Pantai Bondo, saksi panorama pantai pasir putih yang luar biasa di Jepara - WisataHits
wisatahits

Pantai Bondo, saksi panorama pantai pasir putih yang luar biasa di Jepara

Pantai Bondo, saksi panorama pantai pasir putih yang luar biasa di Jepara

Pantai Bondo di Jepara bisa menjadi pilihan terbaik bagi wisatawan yang menyukai liburan alam dengan pemandangan yang indah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Harga tiket: Rp7.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Mulyoharjo, Kec. Jepang, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Verifikasi lokasi

Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa indah. Di Jepara banyak terdapat pantai dengan pemandangan menakjubkan yang pasti bisa membuat pengunjung betah. Termasuk di dalamnya Pantai Jepara Bondo yang menawarkan hamparan pasir putih dengan air laut jernih berwarna biru kehijauan.

Meski belum sepopuler Pantai Kartini atau Pantai Bandengan, kawasan wisata bahari yang menjadi ikon Bumi Kartini ini selalu dipadati pengunjung. Terutama di akhir pekan dan hari libur. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pantai ini memiliki pantai yang luas sehingga wisatawan bisa memilih tempat yang dianggap nyaman.

Akses jalan menuju Pantai Bondo juga relatif mudah dan cukup baik karena dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan bermotor, mulai dari sepeda motor hingga bus wisata berukuran besar. Sementara itu, harga tiket masuk yang sangat user friendly juga menjadi keunggulan pantai ini, karena dijamin tidak memberatkan isi dompet wisatawan.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Bondo

Atraksi Pantai BondoFoto: Google Maps/The Bully

Pantai Jepara ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, sehingga tidak heran jika banyak diminati oleh banyak kalangan. Tak bisa dipungkiri, ini juga yang menjadi kelebihan dan daya tarik pantai pasir putih. Apalagi di Pantai Bondo, pengunjung memiliki banyak pilihan aktivitas menarik untuk dilakukan.

Bagi wisatawan yang berencana mengunjungi Pantai Bondo, perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja daya tariknya. Beberapa dari mereka adalah:

✦ Panorama luar biasa di pantai pasir putih

Pantai Bondo terkenal dengan pasir putihnya yang cukup kontras dengan air laut yang biru kehijauan. Sesampainya di pantai yang indah ini, wisatawan akan sulit menahan diri untuk tidak terjun langsung ke laut yang jernih. Selain itu, pantai utama di kota Jepara ini juga memiliki ombak yang sangat tenang sehingga aman untuk semua kalangan.

Di sepanjang garis pantai terdapat pepohonan hijau yang berdiri berjejer dan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan rindang. Pastinya akan sangat menyenangkan berteduh di bawah pohon sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi setelah lelah bermain di pantai. Wajar jika Bondo selalu menjadi tujuan orang-orang yang menyukai kedamaian dan ketenangan.

✦ Tersedia banyak spot foto menarik

Pantai Bondo Jepara tidak hanya memiliki keindahan alam luar biasa yang mampu memukau mata dan lidah tak henti terkagum-kagum. Untuk memanjakan wisatawan, pihak pengelola juga telah membangun beberapa spot foto menarik yang pastinya dapat membuat wisatawan selalu ingin berfoto di berbagai tempat.

Salah satu tempat paling ikonik yang bisa dengan mudah ditemukan pengunjung adalah bentuk love di pantai. Saat musim liburan, biasanya banyak turis yang antre hanya untuk berpose dan berfoto di sini. Selain itu, ada juga ayunan kayu dengan latar belakang lautan biru. Hasil jepretan pasti akan terlihat keren dan estetis.

✦ Matahari terbenam yang indah

Tidak sedikit wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini hanya untuk menyaksikan sunset di ufuk barat. Apalagi pantai menawan ini tidak dibatasi perbukitan, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan sunset dengan lebih leluasa. Bayangkan, cahaya kemerahan mulai mengalir dari sisi barat pantai dan berkilau indah di atas air laut.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai BondoFoto: Google Maps/Diah Susanti

Pantai Bondo terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara – Jawa Tengah. Dari pusat kota Jepara, jarak menuju pantai ini hanya sekitar 17 km atau sekitar 40 menit jika ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Lamanya perjalanan juga tergantung dari kondisi jalan dan kecepatan berkendara para wisatawan.

Rute dari kota Jepara menuju pantai relatif mudah diingat. Wisatawan bisa menuju ke utara kemudian dilanjutkan ke pertigaan Mlonggo. Setelah itu belok kiri menuju pertigaan Bondo dan ikuti rambu jalan. Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan Google Map sebagai panduan. Karena lokasinya tersedia di peta online.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Tarif bayar di Pantai Bondo terbagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Harga tiket masuk untuk orang dewasa sekitar Rp 7.000 – Rp 10.000/orang. Sementara itu, biaya masuk untuk anak-anak lebih murah yaitu Rp 5.000 – Rp 7.000/anak. Namun, wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Pantai Jepara ini buka 24 jam sehari. Sehingga sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai fotografi karena dapat mencari waktu matahari terbit dan terbenam tanpa batasan waktu berkunjung. Apalagi bagi pecinta kegiatan outdoor seperti camping, Bondo Beach juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai BondoFoto: Google Maps/Jatmiko Pain

Nama Pantai Bondo Jepara memang tidak sepopuler pantai-pantai lain di Kota Mebel. Namun, pesona dan keindahannya tak perlu diragukan lagi. Bagi yang menyukai suasana sepi atau ingin berlibur dengan tenang, wajib mengunjungi Pantai Bondo Jepara. Apalagi, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini.

1. Menikmati keindahan pantai

Setiap orang memiliki hobi dan kesukaan yang berbeda saat mengunjungi pantai. Jika wisatawan adalah tipe orang yang ingin bersantai dan menyembuhkan atau menyejukkan diri, mereka dapat mengunjungi pantai untuk piknik yang menyenangkan sambil menikmati keindahan alam yang mempesona. Selain itu, di Pantai Bondo terdapat banyak gazebo yang bisa disewa untuk istirahat.

2. Berenang di Pantai Bondo

Sepertinya tidak ada alasan untuk tidak berenang atau bermain air saat berkunjung ke Pantai Bondo. Pasalnya, pantai ini memiliki ombak yang tenang, sehingga aman meski wisatawan tidak bisa berenang. Bagi yang berlibur bersama anak-anak, Anda juga bisa mengajak anak-anak tercinta untuk bersenang-senang bermain air di pantai.

3. Kamp

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kawasan Pantai Bondo buka 24 jam sehari. Nah, bagi yang suka bermalam di pantai, bisa mendirikan tenda di sekitar pantai. Namun, disarankan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola demi keamanan dan kenyamanan.

4. Berburu foto dan memasak

Bagi yang berasal dari luar Kabupaten Jepara, Pantai Bondo Jepara bisa menjadi pilihan tempat liburan untuk menikmati keindahan alam sekaligus kuliner. Nah, setelah mencari-cari foto di berbagai tempat yang ada, wisatawan bisa memanjakan diri dengan mencari kuliner khas Jepara di restoran pinggir pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai BondoFoto: Google Maps/Rifia Hambali

Dari segi amenitas, wisatawan tidak perlu khawatir karena fasilitas umum di kawasan wisata ini sangat lengkap. Di Pantai Bondo, pengunjung bisa leluasa mengakses berbagai fasilitas umum yang tersedia. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada poin-poin di bawah ini:

  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Belvedere
  • Restoran
  • Toko cendera mata.

Pantai Bondo Jepara relatif sepi pengunjung dibanding pantai-pantai legendaris lainnya di kota penghasil mebel ini. Meski begitu, keindahan pemandangan alam yang ditawarkan bukan sekedar isapan jempol belaka. Wajar jika wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai Jepara ini selalu ingin kembali lagi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button