuran ponsel untuk mencegah ponsel jatuh.

Kalau tidak bawa jangan khawatir karena banyak penjualnya tempat penampungan yang menjual casing handphone seharga Rp 15.000 masing-masing. Tas dapat menampung hingga dua ponsel dan memiliki tali panjang sebagai kalung.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sekitar Taman Batu Gunungkidul, Ada Air Terjun Indah

Jika tidak ingin membawa handphone, Anda bisa menyewa jasa fotografer Goa Pindul dengan harga mulai dari Rp100.000 per rombongan.

Kelebihannya, Anda tidak perlu khawatir ponsel Anda jatuh atau terkena air, Anda dapat mengambil foto yang bagus dan fotografer lebih mengenal medan.

5. Kenakan pakaian yang nyaman di dalam air

Kenakan pakaian yang nyaman saat Anda berjalan menyusuri Gua Pindul di Gunungkidul, Yogyakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kenakan pakaian yang nyaman saat menyusuri Gua Pindul di Gunungkidul, Yogyakarta.

Selanjutnya, Anda harus bersiap-siap basah jika ingin menjelajahi Gua Pindul karena aktivitasnya sendiri dilakukan dengan menaiki tabung apung di jalur sungai bawah tanah di dalam gua atau tabung gua.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengenakan kemeja dan celana poliester ringan, nilon atau lycra yang cocok untuk berenang. Dalam perjalanan menuju akhir, wisatawan bisa bermain air di sungai yang airnya bersih dan jernih.

Selain pakaian yang nyaman, gunakan sepatu, sandal jepit atau sandal gunung yang tidak akan menimbulkan masalah meski terkena air.

Jangan lupa untuk menyimpan perhiasan dan aksesoris berharga juga tempat penampungan Penyimpanan barang untuk menghindari insiden seperti jatuh ke dasar sungai.

6. Bawa baju ganti

Goa Pindul Wirawisata, desa binaan BCA yang merupakan salah satu pionir penyedia jasa pariwisata di kawasan Goa Pindul. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Goa Pindul Wirawisata, desa peduli BCA yang merupakan salah satu pionir penyedia jasa pariwisata di kawasan Goa Pindul.

Tentu saja, setelah basah kuyup, Anda perlu menyiapkan baju ganti untuk dipakai setelah keluar dari gua.

Tidak perlu khawatir karena ada beberapa kamar mandi yang bersih dan berfungsi di area ini tempat penampungan. Jadi Anda bisa dengan nyaman membersihkan diri di toilet yang ada sampai Anda mandi.

7. Janji temu dengan operator tur resmi

Perlu diketahui, cukup banyak agen yang tersebar di sekitar kawasan wisata Goa Pindul Gunungkidul.

Oleh karena itu, sebelum berkunjung, sebaiknya cari tahu dulu tour operator atau pemandu wisata resmi yang pernah Anda hubungi atau rekomendasi dari kenalan.

Baca Juga: Hindari Praktik Broker di Gua Pindul, Sarankan Pemandu Wisata

Setelah Anda memilih operator dan hari kunjungan, coba buat janji terlebih dahulu dan komunikasikan waktu kunjungan. Sehingga operator dapat mengambil grup atau janji di suatu tempat nanti dan menghindari pengiklan tiba-tiba muncul.

Selain informasi dari kenalan, Anda bisa mendapatkan informasi dari media sosial dan website agar tampil lebih meyakinkan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button