Lubuk Seppit Kancing, surga tersembunyi di Bengkulu Selatan - WisataHits
Jawa Barat

Lubuk Seppit Kancing, surga tersembunyi di Bengkulu Selatan

Lubuk Seppit Kancing, surga tersembunyi di Bengkulu Selatan

BandungKlik – Bagi wisatawan yang suka berpetualang di alam bisa mencoba berkunjung ke Lubuk Sepit Kancing. Berbekal pesona keindahannya, properti “surga tersembunyi” ini kerap disebut sebagai Grand Canyon Kabupaten Bengkulu Selatan.

Destinasi wisata alam ini menawarkan suasana alam berupa aliran sungai yang mengalir membelah tebing bebatuan. Lokasinya berada di area perkebunan kopi dan hutan.

Lubuk Sepit Kancing pertama kali ditemukan pada tahun 1999 oleh sekelompok petani di Desa Sukarami, Air Nipis, Bengkulu Selatan. Mereka berencana membuka perkebunan kopi. Namun tak disangka mereka menemukan sebuah celah di sungai yang diapit bebatuan yang terlihat indah.

Nama objek wisata ini berasal dari fakta bahwa kolam tersebut merupakan bagian dari muara yang diapit celah mirip lubang kancing. Air Lubuk mengalir dengan tenang dan jernih, warnanya hijau toska akibat paparan sinar matahari, dan wisatawan bisa menggunakannya untuk berenang.

Selain itu, udaranya yang segar membuat wisatawan betah saat tiba di lokasi Lubuk Sepit Kancing. Sekilas panorama alam tempat wisata ini mirip dengan Green Canyon yang terkenal di Pangandaran. Hanya saja jangkauannya tidak terlalu luas.

Baca: Rekreasi Keluarga di Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Jika ingin lebih seru dan berani, wisatawan bisa melompat dari ketinggian atau melompati tebing di sini sambil berenang. Lokasi lompat tebing berbeda-beda, ada beberapa spot dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Tingkatannya mulai dari ketinggian 2 meter hingga 12 meter di atas permukaan air. Namun anda harus berhati-hati karena kondisi tebing yang akan anda panjat sangat licin dan cukup banyak lumutnya.

Berkendara ke Lubuk Sepi Kancing

Sebelum berangkat ke objek wisata ini, wisatawan juga membutuhkan persiapan fisik yang prima. Karena butuh waktu sekitar 1,5 jam berjalan kaki ke sana dari tempat parkir kendaraan. Agar tidak terlalu lelah, Anda bisa menyewa ojek trail dengan tarif sekitar Rp100.000 per orang.

Maka hiking tentu tidak menjadi masalah bagi para wisatawan penggemar trekking. Selain itu, pemandangan di sepanjang pencarian enak dipandang dan menambah keseruan. Tidak ada biaya masuk ke objek wisata di Bengkulu ini alias gratis.

posisi lubang kancing

Destinasi wisata alam ini terletak di perbatasan antara Desa Sukarami, Kecamatan Air Nipis dan Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Dari kota Manna berjarak sekitar 30 km atau wisatawan dapat berkendara sekitar 55 menit.

Silahkan baca : Asyiknya Berwisata ke Lembah Gunung Kepahiang Bengkulu

Untuk mencapai Lubuk Sepit Kancing, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Dari Kota Bengkulu jarak tempuhnya cukup jauh, sehingga membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan.*

navigasi pos

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button