Rich Indonesian Park, taman dengan pemandangan seni yang indah di Semarang - WisataHits
wisatahits

Rich Indonesian Park, taman dengan pemandangan seni yang indah di Semarang

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Sebuah taman umum di tengah hiruk pikuk kehidupan kota pasti bisa menjadi pembeda. Baik bagi masyarakat setempat maupun bagi wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah kota Semarang. Bekerja sama dengan Djarum Foundation, Pemerintah Kota Semarang berhasil menciptakan ruang publik yang indah bagi masyarakat.

Taman Indonesia Kaya merupakan hasil dari rencana yang dikembangkan oleh pemerintah kota Semarang. Sehingga setiap orang yang datang berkunjung lebih nyaman.

Daya tarik taman Indonesia yang kaya

Daya tarik taman Indonesia yang kayaKredit Gambar: Google Maps Rich Indonesia

Taman ini berhasil membangkitkan minat masyarakat untuk datang dan mengunjunginya secara massal. Bagaimana tidak, karena tempat ini belakangan ini menjadi sangat terkenal di mata masyarakat.

1. Seni Panggung Cantik

Keistimewaan utama dari taman ini adalah tersedianya pentas seni budaya. Pada hari-hari tertentu, panggung ini akan menampilkan pertunjukan wayang kulit serta pertunjukan kesenian tradisional.

Pengunjung dapat menikmati keindahan teatrikal yang ditampilkan oleh para pengisi acara. Pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan opera khas Eropa di panggung seni ini.

2. Panggung Karakter Wayang Mulia

Di sekeliling, pengunjung akan melihat patung-patung tokoh wayang berdiri dengan gagah di sekitar taman. Pengunjung dapat menemukan tokoh wayang di area taman, seperti Petruk, Gareng dan Semar.

Pada malam hari, patung wayang akan dihiasi dengan lampu. Membuat pemandangan lebih enak dipandang.

3. Taman bunga yang indah

Selain patung wayang yang mengelilingi taman, kawasan ini juga terkenal dengan taman bunganya yang indah. Pengunjung akan dimanjakan dengan bunga-bunga yang tumbuh.

Taman bunga akan menyambut pengunjung dari pintu masuk hingga depan panggung teater. Nuansa hijau yang diperlihatkan oleh tanaman pasti bisa membuat pengunjung lebih rileks.

4. Lukisan dinding yang indah

Daya tarik taman Indonesia yang kayaKredit gambar: Google Maps maulana shidiq

Saat pengunjung memasuki kawasan Taman Indonesia Kaya, pengunjung akan disambut oleh dinding gambar. Mural di kawasan ini dimaksudkan untuk menambah khazanah seni sehingga menjadi lebih kental.

Beberapa taman memiliki mural sebagai bagian dari suatu tempat. Dan taman ini bisa menjadi pembeda di antara banyak taman lain di negeri ini.

5. Air Mancur Berwarna Berkilau

Saat malam tiba, pengunjung bisa menikmati pemandangan dari air mancur yang memancarkan cahaya. Lampu dipasang di beberapa tempat di air mancur, yang membuatnya terlihat begitu elegan.

Pengunjung bisa bersantai di samping air mancur sambil menikmati lampu warna-warni. Pengunjung juga bisa bersantai menyaksikan air mancur dari jauh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Indonesia Grand ParkKredit Gambar: Google Maps Primakarya Timurmas

Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Semarang, pengunjung tidak perlu repot untuk menuju ke Taman Indonesia Kaya. Pengunjung bisa naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Taman ini terletak di Jalan Menteri Supeno dan masih terhubung dengan jalan darat menuju kota Semarang, Jawa Tengah. Jika pengunjung datang dengan kendaraan umum, pengunjung dapat memberitahu pengemudi untuk menuju ke Jalan Menteri Supeno nomor 11.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa langsung menuju ke alamat taman ini tanpa menghalangi jalan. Lokasinya yang strategis tentu memudahkan akses langsung bagi pengunjung.

Untuk mengetahui apakah pengunjung berada di jalur yang benar atau tidak. Pengunjung dapat melihat mural wall yang merupakan bangunan penyambutan untuk menyambut pengunjung.

Setelah melihat mural yang dimaksud, pengunjung pasti sudah sampai di taman. Selain itu, pengunjung dapat bertanya kepada warga sekitar tentang lokasi taman ini.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Grand Indonesia ParkKredit gambar: Google Maps Kayla Zidan Harvie

Untuk bisa menikmati keindahan Taman Indonesia Kaya, pengunjung tidak akan dibebani biaya apapun. Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung adalah untuk keperluan akomodasi.

Karena taman ini masih berada di kawasan perkotaan Semarang, maka biaya akomodasinya pun tidak terlalu mahal. Pengunjung dapat menggunakan jasa angkutan umum seperti bus dengan biaya Rp5.000 saja.

Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan jasa moto taxi online dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000 untuk kendaraan roda dua. Untuk kendaraan roda empat, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp25.000,00 hanya untuk sampai ke taman.

Jika pengunjung tidak ingin menghabiskan lebih banyak untuk akomodasi. Pengunjung dapat memutuskan untuk berjalan kaki dari pusat kota Semarang.

Hal ini dapat dilakukan karena letak taman ini tidak jauh dari pusat kota. Dan juga karena taman ini berada di jalan utama, sehingga mudah ditemukan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kaya Indonesia Park

Aktivitas di Taman Kaya IndonesiaKredit gambar: Google Maps Hadi Lestiyono

1. Manfaatkan panggung budaya

Di Taman Indonesia Kaya, pengunjung dapat menikmati pemandangan budaya yang ditawarkan oleh pemerintah kota Semarang. Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan wayang pada hari-hari tertentu.

Panggung teater di tempat ini tidak selalu tersedia. Jadi pengunjung harus memastikan jadwal panggung teater agar tidak ketinggalan momen seru tersebut.

Seni pertunjukan biasanya menampilkan tokoh pewayangan dari daerah Jawa. Dan terkadang akan ditampilkan kesenian tradisional seperti menari, jarang kepang, dan juga reog Ponorogo.

2. Manfaatkan lampu taman

Bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari segala aktivitas sehari-hari, tempat ini cocok untuk pengunjung. Karena taman ini buka 24 jam sehari sepanjang hari.

Selain itu, lampu taman yang mengelilingi taman ini sangat indah dari sore hingga malam hari. Pengunjung dapat merenungkan remang-remang dan lampu berkelap-kelip di sekitarnya.

Pengunjung juga bisa bersantai sejenak sambil menikmati secangkir kopi atau jajanan yang dibawa pengunjung. Pastikan sampah yang dimiliki pengunjung dibuang pada tempatnya.

3. Nikmati air mancurnya

Lampu-lampu di antara air mancur yang mengalir bebas tentu bisa membuat siapa pun terpana. Pengunjung dapat menikmati cahaya air mancur di malam hari.

Taman Indonesia Kaya juga terkenal dengan air mancur warna-warni yang menghiasi beberapa sudut taman. Pengunjung tidak akan menyesal melihat kerlap-kerlip lampu air mancur.

Pengunjung juga bisa melepas lelah dengan bersantai di sekitar air mancur. Karena di area sekitar air mancur terdapat beberapa kursi dan tempat untuk pengunjung.

4. Ambil foto Ria

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung di Taman Indonesia Kaya adalah berfoto. Banyak spot foto estetis tersedia di taman cantik ini.

Pengunjung bisa berfoto bersama orang terkasih di bawah tembok murah. Pengunjung juga bisa berfoto di depan light fountain.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di sekitar panggung teater. Karena area di sekitar panggung dikenal sebagai spot foto yang bagus.

5. Beli makanan ringan

Aktivitas Menarik di Kaya Indonesia ParkKredit gambar: Google Maps qwek kweq

Karena berada di tengah kota Semarang, yang membuat area sekitar taman penuh dengan penjaga toko. Bagi pengunjung yang ingin menikmati cita rasa masakan lokal, ini adalah tempat yang tepat.

Karena taman ini buka 24 jam sehari, maka banyak pedagang yang berkerumun di sekitar taman. Tujuannya tak lain untuk menjajakan dagangannya.

Pengunjung bisa menikmati cita rasa lokal dan jajanan khas Kota Semarang di sini. Harga yang ditawarkan pedagang sama dengan harga makanan lain di daerah yang sama.

6. Bersepeda di sekitar taman

Di kawasan sekitar Taman Indonesia Kaya, banyak warga sekitar yang menawarkan jasa berupa persewaan sepeda. Pengunjung dapat menyewa sepeda dari penduduk setempat dengan tarif per penggunaan atau per jam.

Pengunjung dapat menikmati keindahan taman sekaligus kota Semarang dengan mengendarai sepeda. Pengunjung juga dapat menikmati visual lampu kota yang menerangi lingkungan sekitar.

Selain itu, pengunjung juga bisa sekaligus berolahraga dengan bersepeda. Fasilitas ini pasti tidak ditemukan di banyak taman, dan itu mungkin menjadi pembeda untuk taman ini.

7. Lari

Selain bersepeda, pengunjung juga dapat menikmati olahraga lari di sekitar taman. Pengunjung hanya perlu membawa perlengkapan pribadi untuk bisa berolahraga di sini.

Ada beberapa fasilitas yang disediakan Pemkot Semarang untuk pengunjung. Salah satunya adalah lintasan lari yang bisa diikuti pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di area taman

Fasilitas di Kawasan Taman Indonesia RayaKredit gambar: Google Maps maulana shidiq

Taman ini memiliki banyak fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung ketika datang ke sini. Diantaranya, ketersediaan tempat ibadah, toilet umum, serta beberapa spot untuk berfoto.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan kebersihan taman ini. Pasalnya, Pemerintah Kota Semarang terus menjaga kondisi di sekitar taman agar asri dan asri untuk disaksikan.

Fasilitas lain di taman ini adalah tempat sampah umum, kursi untuk menonton pertunjukan teater, dan lampu taman. Tentu akan sangat disayangkan jika pengunjung tidak memasukkan taman ini sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi.

Inilah rangkuman keindahan, fasilitas, wahana yang tersedia, serta lingkungan sekitar Taman Indonesia Kaya. Sebagai tempat wisata murah 24 jam, pengunjung bisa memanfaatkan taman ini untuk sekedar bersantai atau hang out bersama orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button