Pantai Tirtamaya, destinasi bahari favorit dengan berbagai spot foto unik di Indramayu - WisataHits
wisatahits

Pantai Tirtamaya, destinasi bahari favorit dengan berbagai spot foto unik di Indramayu

Pantai Tirtamaya, destinasi bahari favorit dengan berbagai spot foto unik di Indramayu

Pantai Tirtamaya adalah salah satu tujuannya bahari favorit di Indramayu. Tempat ini memiliki daya tarik yang luar biasa dan fasilitas yang lengkap.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Indonesia memang terkenal dengan jutaan pulau yang terhampar indah di perairannya. Tentunya pulau-pulau ini dikelilingi oleh banyak pantai yang indah dan memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Tirtamaya yang saat ini sedang populer di Indramayu, Jawa Barat.

Terletak di sepanjang pantai utara Jawa Barat, pantai yang memikat ini telah menjadi tujuan favorit wisatawan. Bahkan selalu dibanjiri pengunjung, terutama di akhir pekan dan hari libur. Selain keindahan alamnya, wisata bahari juga menawarkan ragam jalan-jalan yang seru dan tidak membosankan.

Pantai adalah tujuan liburan yang terjangkau dan populer bagi banyak orang. Meski banyak pantai di Indonesia, tentunya tetap memiliki keunikan tersendiri. Begitu juga dengan wisata pantai di Indramayu yang memiliki pesona unik.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Tirtamaya

Objek Wisata Pantai TirtamayaFoto: Google Maps/Hilman Kusmayadi

Pantai yang menjadi kebanggaan penduduk Indramayu ini menawarkan pesona yang khas dan unik. Tempat ini bahkan dikenal sebagai pantai “legendaris” karena selalu ramai pengunjung saat musim liburan.

✦ Tutupan pasir yang khas

Pantai yang berada di kawasan Pantura ini menawarkan ciri khas hamparan pasir berwarna coklat tua dengan kecenderungan kehitaman. Meski begitu, dia tidak menyembunyikan kecantikannya. Bahkan, tampilannya semakin kontras dan menarik dengan birunya laut dan hijaunya pepohonan yang mengelilinginya.

Apalagi ada perpaduan pasir coklat yang indah dan laut biru yang menawan, ditemani deburan ombak yang berkejaran. Tekstur pasirnya juga lembut dan halus sehingga menciptakan kenyamanan untuk berbagai aktivitas pantai, seperti berjalan-jalan santai, berjemur atau bermain pasir.

✦ Dukung rekreasi

Salah satu daya tarik lain yang ditawarkan pantai ini adalah kondisi pasirnya yang landai dan ombak yang relatif kecil. Hal ini memungkinkan untuk berbagai kegiatan rekreasi dan acara hiburan.

Bahkan, jika pengunjung datang pada waktu yang tepat, mereka bisa menemukan berbagai kegiatan seru, seperti acara besar, pesta laut atau nadran, hingga beberapa konser musik.

✦ Spot foto unik dan kekinian

Wisata bahari ini sangat cocok untuk dikunjungi kapan saja, terutama pada pagi atau sore hari. Karena panorama alam yang disuguhkan pada saat-saat seperti itu akan semakin megah dan menakjubkan. Di pagi hari Anda akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbit yang menawan, sedangkan di sore hari Anda bisa melihat pesona sinar senja yang memanjakan mata Anda.

Selain itu, pantai cantik ini juga dilengkapi dengan banyak spot foto dengan konsep unik dan kekinian. Misalnya jembatan kayu panjang, atau tempat bertuliskan “Pantai Tirtamaya”, atau tempat duduk bambu yang terlihat estetis. Tentunya semua spot tersebut bisa dijadikan background foto yang Instagrammable.

✦ Ada museum sejarah

Salah satu daya tarik yang menarik perhatian wisatawan adalah sejarah yang sangat tercermin di pantai ini. Konon, Pantai Tirtamaya menjadi tempat berlabuhnya sosok legendaris, yakni Ki Buyut Tuban, salah satu murid Sunan Bonang. Memang ada makam Ki Buyut Tuban yang letaknya tidak jauh dari pantai.

Serta kapal tua di museum yang akan menjadi miliknya. Namun, museum ini hanya buka pada hari Minggu dan pada hari-hari libur tertentu. Secara umum kawasan ini sering dipadati pengunjung. Selain ingin melihat museum, mereka juga ingin berziarah ke makam Ki Buyut Tuban.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai TirtamayaFoto: Google Maps/Indra Hutagalung

Pantai cantik ini terletak di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Rute dan akses menuju pantai ini sangat mudah untuk dilalui. Di sepanjang jalan juga terdapat rambu-rambu jalan yang mengarah ke pantai. Sehingga dapat memudahkan akses wisatawan menuju pantai.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Selain itu, untuk menikmati pemandangan dan wahana yang tersedia di Pantai Tirtamaya, pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak.

Namun, terdapat perbedaan harga tiket pada hari Minggu atau hari libur yaitu Rp 12.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak.

Selain itu pihak pengelola pantai juga menentukan jam berkunjung yang berlaku dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Kegiatan di Pantai TirtamayaFoto: Google Maps/Syam Kapuk

Selain menawarkan pemandangan yang indah, Pantai Tirtamaya juga menawarkan sejumlah aktivitas seru dan menarik. Dengan demikian, pengunjung akan betah berlama-lama di tempat ini.

1. Bersantai di bawah pohon

Di pinggir Pantai Tirtamaya terdapat sejumlah pepohonan hijau yang menyejukkan dan menciptakan suasana asri. Meski matahari sangat terik, di sana selalu sejuk. Pengunjung dapat bersantai dengan nyaman dengan menggelar tikar di bawah pohon-pohon tersebut sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati aneka jajanan dan makanan khas yang tersedia dari warung sekitar. Nah, momen ini menjadi lebih spesial saat kamu menikmati pemandangan laut biru yang mempesona dan bercengkerama dengan keluarga, teman, atau pasangan.

2. Berlayar dengan perahu kayu di Pantai Tirtamaya

Salah satu aktivitas seru yang wajib Anda coba adalah mengarungi lautan lepas menggunakan perahu kayu. Di sana, terdapat beberapa perahu kayu yang siap menemani wisatawan menyeberangi lautan. Pengunjung bisa menyewa perahu kayu di kawasan ini mulai dari Rp 10.000 per orang.

Saat perahu melaju di air, pengunjung akan disuguhkan pemandangan pantai yang memukau dan mempesona. Pemandangan air biru yang tenang dan suara ombak yang lembut memberikan perasaan santai. Tentunya momen ini akan tetap menjadi kenangan yang tak terlupakan.

3. Bermain air dan berenang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Tirtamaya memiliki permukaan pasir yang landai dan ombak yang relatif kecil. Dengan demikian, sangat aman untuk bermain air atau berenang di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati perasaan menyegarkan dari air laut yang jernih dan menyenangkan.

Bagi yang ingin bersantai sambil berjemur, ada juga pantai berpasir lembut yang luas untuk berjemur atau membangun pasir. Pengunjung dapat menikmati panorama pantai dengan birunya air laut di depan mata ditambah dengan deretan pepohonan hijau yang memberikan kesan lebih alami.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai TirtamayaFoto: Google Maps/Aan Smile

Wisata favorit Indramayu ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga menyediakan fasilitas yang lengkap bagi pengunjung untuk menikmati liburan yang nyaman dan tenang.

Tempat ini dilengkapi dengan tempat parkir mobil yang luas, toilet umum dan mushola. Selain itu, berbagai warung makan tersedia bagi wisatawan yang ingin menikmati alam sambil mencicipi kuliner khas. Pengunjung juga bisa menemukan berbagai pilihan akomodasi di sekitar pantai untuk menginap selama berlibur.

Sampai saat ini Pantai Tirtamaya masih menjadi idola masyarakat Indramayu dan sekitarnya untuk wisata. Selain akses yang mudah dan pemandangan yang indah, pantai terkenal ini juga menawarkan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan untuk dilakukan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button