Pantai Balongan Indah, destinasi wisata pantai favorit di Indramayu - WisataHits
wisatahits

Pantai Balongan Indah, destinasi wisata pantai favorit di Indramayu

Pantai Balongan Indah, destinasi wisata pantai favorit di Indramayu
Harga tiket: Rp 7.500 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Kota Indramayu memiliki banyak destinasi wisata yang Instagrammable. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Indramayu adalah Pantai Balongan Indah. Pantai utara yang terkenal dengan ombaknya yang tenang dan lembut menjadi pilihan yang tepat untuk liburan keluarga.

Pantai indah ini memiliki nama lain Pantai Bali. Kata Bali sendiri berarti Balongan Indah. Hamparan pasir yang luas dan banyaknya pepohonan rindang di sekitar pantai menambah kenyamanan wisatawan yang hanya ingin duduk santai menikmati pesona pantai yang indah.

Maka dari itu sangat menarik untuk mengetahui salah satu rekomendasi wisata favorit Indramayu diantara sekian banyak pilihan wisata lainnya di kota ini. Tidak ada salahnya untuk melihat-lihat keindahan pantai Bali ini bersama orang tersayang.

Atraksi Indah yang Ditawarkan Pantai Balongan

Daya pikat Pantai Balongan memang memukauFoto: Google Maps Iqbal_ Serenade13

✦ Pemandangan indah

Keindahan pantai dengan bebatuan di tepiannya untuk memecah ombak dan menghindari abrasi, serta hembusan angin yang kencang dengan suara ombak yang tidak terlalu besar, menjadi perpaduan indah yang menyejukkan pikiran. Buat diri Anda merasa lebih rileks dan tenang menikmati keindahan pemandangan pantai eksotis ini.

Tak jauh dari sana, sejauh mata memandang, Anda akan menemukan perahu nelayan yang terparkir rapi. Pemandangan yang tidak akan Anda temukan di pusat kota yang padat penduduk.

✦Spot Selfie Hits

Buat kamu yang berjiwa muda, jangan khawatir tidak akan mendapatkan potret selfie keren di sini karena banyak spot foto yang bisa kamu jadikan spot foto kekinian.

Salah satu yang menarik dari destinasi wisata ini adalah prasasti Bali Balongan Indah yang berwarna-warni dan bisa dijadikan spot foto sebagai oleh-oleh jika sudah berkunjung ke sini.

Jika anda ingin berfoto dengan suasana yang lebih bagus, lebih baik datang pada pagi hari karena pantai masih agak sepi dan anda juga bisa melihat matahari terbit atau bisa juga sore hari saat matahari terbenam. Suasana senja akan membuat hasil foto Anda semakin indah dan estetik.

✦ Taman bermain

Bukan hanya keindahan pantai yang menjadi karakter utama dari destinasi wisata Pantai Balongan Indah. Namun di sini juga tersedia arena bermain untuk anak-anak. Jika Anda berlibur bersama anak-anak, Anda bisa mengajak anak-anak Anda bermain di arena bermain yang telah disediakan. Tentunya akan menambah keceriaan mereka saat berlibur.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Balongan IndahFoto: Google Maps Robi Maulana

Pantai ini terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tepatnya di kecamatan Balongan. Jika diukur dari pusat kota Indramayu, pantai ini berjarak 10 km. Bisa dibilang lumayan dekat, apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang menggunakan mobil atau motor dari arah Indramayu Square hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Jaraknya sekitar 9 km.

Anda tidak perlu tersesat untuk menuju ke lokasi, apalagi sekarang sudah ada aplikasi Google Maps yang bisa mengantarkan Anda ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Tiket masuk tempat wisata Pantai Balongan Indah dibandrol dengan harga Rp 7.500 untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak hanya Rp 5.000. Sedangkan untuk biaya parkir disesuaikan dengan jenis kendaraan yang digunakan.

Untuk kendaraan roda 4 dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 dan untuk kendaraan roda 2 dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Tarif flatnya cukup terjangkau bukan?

Destinasi wisata ini buka 24 jam sehari. Dengan demikian, wisatawan dapat berkunjung setiap hari karena tidak ada hari libur. Namun sangat disarankan untuk datang saat matahari masih terlihat karena keindahan pantai tidak bisa dinikmati pada malam hari.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Harga tiket masuk Wisata Pantai Balongan IndahFoto: Google Maps Okke Julianto

1. Berenang

Salah satu kegiatan yang menyenangkan saat berlibur ke pantai adalah berenang. Bagi Anda yang ingin berenang, Anda harus menyiapkan perlengkapan pribadi dari rumah. Di sini Anda juga bisa menyewa pelampung atau ban untuk berenang. Harga sewa ban rata-rata Rp 5.000 dan bisa digunakan sepuasnya.

Jika mengajak anak berenang, awasi dan pantau terus aktivitasnya selama berenang, meski ombak di laut relatif lambat, namun keselamatan selalu diutamakan. Ingatlah untuk memperhatikan rambu-rambu yang menunjukkan bahwa Anda berada di pantai Balongan Indah, jangan melewati batas keamanan yang ditentukan oleh pihak agen.

Setelah selesai berenang, Anda bisa membilas diri dengan air bilasan yang telah disediakan untuk Anda. Namun akan ada biaya tambahan jika menggunakan toilet yaitu untuk buang air kecil dikenakan tarif Rp 1000, buang air besar Rp 3000 dan menyiram Rp 3000.

2. Berjemur

Kegiatan ini lebih menyenangkan jika dilakukan di pagi hari. Berjemur di pantai cantik ini sambil menggelar tikar atau kasur menjadi nikmat saat matahari mulai meninggi. Suhu pagi yang masih hangat tentu sangat kondusif untuk berjemur.

Anda bisa datang saat masih pagi agar panas matahari tetap nyaman saat menerpa kulit. Namun, berjemur di siang hari tidak dianjurkan karena paparan sinar UV dapat merusak kulit.

Jika panas terik, alangkah baiknya jika Anda mencari tempat berteduh sambil menikmati es krim kelapa.

3. Mainkan banana boat

Bagi Anda yang menyukai aktivitas menantang, Pantai Balongan Indah juga menawarkan permainan perahu babana. Anda bisa memainkan wahana ini bersama teman atau keluarga. Jangan khawatir karena kendaraan ini sudah pasti aman karena ada juga jaket pelampung untuk menjaga keselamatan wisatawan.

4. Main air dan pasir

Anda tidak merasa nyaman jika mengunjungi pantai, tetapi tidak merasakan dinginnya air laut yang menerpa kulit Anda. Anda bisa berjalan-jalan di tepi pantai untuk menikmati deburan ombak ringan menuju pantai.

Anda juga bisa bermain pasir, seperti membangun istana pasir atau menulis di atas pasir pantai, seperti yang banyak dilakukan anak muda saat ini. Kegiatan sederhana yang bisa menambah keseruan berlibur.

5. Tempat bermain anak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat wisata ini menawarkan arena bermain untuk anak-anak. Seperti ayunan, jungkat-jungkit dan tempat bermain lainnya untuk anak-anak yang tentunya bebas untuk dimainkan dan gratis.

Permainan seperti odong-odong dan kereta mini juga tersedia di kawasan Pantai Balongan Indah. Namun, akan ada biaya tambahan jika Anda ingin menggunakan kendaraan ini. Biayanya tentu murah dan tidak akan menguras kantong Anda.

6. Santai

Sekedar duduk santai di pinggir pantai sambil menikmati udara dan suara deburan ombak juga menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk melepas penat. Di sini juga tersedia gubuk-gubuk yang disediakan oleh para pedagang. Anda juga bisa menyewa tikar dengan biaya sewa sekitar Rp 5.000.

Jika ingin bersantai gratis, Anda bisa menggunakan kamar yang disediakan pengelola. Di sana Anda bisa bersantai dengan bebas tanpa biaya tambahan. Anda juga bisa menyewa kamar ini jika ada acara atau acara yang ingin diadakan di pantai ini.

7. Perjalanan dengan perahu

Menyetir perahu sambil menikmati udara dan deburan ombak pantai juga menjadi salah satu aktivitas menarik yang patut Anda coba saat berkunjung ke Pantai Balongan Indah. Anda bisa menikmati indahnya panorama laut lepas, jika beruntung juga bisa melihat ikan berenang di laut.

8. Menikmati sunset dan sunrise

Daya tarik utama dari pantai ini adalah Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit. Panorama pantai yang berbaur dengan keindahan matahari terbit atau terbenam akan memukau setiap orang saat melihatnya.

Tidak jarang banyak wisatawan yang singgah ke sini untuk menyaksikan keindahan sunset di sore hari. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan keindahannya.

9. Piknik

Piknik di pantai bersama keluarga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Anda bisa membawa makanan dari rumah untuk dimakan bersama sambil menikmati keindahan pantai. Yang harus Anda lakukan hanyalah menggelar karpet di tempat teduh sambil menikmati persediaan Anda.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area pantai Balongan Indah BeachFoto: Google Maps/Ardi Art

Fasilitas penunjang di Pantai Balongan Indah cukup lengkap seperti toilet umum dan kamar mandi yang sangat penting bagi wisatawan yang ingin berkumur setelah berenang di pantai. Bagi Anda yang beragama Islam, disediakan juga mushola dengan perlengkapan sholat yang lengkap jika Anda lupa membawa perlengkapan sendiri.

Lahan parkir di pantai ini cukup luas. Sehingga menjadi salah satu kenyamanan saat berkunjung ke pantai indah ini karena anda tidak perlu lagi pusing mencari tempat parkir kendaraan anda. Selain itu, destinasi wisata ini juga menawarkan penginapan jika ingin berlibur lebih lama di sini.

Juga jangan khawatir jika ingin membeli makanan karena tersedia banyak warung makan. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat tempat untuk bilas setelah berenang di pantai.

Inilah review Pantai Balongan Indah di Indramayu yang sesuai dengan namanya menawarkan pemandangan yang indah. Nah, buat kamu yang masih bingung mencari wisata bertema air, pantai ini adalah pilihan yang tepat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button