10 foto Wisata Alam Kalibiru Jogja, harga tiket, wahana, fasilitas, dll. - WisataHits
wisatahits

10 foto Wisata Alam Kalibiru Jogja, harga tiket, wahana, fasilitas, dll.

Berkunjung ke Kalibiru Jogja – Jogja, kota sejuta cerita lucu. Jogja memiliki sejuta pesona yang tidak akan pernah habis. Jogja sangat kaya, kaya akan budaya, pendidikan, gastronomi, tempat-tempat indah dengan objek wisata yang terkenal di dunia.

Ada banyak tempat wisata di Yogyakarta yang wajib kita kunjungi. Wisata Kalibiru Kulon Progo merupakan salah satu yang sedang booming belakangan ini karena kelebihan keuntungan. Hingga saat ini, Kulon Progo mungkin belum begitu terkenal dengan tempat wisatanya.

Terima kasih kepada seorang seniman,Unduh foto saat liburan di tempat wisata Kalibiru Jogja Di akun Instagram pribadinya, objek wisata Kalibiru Kulon Progo kini menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Selain karena keindahan alamnya yang menawan, juga karena berbagai fasilitas yang telah disediakan.

Kali ini Wisataseru.com akan mengajak anda untuk menghabiskan liburan di tempat wisata alam kalibiru jogja yang sayang untuk dilewatkan.

Desa Wisata Kalibiru Jogja dan Hutan

Hutan Kalibiru terletak di kawasan Perbukitan Menoreh. Karena terletak di daerah perbukitan di ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut, kawasan Kalibiru Kulon Progo memiliki udara yang sejuk dan sejuk karena belum tercemar polusi udara.

Hutan milik pemerintah ini kini dikelola oleh masyarakat sekitar dan dijadikan sebagai objek wisata alam dan kunjungan edukasi. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan tempat wisata alam Kalianget Kulon Progo, anda harus mempersiapkan tubuh terlebih dahulu. Karena tidak lengkap jika ke Kalibiru tidak mencoba jalur trekking.

Lokasi Obyek Wisata Alam Kalibiru Jogja

Lokasi tempat wisata alam kalibiru ini berada di desa hargowilis kecamatan kokap kabupaten kulonprogo. Hutan wisata ini hanya berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Jogja. Tempat wisata ini dekat dengan Waduk Sermo. Karena jalur yang akan kita lalui menanjak, kami sarankan menggunakan kendaraan cc besar.

Lokasi tepatnya, Hutan Kalibiru berada di Jl. Sermo-Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Desa Wisata KalibiruDesa Wisata Kalibiru

Jalan Menuju Wisata Alam Kalibiru Jogja

Untuk sampai ke sana, perjalanan akan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam dari kota Jogja atau sekitar 45 km. Berikut beberapa rute yang bisa Anda ambil untuk menuju Kalibiru Kulon Progo:

Rute Sermo ke Kalibiru Kulon Progo

Rute pertama merupakan rute favorit yang sering ditempuh wisatawan yang datang, yaitu rute Sermo. Jalur ini menjadi favorit karena wisatawan juga bisa melihat pemandangan Bendungan Sermo yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Rute Sermo dari Jogja lebih cepat dicapai melalui Sentolo – Pengasih – Alun-Alun Wates – Rumah Sakit Wates – Beji – Sermo – Kalibiru. Tipsnya dari kota Jogja, setelah melewati jembatan Bantar (3 jembatan panjang berturut-turut), sekitar 3 km ada stasiun Sentolo, ikuti rambu ke kanan ke Pengasih – Wates.

Jalan dari Clereng ke Kalibiru Kulon Progo

Selain jalan Sermo, Anda juga bisa melewati jalur Clereng untuk menuju Kalibitu. Rute ini relatif lebih mudah dan cepat karena jalan yang kita lalui tidak seberat rute Sermo.

Untuk jalur yang kita ambil dari kota Jogja ambil jalur yang sama dengan Sentolo – Pengasih, bedanya saat sampai di perempatan ambil arah kanan menuju Clereng – Kalibiru. Berhati-hatilah untuk tidak pergi terlalu jauh.

Saat tiba di pasar (kecil) Clereng, sekitar 300 meter, ada jembatan di tikungan. Setelah jembatan, pada jarak sekitar 20 meter, ada tanda kecil yang memberi petunjuk (petunjuk) untuk berbelok ke kiri menuju Kalibiru.

Oleh sydney

Wisatawan juga bisa melalui Malioboro, lalu ambil jalur yang menuju ke Purworejo, selanjutnya tinggal mengikuti jalan menuju terminal Wates. Setibanya di terminal, carilah rambu atau rambu yang mengarah ke Waduk Sermo. Kemudian ikuti rute seperti di atas.

Harga tiket masuk Kalibiru Jogja

Untuk bisa menikmati fasilitas dan jalan-jalan di hutan Kalibiru Kulon Progo ini, kita harus membayar tiket masuk untuk hari libur saja (Weekend), Rp 10.000/orang; Hari biasa (weekdays), Rp 5.000/orang dan Rp 2.000 untuk parkir motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Obyek Wisata Alam Kalibiru Jogja

Berbagai fasilitas penunjang liburan seru ada di sini, antara lain parkir yang cukup luas, warung makan, toilet, penginapan, homestay, bumi perkemahan, dan fasilitas check-out.

Untuk menikmati pemandangan dengan tempat terbaik, kita harus menaiki menara observasi di atas pohon. setiap pengunjung yang ingin berfoto di lokasi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati pengunjung adalah pos pengamatan di berbagai lokasi untuk menikmati pemandangan utama menghadap Waduk Sermo. Di pagi hari wisatawan bisa melihat Sermo yang diselimuti kabut, sedangkan saat senja pemandangan sunset di sebelah barat akan menjadi penutup hari yang sempurna.

Ada 6 homestay atau pondok wisata di sini dan masing-masing bisa menampung 10-15 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per malam untuk cottage. Oleh karena itu, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul, kumpul-kumpul bahkan retret.

Fasilitas lain seperti chalet dan paviliun juga tersedia untuk disewa. dengan asumsi harga cottage sekitar Rp 120-125 ribu. Paviliun Rp 150 ribu, makan Rp 10 ribu/sekali makan

Gardu Pandang Wisata Kalibiru KulonprogoGardu Pandang Wisata Kalibiru Kulonprogo

Kuliner Enak di Obyek Wisata Kalibiru Jogja

Jika Anda berlibur ke Kalibiru Kulon Progo, Anda tidak perlu khawatir kelaparan karena sudah banyak penjaja makanan ringan maupun berat yang bisa Anda santap.

Di sekitar objek wisata Kalibiru, sudah ada warung-warung yang didesain seperti kafe yang terletak di pintu masuk setelah tempat parkir, warung lesehan yang terletak di turunan setelah sudut pandang pertama di atas bukit, dan sepanjang 50 meter Anda dapat dengan mudah menemukan penjual jajanan sayur. dan nasi, lauk pauk dan Mie Ayam Pangsit. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau.

Foto-foto aktivitas seru di Kalibiru Jogja

Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam Kalibiru Kulon Progo:

Wisata Alam Kalibiru KulonprogoWisata Alam Kalibiru Kulonprogo
Obyek Wisata Alam Kalibiru KulonprogoObyek Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo
Wisata Alam KalibiruWisata Alam Kalibiru

olahraga rubah terbang

Tidak ada salahnya untuk menguji adrenalin anda disini, silahkan dicoba rubah terbang, dengan pilihan 50 yard dan 85 yard. Untuk seluncuran, wisatawan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 5 ribu untuk anak-anak. Saat ini fasilitas flying fox hanya bisa dibuka setiap hari Minggu mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

rubah terbang rubah terbang

kegiatan mendaki

Aktivitas trekking merupakan salah satu aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan, berbagai rute dan medan ditawarkan di sini, ada yang 1,5 km, 3 km, 5 km, dan 7 km. Khusus untuk lintasan 7 km, Waduk Sremo bisa dilihat dari dekat.

Saat mendaki di perjalanan, Anda bisa melihat berbagai satwa langka seperti elang jawa, ayam alang-alang, landak, babi hutan, bahkan harimau jawa dan macan kumbang kapan saja.

Aktivitas Hiking di KalibiruAktivitas Mendaki di Kalibiru

Jembatan Tali Kalibiru

Jalan kaki lain yang bisa dicoba, yaitu jembatan tali.

Jembatan Monyet Kalibiru JogjaJembatan Tali Kalibiru

Akomodasi di sekitar Kalibiru Jogja

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu menikmati sunset sambil menginap di kawasan dan di sekitar lokasi juga tersedia losmen dan homestay yang dikelola oleh warga sekitar. Harga homestay, menurut salah satu satpam yang dihubungi pemerintah sekitar Rp 250.000.

Hubungi manajer

Untuk informasi lebih jelas dan lengkap sebaiknya menghubungi pihak pengelola khususnya bagi anda yang akan menginap silahkan hubungi Parjan di nomor handphone 081392023122.

Penutupan

Bagaimana? Anda tertarik untuk menghabiskan liburan bersama orang tersayang di tempat wisata alam Kalibiru Jogja? Juga jangan lewatkan: 41 tempat makan enak di jogja.

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button