Pantai Linau, pantai eksotis dengan bebatuan persegi di Kaur - WisataHits
wisatahits

Pantai Linau, pantai eksotis dengan bebatuan persegi di Kaur

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Lintas Barat, Linau, Kec. Maje, Kab. Kaur, Bengkulu; Kasus: Cek lokasi

Pantai Linau merupakan pantai pertama yang ditemukan di Kabupaten Kaur saat melintasi Pelabuhan Bintuhan menuju Jalan Raya Sumatera Barat. Di tengah Desa Maje yang merupakan jalan lintas provinsi, tempat wisata ini sangat mudah diakses karena dekat dengan jalan raya.

Nama pantai ini sendiri sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kaur. Destinasi ini tidak hanya dikenal dengan pantai pasir hitam dan airnya yang jernih, tetapi juga populer dengan tempat wisata kulinernya yang unik. Misalnya, menangkap gurita menggunakan alat tradisional kemudian mengubahnya menjadi sate.

Saat mengunjungi Pantai Linau, pasir hitam putih liukan menjadi tempat bermain yang sangat menyenangkan. Anda seperti berada di pantai terindah di tanah air dengan perpaduan atraksi unik dan menarik yang selama ini terlewatkan oleh wisatawan domestik. Anda pasti akan terkejut dengan semua hal yang disajikan di sana.

Penawaran Pantai Linau

Atraksi Pantai LinauKredit gambar: Google Maps Nur Hanifan

1. Spot foto terbaik

Pantai Linau merupakan salah satu spot foto terbaik bagi banyak wisatawan yang menghabiskan liburannya di desa Linau. Jika Anda ingin mendapatkan background foto yang jernih dan berkualitas, sebaiknya Anda mengunjunginya pada siang hari. Saat itu, langit biru begitu menawan.

Ditambah lagi dengan air laut yang seolah memiliki warna kebiruan dan begitu jernih. Anda bisa berfoto selfie yang memperlihatkan langit dan air laut dengan warna yang sama, sehingga terlihat estetis. Jika ingin foto yang lebih menarik, Anda juga bisa menampilkan perahu nelayan yang terapung di tengah lautan.

2. Batu Persegi

Yang cukup unik karena sangat jarang ditemukan di pantai lain adalah adanya bebatuan berbentuk kotak. Batu-batu tersebut ditumpuk sembarangan namun rapi di bibir pantai Linau yang seolah dijadikan pembatas antara darat dan laut, jumlahnya sangat banyak sehingga semakin menarik perhatian wisatawan.

Tak hanya hiasan, batu berbentuk kotak juga bisa digunakan wisatawan sebagai tempat duduk sambil menyaksikan jernihnya air laut. Tenang saja karena batunya cukup kuat untuk diduduki dan tidak mudah hancur. Namun, Anda tetap harus waspada dan hati-hati.

3. Udaranya menyegarkan

Selain airnya yang segar, udara yang disuguhkan kawasan Pantai Linau juga menyegarkan. Hal ini antara lain karena kawasan pesisir ditumbuhi pepohonan dan tanaman hijau. Selain menyegarkan tentunya udaranya juga bersih.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Linau KaurKredit gambar: Google Maps Setiawan Baong

Perjalanan menuju pantai Linau memang sedikit melelahkan. Terletak di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, tepatnya di Desa Linau, Kecamatan Maje. Untuk menuju tempat ini, Anda dapat melalui 2 arah utama yaitu dari kota Lampung (Krui) dan dari kota Bengkulu.

Rute pertama yakni dari Lampung memiliki nilai plus karena ada bandara perintis yang bisa didarati pesawat ringan, seperti Susi Air. Selain itu, pesawat perintis milik negara seperti NBA atau Nusantara Buana Airlines juga bisa didaratkan.

Kemudian dari Lampung, Anda bisa menuju lokasi wisata melalui jalur darat. Tentu saja, Anda bisa menempuh jalur darat ini dengan kendaraan dalam waktu sekitar 3 jam. Rute kedua berangkat dari kota Bengkulu menuju pantai Linau menggunakan angkutan umum darat berupa perjalanan yang memakan waktu 5-7 jam.

Sedangkan untuk biaya perjalanan sendiri dari kota Bengkulu sekitar 75-100 ribu sekali pemberangkatan menuju kota Bintuhan – Lampung. Dari Bintuhan, wisatawan bisa naik angkutan umum lain seperti Angdes, namun tetap harus bersabar karena harus bergelantungan dan menunggu penumpang lain.

Pilihan terbaik dari kota Bengkulu adalah mengendarai kendaraan sendiri, baik mobil atau motor. Tentunya akan lebih terjangkau jika menggunakan sepeda motor, karena akan lebih leluasa menikmati panorama di sepanjang jalan raya yang telah dilalui.

Karena jaraknya cukup jauh, sebaiknya berangkat sebelum subuh jika ingin langsung kembali ke kota Bengkulu pada hari yang sama. Google Maps adalah aplikasi penunjuk arah yang sangat direkomendasikan untuk digunakan pada awal perjalanan Anda ke pantai ini.

Tiket Masuk Pantai Linau

Harga Tiket Masuk Pantai LinauKredit gambar: Google Maps slamet borepile

Tentunya akan ada tiket masuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Linau yang indah ini. Namun nominalnya sendiri tidak akan membuat wisatawan merugi. Hanya dengan 5.000 rupee Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai yang menawarkan berbagai hiburan.

Banyak wisatawan, terutama yang dari luar pulau bahkan dari luar negeri, dikejutkan dengan tiket masuk yang sangat murah ke pantai ini. Meski tiket masuknya murah, tawaran pantai ini tidak akan membuat wisatawan menyesal.

Aktivitas Seru di Pantai Linau

Aktivitas seru di Pantai LinauKredit gambar: Google Maps Eduard Suwandi

1. Nikmati keindahan pantai yang bersih dari sampah

Teluk Desa Linau dan menjadi pantainya bersih alami. Sama sekali tidak ada sampah plastik yang bisa menghalangi pandangan. Memang, dari gerbang masuk hingga tepi pantai, datarannya yang landai hanya ditumbuhi pasir.

Kemunculan Pantai Linau yang bersih dan asri di Kaur pasti membuat setiap wisatawan merasa rileks dan meninggalkan kesan yang mendalam. Pancaran pesona yang dihadirkan seolah menambah daya magis pantai dengan kebersihan lingkungan yang baik ini. Semuanya terlihat keren dan keren.

Hamparan pasir yang luas di pantai yang bersebelahan dengan Pelabuhan Bintuhan ini merupakan pelataran yang bisa dijadikan sebagai tempat mengistirahatkan pikiran sejenak. Ada juga balok batu persegi panjang yang berfungsi sebagai tempat duduk. Hanya saja ternak penduduk sering berkeliaran di beberapa sudut pantai ini.

2. Tangkap dan makan sate gurita

Beberapa warung makan sederhana di Pantai Linau menawarkan menu khas masakan khas Kabupaten Kaur yaitu sate gurita. Selama berkunjung, wisatawan bisa mengikuti aksi nelayan menangkap gurita. Saat Anda puas dengan hasil tangkapannya, pemilik toko langsung memasaknya.

Gurita kuliner ini juga menambah daya tarik wisata pantai. Destinasi ini dijadikan sebagai tempat berburu kuliner bagi masyarakat atau wisatawan asing. Sambil menyantap sate yang lezat, Anda bisa mengamati hiruk pikuk sekelompok nelayan. Ada yang membersihkan perahu, mengangkut ikan dan mengayuh perahu ke pelabuhan Bintuhan.

3. Berenang di dekat pantai

Lokasinya yang berada di teluk berarti pantai ini memiliki sedikit ombak, sehingga berenang aman jika dilakukan. Jika Anda ingin melihat betapa indahnya panorama bawah laut, sepertinya Anda harus menyewa perahu motor.

Perahu motor yang disewa akan membawa Anda ke tempat snorkeling. Namun pesona bawah lautnya tidak sama dengan Pulau Bunta karena sebagian kawasan ini digunakan sebagai kawasan Pelabuhan Bintuhan yang juga mempengaruhi kondisi terumbu karang. Ada juga ikan-ikan cantik yang akan menemani Anda saat snorkeling di sana.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas Pantai Linau KaurKredit gambar: Google Maps Apriliansyah M.

Fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan di Pantai Linau sudah cukup memadai. Meski belum cukup lengkap, beberapa fasilitas yang tersedia sudah memadai dan layak untuk digunakan. Selain itu, fasilitas memiliki peranan yang sangat penting bagi kenyamanan dan keamanan wisatawan di tempat wisata.

Jika ingin bermalam, di Bintuhan sudah ada sejumlah hostel atau penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas yang nyaman. Jangan khawatir dengan fasilitas makan karena pantai menawarkan beberapa warung makan. Menu andalannya adalah sate gurita khas Kabupaten Kaur.

Harga menunya juga cukup murah untuk satu porsi, sekitar Rp 20.000. Umumnya wisatawan yang datang dari kota Bengkulu tidak akan mau ketinggalan makan sate gurita. Fasilitas lainnya termasuk jembatan kokoh di atas pantai.

Demikian pemaparan informasi Pantai Linau yang merupakan pesona alam populer Kabupaten Kaur, Bengkulu. Pantai ini menawarkan berbagai pesona tersendiri yang tidak dimiliki oleh berbagai pantai lain di provinsi ini. Tak heran jika menjadi daya tarik wisata utama dan kebanggaan provinsi Bengkulu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button