Pantai Sundak, Destinasi Pantai Eksotis di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Sundak, Destinasi Pantai Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Sundak merupakan salah satu tempat wisata eksotis di Gunung Kidul Yogyakarta yang layak untuk dieksplor keindahan alamnya. Pantai yang terletak di dekat Pantai Indrayanti ini menawarkan pemandangan yang indah, pasir putih yang lembut dan tempat wisata kuliner.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Sundak adalah salah satu pantai berpasir di Gunung Kidul yang sangat populer di daerah istimewa provinsi Yogyakarta. Memang banyak pantai yang berjejer seolah-olah mengitari wilayah selatan pulau Jawa. Jika Anda menyusuri jalan tepi pantai selatan, maka akan mudah menemukan destinasi wisata yang indah dengan ciri khasnya masing-masing.

Objek ini sendiri juga cukup indah untuk dikunjungi oleh siapa saja yang berencana atau menghabiskan waktu di sana. Lokasinya dekat dengan salah satu pantai terkenal disana. Batu raksasa adalah penghalang alami yang memisahkan tujuan dari objek yang terletak di sebelahnya.

Selain karang yang banyak ditemukan di sepanjang tepian Pantai Sundak, ada juga fenomena unik yang cukup jarang ditemukan di tempat lain yang sejenis. Keberadaan sungai yang akan muncul pada beberapa waktu dalam setahun menjadi alasan utama mengapa banyak pengunjung datang ke sini. Beberapa fasilitas juga tersedia untuk menunjang berbagai aktivitas pengunjung yang datang ke sini.

Atraksi Pantai Sundak

Atraksi Pantai SundakKredit gambar: Twitter itulah hidup

Beberapa hal yang dapat ditemukan di Pantai Sundak menjadi alasan mengapa sedikit wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya. Hamparan pasir putihnya tampak berpadu serasi dengan kejernihan air laut yang mengelilingi lokasi. Keberadaannya yang tidak sulit dijangkau oleh pengunjung juga menjadi salah satu faktornya.

1. Pasir putih lembut

Pasir di pantai ini cukup lembut untuk menyentuh kulit wisatawan. Warna pasirnya yang tidak gelap dan terlihat cerah membuat pemandangan yang disajikan semakin mempesona. Pengunjung bisa bermain pasir yang bentuknya bermacam-macam atau sekedar melempar pasir.

Anda tetap harus mewaspadai keberadaan karang yang kerap mengganggu. Memang banyak kerikil yang cukup tajam dan berserakan seolah bersembunyi di hamparan pasir. Disarankan agar pengunjung yang ingin menjelajahi seluruh area menggunakan alas kaki untuk melindungi diri dari bahaya ini.

2. Air lautnya jernih

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke pantai tapi tidak mencoba air laut yang menerpa daratan. Meski ombak di sini cukup besar, bukan berarti wisatawan tidak bisa menikmati pemandangan. Potret yang dihasilkan dari deburan ombak besar air laut menjadi tampilan yang unik untuk dinikmati.

Air di sana cukup sejuk jika menyentuh kulit, terutama kaki yang sering terkena deburan ombak yang menerjang pantai Sundak. Wisatawan tidak akan kecewa dengan air laut di sana meski tidak bisa menjelajah lebih jauh seperti di tempat lain.

3. Batu karang yang mengelilingi pantai

Seperti diketahui, saat berkunjung ke Pantai Sundak, Anda akan menemukan banyak bebatuan berserakan. Tidak hanya di sepanjang bibir daratan yang berbatasan langsung dengan laut, namun terdapat karang yang sangat besar di pinggirnya. Hal inilah yang membedakan objek tersebut dengan pantai Indrayati yang sudah dikenal masyarakat luas.

Di atas batu kapur besar, ada terowongan yang membentuk gua kecil. Ini adalah salah satu hal yang bisa dinikmati di sana, meski hanya sebagai backdrop berbagai potret foto. Dilihat dari jauh dan dari sisi kanan, keseluruhan batu terlihat seperti payung pada pandangan pertama.

Di karang-karang kecil juga terdapat fauna laut kecil. Ada juga bulu babi yang memiliki duri yang cukup tajam, jadi siapapun yang datang ke sana harus berhati-hati. Jika beruntung, Anda bisa menemukan bintang laut yang tersembunyi di balik bebatuan.

4. Muara sungai yang unik saat musim hujan

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai SundakKredit Gambar: Pencarian Facebook Indonesia

Setiap musim, aliran air dari beberapa sungai di hulu menjadi semakin penting. Ini meledakkan aliran air dan memaksa pembentukan muara yang mengalir langsung ke laut.

Adanya fenomena ini menjadi daya tarik tersendiri Pantai Sundak karena seolah-olah arus membelah pantai menjadi dua bagian. Makanya, sebagian orang menyebut destinasi ini Pantai Wedibedah. Namun, saat musim kemarau mendekat, muara akan menghilang dan area berpasir akan kembali seperti semula.

5. Suasana asri dan teduh di pantai

Sisi lain dari pantai adalah bahwa ada banyak pohon yang tumbuh di pantai hanya melewati area pasir. Hal ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan karena membuat suasana disana teduh dan sedikit kurang hangat dibandingkan dengan tempat lain pada umumnya.

Apalagi keberadaan pepohonan ini juga menjadi salah satu objek yang membuat foto yang diambil dengan kamera semakin indah. Tempat ini juga menjadi pilihan untuk menikmati suasana pantai yang nyaman dan melihat berbagai hal, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Sundak

Alamat Pantai SundakKredit gambar: Google Maps berjalan di sekitar Chanel

Lokasi destinasi yang tepat berada di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di kawasan Tepus. Ada beberapa pantai yang menjadi bagian dari wilayah Sidoharjo. Tempat ini tepat di sebelah pantai Indrayati. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus melintasi berbagai jalan yang berkelok-kelok.

Rute menuju tempat ini cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengikuti jalan yang sudah sering dilalui orang. Dari pusat kota Jogjakarta, wisatawan harus menuju ke selatan dan melewati Jalan Brigjen Katamso dan menuju ke Jalan Imogiri. Jika Anda sampai di sana, Anda harus mengambil Jalan Raya Panggang Wonosari.

Sesampainya di sana, ditemukan deretan jalan yang membentang seolah menjadi benteng antara daratan dan perairan. Pengunjung cukup melewatinya dan menemukan tanda jalan yang menunjukkan arah menuju lokasi Pantai Sundak.

Total jarak yang harus ditempuh dari pusat provinsi adalah sekitar 60 kilometer. Namun, sesampainya di sana, Anda bisa menjelajahi berbagai hal dan menikmati indahnya angin sepoi-sepoi yang bertiup dari laut.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Sundak Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Sundak GunungKredit gambar: Twitter Fahmi

Untuk dapat mengakses pantai, pengunjung harus membayar biaya. Namun, jangan khawatir karena nominalnya tergolong murah, apalagi dibandingkan dengan keindahan alam dan berbagai hal di dalamnya. Pada hari biasa, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk setiap individu.

Tarif naik Rp 1.000 pada akhir pekan dan hari libur. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi saat datang ke lokasi, Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk roda dua.

Pengunjung yang ingin menikmati tempat tersebut hanya dengan duduk-duduk di tepian Pantai Sundak dapat menyewa beberapa gazebo yang tersedia. Cukup merogoh kocek maksimal Rp 20.000, agar pengunjung bisa menggunakannya sampai puas.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sundak

Aktivitas Pantai SundakKredit gambar: Google Maps Wisatajogja 789

1. Nikmati suasana pantai

Ini adalah hal yang sangat sederhana namun wajib dilakukan saat berkunjung ke Pantai Sundak. Suasana yang disuguhkan oleh tempat tersebut sangat menenangkan dan membuat pikiran menjadi lebih jernih setelah penatnya aktivitas sehari-hari. Itu sebabnya, banyak gazebo yang ditawarkan untuk peminjaman sementara oleh wisatawan.

Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, area yang ditumbuhi pepohonan juga menjadi salah satu poin bagus untuk melakukan kegiatan ini. Pengunjung juga bisa menunggu sambil berharap bisa mengamati proses sunset atau sunrise di pagi hari. Hal ini sangat menyejukkan hati para wisatawan.

2. Bermain pasir dan air

Pasir di sana juga sangat sayang jika tidak dinikmati dengan berbagai hal bersama teman atau kerabat lainnya. Pengunjung bisa menulis sesuatu yang akhirnya bisa difoto sebagai kenang-kenangan. Biasanya pengunjung Pantai Sundak menulis nama atau inisial orang yang mereka cintai dan membuat foto-foto indah dengan pemandangan pantai.

Air laut juga bisa dinikmati oleh pengunjung, meski secara terbatas. Tidak boleh terlalu jauh menyusuri perairan karena ombak lautnya cukup besar. Inilah sebabnya mengapa Anda dapat melihat satu perahu atau orang-orang yang mencoba melaut untuk menangkap ikan di pantai tunggal ini.

Pengunjung bisa menikmati sejuknya air laut hanya dengan merendam kaki di area air laut, selain itu juga bisa untuk bermain adu air, apalagi jika anda mengajak anak-anak kecil saat bersantai di pantai yang indah ini.

3. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Kegiatan ini tentunya menjadi kewajiban tersendiri saat mengunjungi berbagai destinasi wisata termasuk Pantai Sundak. Hal ini karena pantai memberikan pemandangan yang indah dari kombinasi berbagai lanskap. Hamparan area pasir dan air menyatu dengan baik dengan bebatuan besar dan pepohonan yang tumbuh di bawah naungan di pinggiran.

Penginapan murah terdekat dengan pantai sundak

Akomodasi Pantai SundakKredit gambar: Google Maps Philippe Legin

1. Vila & Pondok Radika Paradise

Merupakan salah satu akomodasi yang paling dekat dengan destinasi ini dan menawarkan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp 300.000. Ada jaringan wifi, restoran, kamar ber-AC dan tempat parkir yang memadai untuk semua tamu.

2. Limasan Mbah Darmo

Dengan harga yang lebih murah dari tempat sebelumnya, hostel ini menawarkan para tamunya kamar ber-AC dan berbagai fasilitas lainnya seperti tempat parkir yang luas. Lokasinya hanya sekitar 2 kilometer dari lokasi wisata.

3. Istana Joglo

Tarif malam yang hampir sama dengan venue-venue sebelumnya, hotel ini juga menawarkan berbagai hal yang bisa dinikmati pengunjung, antara lain AC, wifi, dan fasilitas penjemputan di bandara.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sundak Gunung Kidul

Fasilitas Pantai SundakKredit Gambar: Google Maps Wisata Jogja

Beberapa fasilitas disediakan oleh pengelola pantai, salah satunya adalah area parkir yang memadai untuk semua pengunjung. Tidak perlu khawatir untuk beribadah, terutama bagi wisatawan Muslim, karena di sana juga terdapat musholla dan tempat yang didesain khusus untuk salat. Ada juga toilet dan ruang ganti di lokasi.

Berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul memang menjadi tujuan tersendiri bagi orang-orang yang berwisata ke Yogyakarta. Jumlah rentang memang menjadi alasan khusus mengapa mereka melakukan ini. Pantai Sundak adalah salah satu tujuan paling direkomendasikan di wilayah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button