Keliling dunia tanpa harus ke luar negeri, hanya di Kota Madiun! - WisataHits
Jawa Tengah

Keliling dunia tanpa harus ke luar negeri, hanya di Kota Madiun!

Kota Madiun

Libur Natal dan Tahun Baru 2023 semakin dekat. Impian untuk mengunjungi berbagai negara di dunia menjadi kenyataan dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Datang saja ke Kota Madiun untuk menikmati ikon 4 negara dunia secara gratis. Ingin tahu?

Kota Madiun telah menyulap kawasan Sungai Sumber Umis yang melintasi Jalan Pahlawan menjadi kumpulan miniatur ikon dari beberapa negara di dunia. Saat ini terdapat empat ikon nasional yang dibangun di kawasan Sungai Sumber Umis yang terbentang sekitar 1 km.

Berikut empat ikon 4 negara yang dibangun oleh Kota Madiun:

1. Patung Merlion Singapura

Jika Anda melintasi Jalan Pahlawan Kota Madiun, Anda pasti akan menemukan bangunan patung setinggi sekitar 7 meter dengan air mancur. Ya, bangunan berwarna putih tersebut adalah Patung Merlion, mirip dengan ikon di Singapura. Patung ini diresmikan oleh walikota kota Madiun Maidi pada 30 Desember 2020.

Berdasarkan informasi dari Pemkot Madiun, akan ada wisata arung jeram di bawah patung Merlion.

Arung jeram dimulai dari Jalan Pahlawan dan berjalan sekitar 1 km di bawah patung ke Jalan Pandan. Sumber air untuk rafting ini berasal dari mata air patung Merlion yang menyemburkan air dan mengalir ke sungai Madiun putra Bengawan Solo.

ikon wisata dunia di kota madiunIkon wisata dunia Patung Merlion di kota Madiun Foto: Sugeng Harianto

2. Miniatur Pusat Religi Pahlawan Ka’bah (PRC)

Pusat Pahlawan Agama (PRC) seluas kurang lebih 300 meter persegi lengkap dengan miniatur bangunan Kabah berukuran kurang lebih 4 kali 4 meter. Ka’bah yang tingginya sekitar 4 meter ini terletak di sisi barat Jalan Pahlawan atau berhadapan dengan Patung Merlion Singapura.

Jarak bangunan miniatur Ka’bah, sekitar 50 meter dari Jalan Pahlawan, sangat mirip dengan Ka’bah di Mekkah. Kemiripan miniatur Ka’bah juga dilengkapi dengan miniatur Hajar Aswad.

Walikota Madiun meresmikan miniatur Ka’bah yang mengubah bangunan Musala pada 27 Oktober 2022 dengan tambahan ornamen berupa dua buah selaput lipat atau payung raksasa seperti di Masjid Nabawi. Juga replika Maqam Ibrahim.

Bangunan musala mirip Ka’bah yang menjadi pusat kawasan ini benar-benar menyedot perhatian pengunjung. Halamannya yang luas dilengkapi payung seperti di Masjid Nabawi membuat nuansanya menyerupai Mekkah dan Madinah.

Tiang-tiang putih dengan campuran emas yang melapisi jalan menuju replika Ka’bah sangat menarik untuk dijadikan spot foto seolah-olah sedang berada di Masjid Nabawi.

Selain digunakan untuk trekking rekreasi dan wisata religi, kawasan ini juga dapat digunakan sebagai pelatihan manasik haji dan umrah bagi calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah haji. Anak-anak juga dapat diajari prosedur ritual untuk mempelajari konsep luar ruangan.

Ikon dari 4 negara menjadi wisata baru di Kota MadiunReplika Ka’bah di wisata baru kota Madiun. (Foto: Sugeng Harianto/detik Jawa Timur)

3. Menara Eiffel

Miniatur Menara Eiffel, juga dibangun di atas Sungai Sumber Umis, berdiri sekitar 30 meter di sebelah timur miniatur Ka’bah. Mirip dengan Menara Eiffel di Paris, Menara Eiffel menjulang setinggi sekitar enam meter.

Berbeda dengan patung miniatur Merlion dan Ka’bah yang dikelilingi halaman luas, 4 tiang kokoh Menara Eiffel terbentang di atas sungai dengan lebar sekitar 3 meter. Pengunjung bisa melihat jernihnya air Sungai Sumber Umis di bawah Menara Eiffel.

Ikon dari 4 negara menjadi wisata baru di Kota MadiunMenara Eiffel di kota Madiun. (Foto: Sugeng Harianto/detik Jawa Timur)

Kampung Eropa dan keterangan Walikota Madiun. Baca di halaman berikutnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button