Pantai Tanjung Setia Lampung, pantai yang indah dan ombak yang menjadi incaran para peselancar - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Setia Lampung, pantai yang indah dan ombak yang menjadi incaran para peselancar

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Tanjung Setia salah satu pantai terbaik di Lampung Barat. Pantai ini populer karena ombaknya yang cocok untuk aktivitas selancar dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp 8.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjung Setia, Kec. Pantai Barat, Kab. Lampung Barat, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tanjung Setia yang indah tentu akan memikat para peselancar dari wilayah Lampung pulau Sumatera. Mungkin Anda mengira hanya pulau Bali yang memiliki banyak pesona pantai yang menakjubkan.

Tanjung Setia berada di jalur arus Samudera Hindia yang membuat ombak di pantai ini stabil dan cocok untuk berselancar. Pantai ini dikenal oleh para peselancar yang mengejar ombak di seluruh dunia. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sungguh mempesona setiap pasang mata yang melihatnya.

Meskipun banyak peselancar yang mengetahui pantai ini, namun pantai ini masih tergolong pantai tersembunyi atau hidden gems. Karena jaraknya yang jauh dari pusat kota dan jarang orang tahu tentang pantai sejuta keindahan ini. Sehingga pantai ini selalu memiliki suasana yang asri dan tenang.

Atraksi Pantai Tanjung Setia

Aktivitas di Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Ardhito Putra

1. Ombak yang cocok untuk berselancar

Ombak yang dimiliki pantai sangat cocok untuk peselancar yang mencari ombak yang sulit ditaklukkan. Untuk itu para peselancar pasti sudah mengetahui indahnya ombak pantai ini dan bercita-cita untuk pergi ke pantai Tanjung Setia untuk bisa merasakan deburan ombaknya.

Pantai ini memiliki ombak yang tak kalah menawan di mata para peselancar dengan ombak di Bali. Hanya saja masih sedikit peselancar yang datang ke sini padahal sudah mengetahui keindahan panorama dan keunikan ombak di pantai ini.

2. Pemandangan matahari terbenam

Seperti pantai lainnya, Tanjung Setia memiliki tempat untuk melihat matahari terbenam. Pantai ini memiliki tempat untuk melihat matahari terbenam yang tidak boleh Anda lewatkan, keindahan matahari terbenam di sore hari. Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari. Dua hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi pantai ini.

3. Permata Tersembunyi

Pantai ini masih sedikit dikunjungi wisatawan, hanya sedikit yang dikunjungi pengunjung dan peselancar yang ingin menaklukkan ombak. Oleh karena itu, pantai ini selalu memiliki suasana yang tenang dan bersih. Bagi Anda yang mencari ketenangan dari segala aktivitas sehari-hari atau hiruk pikuk kota.

Anda bisa bersantai di pantai ini sambil menikmati panorama alam atau menyusuri pantai. Pantai indah alami yang masih terjaga seperti ini jarang ditemui, sebenarnya pantai ini berpotensi untuk semakin dikenal masyarakat. Bagi Anda yang mencari tempat wisata untuk menenangkan diri dan menyejukkan diri, pantai ini wajib masuk daftar keinginan dan kunjungan Anda.

Pantai Lampung tidak kalah menawan dari pantai Bali. Hal ini terjadi karena masih kurangnya upaya untuk memperkenalkan atau mempromosikan pantai ini kepada masyarakat luas.

4. Panorama alam yang indah

Objek Wisata Pantai Tanjung SetiaKredit Gambar: Petualang Amatir Google Maps

Panorama pantai Tanjung Setia sangat indah, dimulai dengan ombak yang menjadi incaran banyak peselancar. Keindahan pantainya sendiri dengan pasir putih dan air laut yang jernih juga akan membuat Anda ingin berlama-lama di pantai ini.

5. Cocok untuk memancing

Karena memiliki jalur arus Samudera Hindia, pantai ini cocok bagi anda yang hobi memancing. Penduduk setempat juga biasanya memancing di sekitar pantai, blue marlin adalah salah satu ikan yang biasa ditangkap oleh para pemancing. Warga setempat menyebutnya ikan dengan ikan Iwa Tuhuk.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Tanjung Setia

Alamat Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Nursito Anton

Pantai indah ini terletak di dekat Taman Bukit Barisan Selatan. Khususnya di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat. Pantai ini berjarak sekitar 273 km dari pusat kota Bandar Lampung dan memakan waktu tempuh 6-7 jam.

Jika anda dari Bandar Radin Inten II, langsung menuju terminal Rajabasa di Bandar Lampung, pilih bus Krui Putra menuju pantai Tanjung Setia. Anda akan melewati Jalan Raya Trans Sumatera dalam perjalanan yang akan disuguhkan kepada Anda banyak pemandangan alam yang menarik.

Untuk biaya di lokasi ini Anda akan dikenakan biaya Rp 8.000, namun biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi siapkan uang lebih dengan mengunjungi pantai indah di Lampung ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Tanjung Setia

Aktivitas seru di Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Pantai Barat

1. Pantai impian para peselancar

Dengan lokasinya yang dekat dengan Samudera Hindia, pantai ini merupakan jenis ombak yang menjadi incaran para peselancar. Terkadang ketinggian ombak bisa mencapai 7-10 meter dengan panjang hingga 200 meter.

Hal ini membuat banyak orang yang mengatakan bahwa pantai ini memiliki ombak terbaik di Lampung bahkan ada yang mengatakan sebagai ombak terbaik di dunia. Karena keunikannya, pantai ini akan digunakan pada tahun 2021 sebagai tempat penyelenggaraan Krui Pro International Surfing Championship 2021.

Ada bagian spot surfing dan memiliki ketinggian yang berbeda-beda, berikut beberapa bagian tempat surfing:

  • Tepi Bocor atau Karang Nimbor

Ombak di sini mirip dengan yang ada di Uluwatu, Bali, yang memiliki ombak tinggi dan panjang.

Peselancar menyebutnya Pipeline sementara nelayan lokal menyebutnya iblis yang sebenarnya. Bagian ini memiliki ombak yang ganas dan menjadi spot favorit para peselancar.

Bagian ini memiliki ombak yang sangat bagus, menyenangkan untuk berselancar di bagian ini karena Anda juga dapat menikmati keindahan pantai Tanjung Setia.

2. Snorkeling

Bagi yang memiliki hobi snorkeling di pantai ini, Anda juga akan menghabiskan waktu untuk melakukan hobi yang Anda sukai ini. Pantai ini memiliki keindahan dasar laut yang bisa Anda jelajahi dan kagumi.

3. Menikmati keindahan matahari terbenam

Menikmati keindahan dan suasana dari sunset hingga senja bisa menjadi pilihan aktivitas Anda, sambil bersantai di pantai. Momen ini juga bisa Anda abadikan sebagai kenangan yang akan membuat Anda kembali lagi ke pantai ini.

4. Bola voli pantai bersama teman

Bermain voli pantai di sekitar pantai juga bisa menjadi pilihan aktivitas Anda untuk mengisi waktu. Ngobrol dengan teman, saudara dan keluarga sambil bermain bersama akan memberikan kenangan indah dan mengingatkan Anda akan pantai itu.

5. Belajar berselancar

Aktivitas di Seru Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Abdul Sujadi

Bagi anda yang ingin belajar surfing, anda bisa mencoba belajar di pantai ini, tentunya anda harus menyewa pemandu untuk mengajar. Ombak di pantai ini juga cocok untuk anda yang sedang belajar surfing, akan memberikan pengalaman baru bagi anda.

6. Bersantai di tepi pantai

Suasana pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan cocok bagi anda yang ingin liburan pantai namun tidak ingin bertemu banyak orang. Atau anda yang menginginkan suasana pantai yang tenang tanpa hiruk pikuk orang, Pantai Tanjung Setia sangat cocok.

Untuk bersantai, Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil mencicipi hidangan lokal atau menikmati indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

7. Memancing

Pantai ini memiliki kehidupan bawah laut yang menjadi rumah bagi banyak ikan, cocok untuk anda yang memiliki hobi memancing. Karena aktivitas ini bisa dilakukan di sini, banyak juga orang yang memancing sehingga Anda bisa mengobrol dan menciptakan suasana yang hangat.

Penginapan murah terdekat dengan pantai Tanjung Setia

Akomodasi di Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Frianti hartono

1. Lovina Krui Surf

Hotel ini terletak di pantai selatan, pantai ini memiliki akses dekat dengan fasilitas umum. Hotel ini menawarkan banyak fasilitas dengan harga yang terjangkau. Fasilitas yang Anda manfaatkan antara lain transfer bandara, transportasi ke zona hotel, kolam renang, rental mobil, laundry, dll.

2. BeOcean Krui

Villa ini menawarkan banyak fasilitas yang nantinya bisa Anda dapatkan jika menginap di sini. Fasilitas yang Anda manfaatkan seperti restoran dengan makanan lezat, wifi di tempat umum, AC, kolam renang. Vila ini juga dekat dengan pantai Walur dan Bukit Selalau.

3. Penginapan Pantai Matahari Terbenam

Bagi Anda yang backpacker, hotel ini akan cocok, karena hotel ini mengutamakan kenyamanan Anda dan akan menawarkan banyak fasilitas. Hotel ini juga menawarkan fasilitas lengkap bahkan fasilitas selancar pun tersedia di sini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Tanjung Setia

Fasilitas Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Fafa Faqih

Fasilitas di pantai ini cukup memadai seperti akomodasi, persewaan papan selancar, toilet dan masih banyak fasilitas lainnya. Namun, sebagian pengunjung masih menyayangkan akses pantai tersebut. Akses yang perlu ditingkatkan, agar setiap pengunjung yang datang tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukan perjalanan.

Ada banyak surga wisata tersembunyi di Indonesia yang menyimpan sejuta keindahan alam yang akan membuat kita takjub, termasuk Pantai Tanjung Setia di Lampung Barat. Mari kita jelajahi banyak tempat di negara ini untuk menemukan dan memelihara tempat yang indah seperti ini. Sehingga bisa dilihat dan dirasakan oleh orang lain atau mungkin anak cucu kita kelak di kemudian hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button