Event-event pariwisata menjadi salah satu cara Pemkot Yogyakarta untuk meningkatkan jumlah wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Event-event pariwisata menjadi salah satu cara Pemkot Yogyakarta untuk meningkatkan jumlah wisatawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pemkot Yogyakarta (Pemkot) terus berbenah acara Pariwisata untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

Sebagai acara pada hari ini bertajuk Tandang Jogja Kreatif di kawasan Jalan Ipda Tut Harsono.

Pj Wali Kota Yogyakarta mengatakan kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta sudah melebihi target. September lalu, destinasi wisata sebanyak 2 juta wisatawan, namun kunjungan wisatawan justru mencapai 5 juta.

Baca Juga: Yogyakarta Comic Week, Hadirkan Karya Komik Legendaris Indonesia

“Kita perlu menyiapkan event-event pariwisata yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung. Target kunjungan September lalu sebenarnya 2 juta wisatawan, tapi ternyata tercapai 5,1 juta pengunjung,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (6/11/2022). .

Sumadi menambahkan, kunjungan wisatawan bisa melebihi target karena kerjasama lintas sektor dan antar kota dapat terjalin dengan baik.

“Sinergi antara OPD dan orang yang tertarik, kementeriandaerah dan masyarakat yang perlu dilanjutkan dan diperkuat,” ujarnya.

Baca Juga: Harga Tiket dan Jam Buka Obelix Hills Yogyakarta Dibuka Lebih Awal Sekarang

Ia menambahkan, meski jumlah wisatawan tinggi, protokol kesehatan yang ketat harus tetap diterapkan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Event Wisata di Yogyakarta, Obah Kanthi Bungah

Kepala Biro Pariwisata Kota Yogyakarta (Dinpar) Wahyu Hendratmoko mengatakan, keberangkatan kreatif dari jogja ini mengusung tema obah kanthi bungah, artinya bergerak dengan gembira.

Tema Obah Kanthi Bungah dipilih sebagai jargon untuk mendorong masyarakat segera bergerak ke fase pemulihan pandemi Covid-19 menjelang akhir tahun.

“Kita bersyukur DIY sudah masuk PPKM Level 1 yang biasanya terbatas. Ini merupakan dorongan yang tepat untuk meningkatkan event pariwisata dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Acara Obah Kanthi Bungah digelar pada Minggu (10/6/2022) di Jalan Ipda Tut Harsono, Kota Yogyakarta.IST/doc Humas Kota Yogyakarta, Acara Obah Kanthi Bungah digelar pada Minggu (10/6/2022) di Jalan Ipda Tut Harsono Kota Yogyakarta.

Wahyu melanjutkan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi masyarakat antusias yang telah bangkit dari keterpurukan bersama dan bersama-sama menggerakkan roda perekonomian kota Yogyakarta di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, kali ini Tandang Jogja Kreatif bergabung dengan warga Kampung Dipowinatan Mergangsan yang membagikan 200 porsi bubur Lemu dengan uang kreweng kepada pengunjung.

Baca Juga: Harga Tiket Bus Terbaru Mila Ekonomi Yogyakarta-Banyuwangi

Acara Tandang Jogja Kreatif juga dimeriahkan dengan hiburan berupa pertunjukan musik dan tari, serta sesi pelatihan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta serta komunitas pecinta reptil dan burung.

Ada juga stand UMKM dari 14 kementerian dengan berbagai macam produk kerajinan, fashion, ornamen dan kuliner.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button