Pantai Jungwok, surga laut tersembunyi di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Jungwok, surga laut tersembunyi di Gunung Kidul Jogja

Pantai Jungwok merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul Yogyakarta yang patut untuk dijelajahi karena keindahannya. Pantai berpasir putih yang sepi dihiasi dengan terumbu karang yang merusak tampilan dan pesona pulau karang kecil di dekat pantai.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Nama Pantai Jungwok mungkin tidak begitu asing bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, tidak seperti Pantai Parangtritis yang sangat terkenal. Namun jangan salah, pantai ini juga menawarkan daya tarik yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta.

Gunung Kidul memang sudah dikenal sebagai surganya pantai-pantai indah nan eksotis di Yogyakarta. Jika Anda ingin menjelajahi pantai dengan pesona yang mempesona, Gunung Kidul adalah tempatnya.

Selain pantai yang sudah dikenal sebelumnya seperti Pantai Siung, Pantai Indrayanti atau Pantai Baron, Gunung Kidul masih memiliki banyak pantai indah yang sedikit diketahui wisatawan. Salah satunya adalah pantai yang bernama Jungwok.

Atraksi Pantai Jungwok

Atraksi milik Pantai JungwokKredit Gambar: Instagram Ivo Guntay

Tidak banyak dikunjungi wisatawan bukan berarti Pantai Jungwok tidak menarik. Justru pantai inilah yang memiliki beragam atraksi yang membuatnya kemudian dikenal wisatawan. Berikut adalah beberapa atraksi yang akan membuat Anda tidak sabar untuk menjelajahi lebih banyak pantai ini.

1. Garis pantai melengkung dengan pasir putih bersih

Pantai pasir putihnya pasti akan menarik siapa saja untuk datang. Inilah yang terdapat di pantai di kawasan Gunung Kidul. Pantainya selalu bersih, sehingga Anda bisa menikmati pasir putih pantai di bawah terik matahari.

Selain itu, garis pantai yang melengkung juga menjadi daya tarik lainnya. Pantainya tidak begitu luas, namun bentuknya yang melengkung membuat pantai ini sangat eksotis.

2. Tiga sungai air tawar yang membelah pantai

Inilah daya tarik selanjutnya yang tidak ditemukan di pantai-pantai lain di kawasan Gunung Kidul. Di pantai ini terdapat tiga sungai air tawar yang mengalir ke laut, jika dilihat dari ketiga aliran tersebut memberikan kesan bahwa aliran tersebut membelah pantai menjadi tiga bagian. Perpaduan air tawar dan air asin menjadi daya tarik fenomena pantai ini.

3. Pulau kecil di tengah laut

Di Pantai Jungwok kamu bisa melihat sebuah pulau kecil yang terbentang di tengah laut, pulau ini memang tidak berpenghuni, namun warna hijau yang membentang di tengah lautan biru jelas merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan. .

4. Bebatuan besar di tengah dan sekitar laut

Atraksi Pantai JungwokKredit gambar: Facebook Pastor Martinus Suhartomo

Daya tarik lain yang bisa Anda nikmati di pantai ini adalah adanya batu karang besar di tengah laut yang biasa digunakan oleh warga sekitar atau pengunjung untuk memancing.

Selain bebatuan besar di tengah laut, juga terdapat hamparan karang yang tersebar di sepanjang pantai. Hamparan karang ini terlihat saat air laut surut. Pada saat ini, Anda juga dapat menemukan berbagai hewan laut yang terjebak di antara karang saat air pasang.

5. Air laut yang jernih dan bersih

Anda tidak akan menyesal menghabiskan waktu di pantai ini. Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi adalah air lautnya yang selalu bersih dan jernih. Tidak hanya pantainya yang selalu bersih, air laut di pantai ini juga masih terjaga. Air jernih yang dibingkai pasir putih tentu menjadi kombinasi yang memukau.

Air lautnya berwarna biru cerah yang berkilauan dan memantulkan sinar matahari di siang hari. Pandangan ini membuatnya sangat jelas sehingga Anda bahkan dapat melihat dasarnya di area yang dangkal.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket masuk

Alamat Pantai JungwokFoto oleh Google Maps Thiyan

Sebelum mengunjungi dan menjelajahi Pantai Jungwok lebih dalam, ada baiknya Anda mengetahui alamat lokasi dan rute menuju pantai tersebut. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, sekitar 85 km dengan waktu tempuh normal sekitar 2,5 jam dengan kendaraan bermotor.

Lokasinya berada di Desa Jepitu yang termasuk dalam Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi dapat diakses menggunakan kendaraan bermotor. Aksesnya juga cukup baik, meski beberapa kilometer sebelum mencapai pantai harus melalui jalan tanah berbatu.

Sedangkan untuk rutenya, dari Yogyakarta bisa melalui Jalan Bausasran lalu langsung menuju SMAN 8 Yogyakarta. Setelah melewati PLN Yogyakarta ini, ikuti Jalan Nasional III. Kemudian ikuti Jalan Yogyakarta lalu Wonosari lalu lewati Jalan Kiyai Legi. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke Jalan Pantai Selatan. Dari sana Anda harus mengambil Jalan Wediombo untuk sampai ke pantai Jungwok.

Anda bahkan bisa sampai di sana menggunakan transportasi umum. Dari Terminal Giwangan, Anda bisa memilih kendaraan yang menuju ke Desa Jepitu. Setelah dari desa Jepitu, Anda bisa langsung menyewa ojek untuk menuju pantai.

Pantai yang indah ini merupakan kawasan yang sedikit dikenal sehingga pemeliharaannya masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Untuk dapat memasuki kawasan pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Harga tersebut bahkan sudah termasuk harga tiket masuk kawasan pantai Wediombo.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri, Anda akan dikenakan biaya parkir. Harga parkirnya juga sangat terjangkau, untuk motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai Jungwok

Aktivitas di Pantai JungwokKredit Gambar: Instagram Explore Jogja

Hanya dengan melihat atraksi yang ditawarkan, Anda sudah bisa membayangkan aktivitas menarik dan menyenangkan apa yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Agar liburan Anda semakin berkesan, beberapa aktivitas menarik dan menyenangkan bisa dinikmati di Pantai Jungwok, antara lain:

1. Bersantai dan nikmati pemandangan pantai

Jika Anda masih lelah setelah menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke pantai ini, aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah bersantai dan menikmati pemandangan yang menanti Anda. Hamparan laut biru jernih yang dibingkai pantai berpasir putih dijamin memanjakan mata.

2. Berkemah di Pantai Jungwok

Salah satu kegiatan menarik dan seru yang banyak dipilih pengunjung untuk datang ke pantai ini adalah berkemah. Lokasinya yang nyaman, tenang, namun relatif tenang pasti menjadi pertimbangan jika berkemah di sini.

Ada beberapa spot yang menjadi favorit pengunjung untuk camping. Salah satunya ada di Bukit Manjung yang terletak di sisi kanan pantai. Banyak pengunjung memilih untuk mendirikan tenda di atas bukit ini.

Tempat ini dijadikan sebagai tempat camping favorit karena pemandangan laut dan pantai dari atas lebih menakjubkan. Belum lagi di pagi hari, pemandangan pertama yang bisa dinikmati adalah pemandangan matahari terbit yang luar biasa indah.

3. Berenang dan bermain air di pantai

Aktivitas Menarik di Pantai JungwokKredit Gambar: Facebook Kota Jogja

Air laut Pantai Jungwok yang biru jernih pasti sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menghabiskan waktu bermain air atau berenang di pantai, di bagian yang tidak terlalu dalam.

Menariknya, saat air surut setelah air pasang, bermain air di hamparan karang di tepi pantai menjadi kegiatan yang menarik dan tentunya menyenangkan. Anda dapat melihat berbagai spesies laut yang terperangkap di antara karang saat air pasang.

4. Snorkeling di pantai lain

Disinggung sedikit sebelumnya bahwa pantai ini terletak tidak jauh dari beberapa pantai lain dengan atraksi yang berbeda. Selain pantai Wediombo, ada juga pantai Nglambor yang tidak jauh dari pantai cantik ini.

Di Pantai Nglambor, Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling dan menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Karena lokasinya yang tidak jauh, kamu bisa sekaligus menikmati aktivitas ini selama liburan di Pantai Jungwok.

Penginapan murah dekat lokasi

Akomodasi di Pantai JungwokKredit gambar: Google Maps Rochmat Purwanto

Meski di pantai yang terletak di Gunung Kidul ini Anda bisa mendirikan tenda dan camping, namun banyak wisatawan yang memilih bermalam di hostel. Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa hostel di dekat Pantai Jungwok yang bisa Anda nikmati.

1. Lembah Bukit Hut

Penginapan pertama yang bisa menjadi pilihan adalah Pondok Bukit Lembah. Tempat ini adalah hostel kelas satu yang terletak tidak jauh dari pantai Wediombo. Harga menginap per malamnya sangat terjangkau, mulai dari 50-200 ribu per malam.

Fasilitas yang disediakan juga cukup nyaman. Dengan tarif ini Anda dapat menginap di kamar dengan tempat tidur dan kasur, kamar mandi pribadi, dan kipas angin di dalam kamar.

2. Pondok Joglo Wedi Ombo

Hostel ini terletak tidak jauh dari pantai Wediombo yang otomatis juga tidak jauh dari tempat-tempat wisata tepi laut. Jaraknya hanya 18 menit jalan kaki. Perlengkapan yang ditawarkan cukup lengkap dengan harga yang sedikit mahal.

3. Akomodasi & Restoran ROOSYTA

Hostel ini juga terletak tidak jauh dari pantai. Tarif menginap masih relatif terjangkau dengan perlengkapan yang lengkap dan nyaman. Menariknya, Anda bisa melakukan pemesanan melalui berbagai aplikasi pemesanan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Jungwok Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Pantai JungwokKredit gambar: Google Maps Siti Khomsatun

Fasilitas umum merupakan hal lain yang perlu diperhatikan sebelum datang ke suatu objek wisata. Tak perlu khawatir, meski dijalankan secara mandiri, fasilitas pendukung di Pantai Jungwok cukup lengkap.

1. Toilet

Fasilitas utama yang pasti dicari adalah toilet dan kamar mandi. Keduanya tersedia di area pantai untuk Anda gunakan. Fasilitas ini juga dijamin bersih dengan air bersih untuk mencuci badan.

2. Masjid

Ada juga mushola yang terletak di area pantai. Masjid yang dijamin bersih dengan perlengkapan sholat lengkap tersedia disini. Untuk berwudhu tidak perlu khawatir karena air yang digunakan dijamin bersih.

3. Parkir mobil

Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi tidak perlu bingung dengan penempatan kendaraannya. Tersedia tempat parkir yang cukup luas di kawasan pantai ini. Untuk menggunakan fasilitas ini, Anda harus membayar tarif parkir yang berbeda untuk sepeda motor dan mobil.

4. Tempat makan

Fasilitas terakhir adalah fasilitas kuliner yang tersedia di area pantai. Warung dan rumah makan dengan menu khas Yogyakarta dan harga yang terjangkau bisa menjadi pilihan untuk mengisi perut saat berkunjung ke sini.

Nah, itulah ulasan lengkap yang bisa menjadi referensi sebelum mengunjungi Pantai Jungwok di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan referensi ini Anda akan mengetahui atraksi dan aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button