Pantai Tanjung Setia, pantai yang indah untuk menikmati sunset dan sunrise di Lampung - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Setia, pantai yang indah untuk menikmati sunset dan sunrise di Lampung

Harga tiket: Rp 8.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Lintas Sumatera Barat, Jalan Jambu, Kec. Pantai Selatan, Kab. Pantai Selatan, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Destinasi Pantai Tanjung Setia populer di kalangan masyarakat khususnya para peselancar. Tempat ini dikenal sebagai tempat selancar terbaik dan berstandar internasional. Tak terhitung banyaknya turis dari seluruh dunia yang menghabiskan liburan mereka di pantai selatan ini. Hal ini dikarenakan tempat tersebut masih alami dan jarang ditemukan di tempat lain.

Ada banyak pemandangan alam yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama. Anda akan melihat ombak dengan panjang sekitar 200 meter yang mampu menyejukkan mata. Saat air laut sedang tinggi, Anda bisa melihat bebatuan karang di sekitar pantai yang berwarna hitam. Oleh karena itu, bagi Anda yang berjalan-jalan di kawasan tersebut pada siang hari sebaiknya menggunakan sepatu.

Pada tahun 2018, situs ini juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kejuaraan selancar internasional yang diikuti oleh 17 negara. Konon Pantai Tanjung Setia hanya dikunjungi segelintir orang karena minimnya fasilitas. Namun seiring berjalannya waktu, pengelola mendekorasinya seperti ini, menambahkan berbagai bangunan untuk menarik pengunjung.

Atraksi Pantai Tanjung Setia

Aktivitas di Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Hanif Asyhar

Meski pada hari biasa, Pantai Tanjung Setia tidak seramai pantai lainnya, wisata ini memiliki banyak keunikan. Pelanggan yang datang akan dibuat takjub setelah melihat atraksi di dalamnya.

1. Tempat menikmati matahari terbit dan terbenam

Panorama alam yang mengelilinginya menjadikan destinasi ini sebagai tempat yang ideal untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Saat pagi menjelang, wisatawan bisa melihat matahari terbit dari ufuk timur perlahan menyinari pantai. Udara pada jam-jam tersebut masih segar untuk dihirup dan baik untuk kesehatan Anda. Anda bisa menikmatinya dengan duduk di gazebo atau langsung di atas pasir pantai.

Sedangkan pada sore hari menjelang malam, akan ada pemandangan matahari terbenam yang menanti para pelancong. Langit yang berubah menjadi jingga sering ditangkap oleh potret kamera. Nuansa alam inilah yang membuat wisatawan rindu berwisata saat pulang kampung.

2. Punya banyak spot foto

Menghabiskan liburan di pantai Tanjung Setia akan menimbulkan kenikmatan tersendiri karena di kawasan tersebut terdapat banyak spot foto yang menarik. Dari pohon palem, air laut yang jernih dan gazebo bisa dijadikan sebagai background estetis. Tak sedikit traveler yang memotret pemandangan alam ini secara keseluruhan. Mengabadikan momen ini memang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung.

3. Dilengkapi dengan berbagai panorama alam

Wisata ini memiliki banyak sekali keindahan alam yang menawan. Dari air lautnya yang biru jernih akan terlihat saat pertama kali masuk ke lokasi. Suara deru ombak seakan menenangkan pikiran. Pohon-pohon palem tampak mengelilinginya dan bisa digunakan untuk beristirahat.

Pasir putihnya yang halus juga melengkapi panorama alam destinasi yang warnanya selaras dengan air lautnya.Di gerbang masuk, wisatawan akan melihat sebuah pintu bertuliskan nama pantai yang menyerupai bentuk ‘perahu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Egi Ramdhani

Tempat liburan Pantai Tanjung Setia terletak di Jl. Lintas Sumatera Barat, Way Jambu, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Akses jalan mudah dilintasi kendaraan pribadi atau angkutan umum karena aspalnya sudah mulus. Jika Anda berangkat dari arah Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, dibutuhkan waktu 30 menit.

Pengunjung juga bisa naik bus dari terminal Rajabasa untuk sampai ke kota Bandar Lampung dalam waktu sekitar 5 jam. Biasanya akan ada tiket bus sebesar Rp 50.000 per orang. Setelah sampai di pusat kota, akan ada angkutan atau ojek yang akan mengantar wisatawan ke pantai. Namun jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa berwisata dengan budget Rp100.000 per orang.

Selama perjalanan, wisatawan akan melewati Jl. Trans Lintas Barat kemudian dilanjutkan menuju Kabupaten Tanggamus. Rute ini termasuk jalur cepat, karena jika melewati kota Liwa masih membutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk sampai. Meski lokasinya cukup terpencil, namun setiap hari banyak orang yang datang ingin berlibur ke pantai dengan mengajak sanak saudara.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Mufazzal Arkan Defa

Sebelum memasuki kawasan Pantai Tanjung Setia, pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket yang ditawarkan sangat murah, hanya Rp 8.000 per orang, dewasa dan anak-anak. Harga ini berlaku selama seminggu serta Sabtu dan Minggu. Namun terkadang saat hari libur besar harga bisa berubah, untuk lebih pasti silahkan konfirmasi terlebih dahulu.

Tak hanya itu, khusus bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa meletakkannya di area parkir. Akan ada biaya tiket sebesar Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Semua biaya tersebut sangat terjangkau dan cocok sebagai destinasi keluarga.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Tanjung Setia

Aktivitas di Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Hanif Asyhar

1. Berselancar

Pantai ini terkenal dengan aktivitas ombaknya yang ideal untuk berselancar. Memang ombak pantai ini bisa mencapai ketinggian 6 hingga 7 meter. Ada 3 spot terbaik untuk surfing, yaitu way jambu, jimmy dan coral nimbor. Cuaca relatif stabil untuk melakukan ini, biasanya antara bulan Mei hingga September.

2. Menangkap ikan

Aktivitas lain yang banyak dilakukan saat mengunjungi Pantai Tanjung Setia adalah memancing. Pengunjung akan menemukan banyak pohon palem yang sering digunakan untuk memancing. Salah satu jenis ikan yang paling terkenal adalah ikan laut biru. Disarankan untuk membawa alat pancing sendiri dari rumah karena di kawasan wisata tidak ada persewaan.

3. Perkemahan

Berkemah atau camping merupakan kegiatan yang menyenangkan saat liburan pantai. Wisatawan dapat membawa tenda, kasur, dan lampu sendiri. Pada hari Sabtu, Anda akan melihat tua dan muda mendirikan tenda di pantai. Pada malam hari, beberapa api unggun ringan, menambah suasana pantai yang nyaman.

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Anggi Yuhista

4. Bermain voli pantai

Bola voli adalah salah satu hal yang paling seru untuk dimainkan ketika Anda pergi ke Tanjung Setia. Pasir putih halus dapat digunakan sebagai tempat berlangsungnya permainan ini, pemain akan berlomba memukul bola dengan tangan untuk memasuki zona lawan. Kegiatan ini dapat dilakukan pada siang hari atau pada malam hari untuk bersantai.

5. Berjemur

Saat cuaca cerah dengan sinar matahari yang tidak terlalu menyengat banyak digunakan untuk berjemur. Sangat baik untuk kesehatan kulit karena akan mendapatkan vitamin D. Pengunjung bisa melakukannya di sekitar area pasir atau di kursi pantai. Anda akan merasakan hangatnya sinar matahari yang diselingi dengan suasana yang sejuk.

6. Snorkeling

Keindahan bawah laut yang menawan membuat pengunjung ingin melihat lebih dekat. Sebelum snorkeling, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu perlengkapannya, seperti jaket pelampung, baju renang, dan penutup wajah. Kehidupan laut akan terlihat warna-warni yang indah menghiasi area di bawah pantai. Wisatawan bisa melakukannya di siang hari karena keindahannya akan terlihat jelas.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Google Maps Sumatra Surf Resort

1. Resor Selancar Sumatera

Resor ini memiliki pemandangan yang indah karena langsung menghadap ke laut, dengan desain atap menyerupai rumah tradisional Sumatera yang dilengkapi dengan tangga sebelum menuju pintu kamar tidur. Terdapat teras dan kursi-kursi yang ditata apik bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pantai sambil duduk santai. Fasilitas kolam renang juga tersedia di luar ruangan yang dikelilingi oleh pohon kelapa.

2. Hotel Tantra Krui

Salah satu hotel yang paling dekat dengan pantai Tanjung Setia adalah Tantra dengan pelayanan yang baik. Interiornya dilengkapi dengan AC, TV kabel, taman, restoran, dan kamar mandi pribadi. Hotel ini memiliki bagian penerima tamu 24 jam dan sarapan prasmanan disajikan setiap pagi. Harganya berkisar Rp 105.000 saja dengan pilihan kamar yang disediakan.

3. Lovina Krui Surf

Hostel Lovina cukup unik karena bangunannya berbentuk segitiga. Staf sangat ramah saat menyambut dan melayani pelanggan yang datang. Fasilitas seperti wifi gratis, parkir gratis dan layanan laundry tersedia di sini. Pengunjung bandara dapat menyewa layanan antar-jemput yang disediakan oleh Lovina.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Tanjung SetiaKredit gambar: Twitter detikTravel

Terdaftar sebagai tempat wisata populer, Pantai Tanjung Setia memiliki fasilitas yang lengkap. Ada banyak tempat untuk bersantai berupa kursi plastik dan gazebo kayu. Wisatawan bisa menggunakannya secara gratis ditemani suara deburan ombak dan semilir angin. Di setiap sudut area juga terdapat kamar mandi umum bagi yang ingin mandi.

Selain itu, demi menjaga kebersihan sekitar, petugas menyediakan tong sampah di sepanjang pantai. Ada prasasti untuk tidak membuang agar tamu yang datang tidak mencemari lokasi. Ada juga warung yang menjual makanan dan minuman mulai dari Rp 10.000. Oleh karena itu, Anda yang sedang berlibur tidak perlu takut kelaparan.

Bagi pengunjung yang ingin beribadah bisa naik ke warung saudagar. Hal ini dikarenakan masjid atau tempat ibadah lainnya tidak dibangun oleh pengelola setempat. Tidak jauh dari pintu masuk, wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi bisa memarkirnya di tempat parkir yang cukup luas.

Demikian ulasan mengenai destinasi Pantai Tanjung Setia, mulai dari daya tariknya hingga fasilitas pendukungnya. Saat ke sini, jangan lupa ajak keluarga atau orang-orang tersayang agar liburan semakin seru. Siapkan tenaga, budget yang cukup dan beberapa benda yang akan digunakan selama beraktivitas di pantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button