350 Mahasiswa Ikuti BIPA Korea Batch #3 – PETISI.CO - WisataHits
Jawa Tengah

350 Mahasiswa Ikuti BIPA Korea Batch #3 – PETISI.CO

SEOUL, PETISI.CO – Program Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Korea Batch #3 Tahun 2022 yang diselenggarakan KBRI Seoul diikuti oleh 350 mahasiswa.

Seperti pada gelombang sebelumnya, KBRI Seoul kembali menggelar kompetisi tenaga kerja BIPA Batch #3 di akhir studi yang dibuka pada 17 November 2022 dengan 120 mahasiswa terdaftar.

Foto bersama para pemenang lomba

Jenis lomba pada gelombang #3 antara lain menyanyikan lagu Indonesia, membaca puisi, bercerita, mengulas makanan Indonesia, dan mempromosikan pariwisata Indonesia.

Dari jumlah video yang dikirimkan, 20 finalis diundang ke kediaman Dubes RI di Seoul pada Sabtu, 10 Desember 2022 untuk mempresentasikan karyanya sebagai pemenang.

Dalam sambutan pembukaan duta besar, Sulis mengatakan bahwa mampu berbahasa Indonesia merupakan “keunggulan strategis dan kompetitif” bagi warga Korea.

Intinya kemampuan berbahasa Indonesia menjadi aset penting bagi pembelajar BIPA yang nantinya ingin bekerja di perusahaan Korea dan meniti karir berinvestasi di Indonesia.

“Yang tidak kalah pentingnya, orang Korea yang berbahasa Indonesia akan lebih mudah mengurus segala urusan selama tinggal di Indonesia dan berinteraksi dengan orang Indonesia maupun dalam urusan bisnis,” kata Dubes Sulis.

Dubes Sulis menambahkan bahwa peningkatan jumlah mahasiswa dan calon juga merupakan tanda semakin eratnya hubungan people-to-people antara Indonesia dan Korea.

Salah satu penampilan dari para peserta

Kepala Pusat Penguatan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Dalam sambutannya, Iwa Lukmana menyampaikan apresiasinya kepada KBRI Seoul yang rutin melakukan pembelajaran BIPA Korea hingga dilantik menjadi angkatan #3 dengan total pendaftar sebanyak 807 mahasiswa.

Iwa Lukmana mendorong agar bahasa Indonesia juga menjadi wahana penyampaian ide dan inovasi bagi mahasiswa asing untuk mendalami Indonesia secara utuh.

Dengan mempromosikan BIPA di setiap negara di dunia termasuk Korea, ide dan inovasi untuk perbaikan diperoleh dari berbagai perspektif siswa dari seluruh dunia.

Sementara itu, Ardi Ferdiansyah, Plt General Manager BNI Seoul, juga menyampaikan dukungannya terhadap kompetisi BIPA Korea yang diselenggarakan oleh KBRI Seoul dalam sambutannya.

Ia menceritakan keterkejutannya saat merekrut staf di BNI Seoul, di mana banyak pelamar yang sudah bisa berbahasa Indonesia. Beberapa pelamar mengatakan mereka bisa berbahasa Indonesia dengan belajar dari program BIPA.

“Jenis lomba pada Korean BIPA Labour Competition Batch #3 ditambah menjadi 5 jenis dikarenakan jumlah mahasiswa dan peserta yang semakin banyak serta adanya keragaman budaya Indonesia yang sangat besar yang perlu dikenalkan kepada mahasiswa BIPA Korea,” kata Gogot. Suharwoto sebagai Ketua Panitia Persaingan Kerja BIPA.

Jenis lagu yang dilombakan antara lain lagu Indonesia Raya dari Sabang sampai Merauke, Pulau Rayuan Kelapa, Ibu Pertiwi, Bengawan Solo dan Kemesraan. Makanan yang dipelajari adalah makanan khas Indonesia antara lain nasi rendang, pempek Palembang dan bakso.

Panitia juga telah menyiapkan naskah cerita rakyat Indonesia serta puisi karya penyair Indonesia yang akan dipilih oleh peserta.

Sedangkan materi lomba promosi pariwisata telah diadopsi dari website pariwisata Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia.

Sebagai penghargaan atas karya mereka, KBRI Seoul dan BNI Seoul menyiapkan hadiah dan sertifikat bagi para pemenang.

Juara lomba karya BIPA Batch #3 kategori lomba menyanyi adalah Jung Eunhye, juara lomba baca puisi diraih oleh Yun Daejung, juara lomba Indonesian Food Review adalah Sunhong Bae, juara promosi pariwisata kompetisi dimenangkan oleh Aram Kong dan untuk penceritaan cerita rakyat Indonesia adalah Shi Ying.

Para pemenang lomba menyampaikan apresiasinya kepada KBRI Seoul yang memberikan pengalaman baru dengan mulai memasak masakan Indonesia dan mengikuti lomba BIPA untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia di kediaman asri KBRI.

“Saya sudah berkali-kali makan masakan Indonesia, tapi baru kali ini saya masak sendiri dan menyampaikan pesan dan kesan saya di depan orang Indonesia. Saya sangat suka menyantap menu-menu Indonesia yang enak di KBRI Seoul,” ujar salah satu finalis kompetisi BIPA Korea Batch #3. (kah)

Kunjungan: 147

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button