Pantai Tanjung Pakis, pantai cantik dengan tempat outing seru di Karawang - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Pakis, pantai cantik dengan tempat outing seru di Karawang

Pantai Tanjung Pakis, pantai cantik dengan tempat outing seru di Karawang

Pantai Tanjung Pakis merupakan pantai yang wajib dikunjungi karena keindahan alamnya dan banyaknya aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan bersama keluarga.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Tanjung Pakis, Kec. Pakistan, Kab. Karawang, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Tanjung Pakis merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan lokal pada saat liburan atau akhir pekan. Pantai cantik ini menjadi tujuan wisata di tengah kota industri, yakni Karawang.

Meski berada di kota industri yang banyak terdapat pabrik-pabrik besar, Pantai Tanjung Pakis merupakan pantai yang indah dan bersih sehingga wajib dikunjungi saat berkunjung ke Karawang. Pantai indah ini terletak di kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang.

Untuk mencapai pantai ini, wisatawan harus menempuh jarak 68 km dari pusat kota Kabupaten Karawang. Meski cukup terpencil, wisatawan tidak akan kecewa saat tiba di pantai ini. Pantai ini memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa Anda coba untuk melepas penat setelah bekerja atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Tanjung Pakis

Objek Wisata Pantai Tanjung Pakis KarawangFoto: Google Maps/Firman Sucipto

Beberapa tempat wisata yang bisa dinikmati akan dibahas secara detail pada artikel ini.

✦ Udara bersih

Di pantai ini, wisatawan dapat menghirup udara yang bersih dan segar meski berada di kawasan yang terkenal dengan industrinya. Jadi jika ingin menghilangkan penat sejenak, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Jika wisatawan yang tinggal di sekitar Karawang dan membutuhkan udara bersih dan segar, mereka bisa datang ke sini di pagi hari karena wisatawan yang datang masih sedikit dan polusi udaranya masih rendah.

✦ Pasir pantai yang indah

Pantai ini bukanlah pantai berpasir putih, melainkan berpasir hitam kecoklatan. Terlepas dari segalanya, pasir pantai ini sangat indah, terutama saat terkena matahari terbit atau terbenam.

Pasir pantai yang bersih dan bebas sampah juga menjadi daya tarik tersendiri, meski pantai ini berada di kawasan industri. Sehingga, pantai berpasir menawan ini tidak kalah dengan pantai pasir putih.

✦ Gelombang tenang

Pantai ini memungkinkan wisatawan untuk menghabiskan waktu bermain ombak karena ombaknya relatif tenang sehingga aman. Di sini Anda bisa bermain ombak sambil menjelajahi semua yang ada di sepanjang pantai.

Jika wisatawan membawa anak-anak, dapat diinformasikan bahwa bermain dengan ombak yang lembut adalah kegiatan yang menyenangkan dan menyenangkan. Untuk anak bersantai sambil bermain dan menyatu dengan alam.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Tanjung Pakis KarawangFoto: Google Maps/Saya membuat Suryadi

Untuk mengikuti Wisata Pantai Tanjung Pakis, ada beberapa rute perjalanan yang bisa ditempuh. Rute pertama dimulai dari Cibitung, artinya Anda bisa menempuh rute sepanjang kecamatan Babelan, Bekasi, Jawa Barat. Jalur kedua yang bisa ditempuh adalah underpass sebelum masuk Tol Karang Barat.

Jalur ketiga melewati Bekasi, namun jalur ini kondisinya kurang baik sehingga cukup sulit. Sehingga, lebih disarankan untuk melewati dua jalur pertama demi keselamatan selama perjalanan. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dalam kondisi sempurna tanpa merasakan lelahnya perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Untuk menikmati berbagai atraksi pantai yang mempesona ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek cukup dalam, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Jika membawa sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 5.000 dan jika membawa mobil dikenakan biaya parkir Rp 10.000. Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru Pantai Tanjung Pakis KarawangFoto: Google Maps/John Gunawan

Selain menikmati atraksi Pantai Tanjung Pakis, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik agar liburan menjadi lebih bermakna dan menjadi kenangan indah bersama teman atau keluarga.

1. Tempat Keluar

Tempat pertama yang menjadi daya tarik dari pantai menawan ini adalah area keluarnya. Pengelola pantai menyediakan tempat keluar ini di dermaga kayu dekat pantai. Inilah kelebihan Pantai Tanjung Pakis dibanding pantai lainnya.

Jika Anda membawa anak-anak maka tempat wisata ini wajib dikunjungi karena mereka dapat melatih keterampilan motorik sambil menikmati keindahan alam pantai ini. Melatih sensor motorik sejak dini, terutama di lingkungan alam, akan meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi anak.

2. Naik banana boat

Sementara anak-anak menikmati tee spot, orang dewasa dapat menikmati wahana banana boat yang memacu adrenalin. Namun, Anda hanya bisa menikmati wahana ini jika datang dalam rombongan. Banana boat disewakan dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang tergantung lama permainan.

Wisatawan dan keluarga dapat menikmati adrenalin saat kapal tunda menarik banana boat di atas ombak. Saat dikendarai dengan kecepatan tinggi, Anda pasti akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Namun, sangat penting bagi wisatawan untuk menggunakan peralatan keselamatan seperti jaket pelampung dan memahami instruksi yang diberikan pemandu sebelum menaiki banana boat.

3. Naik perahu nelayan

Jika ingin pemandangan atau pengalaman di laut yang lebih syahdu, Anda bisa mencoba menaiki perahu milik nelayan setempat. Pengalaman baru ini hanya bisa dinikmati saat berkunjung ke Pantai Tanjung Pakis. Perahu ini biasa digunakan para pemancing untuk menangkap ikan di Pantai Tanjung Pakis.

Namun saat ini banyak juga wisatawan yang menyewanya untuk menikmati pemandangan laut dari sudut yang berbeda. Biaya yang harus dikeluarkan untuk naik perahu nelayan ini sangat terjangkau. Wisatawan cukup membayar pajak sekitar Rp 50.000. Dengan biaya tersebut, sudah termasuk menaiki perahu nelayan yang berdurasi 30 hingga 45 menit.

Demi keselamatan, sebelum menaiki perahu nelayan, wisatawan harus memakai jaket pelampung yang disediakan oleh nelayan dan memahami cara naik dan turun perahu.

4. Penyewaan perahu karet

Jika ingin menambah keseruan saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan bisa menyewa perahu karet. Mengendarai sampan sambil bermain di tengah ombak merupakan pengalaman seru yang patut untuk dicoba.

Perahu karet yang disewakan tersedia dalam berbagai ukuran. Dari yang kecil agar bisa digunakan dengan mudah oleh anak-anak, hingga yang berukuran besar sehingga bisa digunakan oleh orang dewasa.

5. Warung makan ikan bakar

Setelah lelah menikmati semua wahana di Pantai Tanjung Pakis, jika lapar dan ingin segera mengisi perut yang keroncongan, apalagi tidak membawa bekal makanan atau minuman sama sekali, tidak perlu khawatir dan mencari stand makanan. Karena di sepanjang pantai ini banyak terdapat warung makan yang menawarkan menu seafood dan ikan bakar.

Harga menu yang ditawarkan juga cukup terjangkau, sekitar Rp 90.000 untuk dua orang. Menu seafood dan ikan bakar yang disajikan tentunya selalu sangat segar sehingga nikmat disantap saat perut lapar. Ditambah lagi, kamu juga bisa menikmati makanan sambil diterpa angin khas pantai.

6. Beli oleh-oleh ikan asin

Usai menikmati semua aktivitas, jangan lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh ikan asin khas pantai ini. Ikan asin yang dijual biasanya masih segar, sehingga sangat enak disantap dengan nasi panas.

Banyak warung di sepanjang pantai yang menjual ikan asin sebagai oleh-oleh atau oleh-oleh khas pantai ini. Tentunya harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Tidak ada salahnya membeli ikan asin sebagai oleh-oleh.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Tanjung Pakis KarawangFoto: Google Maps/Herman Jaya Saputra

Jika berkunjung ke pantai ini, wisatawan akan menemukan fasilitas yang sangat memadai sehingga tidak perlu khawatir dan repot sendiri, apalagi jika membawa anak-anak. Fasilitas merupakan salah satu keunggulan dari pantai ini.

Ada toilet dan kamar mandi di sini jika Anda ingin membersihkan diri dari pasir atau setelah berenang di pantai. Ada juga fasilitas lain seperti mushola dan parkir yang cukup luas. Tempat parkir mobil yang luas memungkinkan untuk menampung banyak kendaraan bahkan selama musim liburan.

Menghabiskan liburan dan akhir pekan di Pantai Tanjung Pakis bisa membuat liburan Anda semakin berkesan. Jangan lupa ajak seluruh keluarga untuk menghabiskan waktu bersama di pantai Tanjung Pakis yang menawan ini akan semakin menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button