Pantai Sundak Gunung Kidul - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Sundak Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Sundak salah satu tempat wisata populer dan eksotik di gunung kidul jogja yang patut untuk di jelajahi. Pantai pasir putih yang indah, ombak yang kuat, menikmati olahan seafood, cocok untuk liburan keluarga.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Yogyakarta, merupakan tempat yang tidak hanya terkenal sebagai provinsi yang kaya akan adat dan budaya. Kota pelajar ini juga memiliki berbagai tempat menarik yang direkomendasikan untuk berlibur. Tidak hanya pegunungan, serta taman hiburan, Jogja juga terkenal dengan berbagai destinasi wisata tepi lautnya. Salah satu ciri khas pantai pasir putih adalah Pantai Sundak.

Pantai indah ini terletak di Gunung Kidul yang juga dekat dengan pantai lain seperti Pantai Indrayanti. Dengan panorama alam yang indah, destinasi wisata ini berhasil menarik pengunjung. Padahal, tempat ini tidak hanya indah, tapi juga terkenal dengan deburan ombaknya.

Dengan berbagai keindahannya, Pantai Sundak memang menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan dan keunikannya mampu membius semua yang datang. Tak heran, saat liburan tiba, pantai ini dipenuhi rombongan orang yang ingin bersantai dengan berlibur. Angin laut juga tampaknya menjadi candu.

Atraksi Pantai Sundak

Aktivitas Pantai SundakKredit gambar: Google Maps dita pramudianti

1. Rekam cerita menarik

Selain terkenal dengan keindahannya, Pantai Sundak sebenarnya memiliki sejarah yang menarik. Awalnya, pantai ini bernama Wedimbedah. Nama tersebut diambil karena fenomena alam yang terjadi di tempat ini.

Saat air mulai naik, sebagian besar air laut akan mengalir ke arah daratan, menyebabkan terbentuknya cekungan di pantai timur. Kemudian pada saat air surut, cekungan tersebut terlihat seperti sungai kecil. Oleh karena itu, nama Wedimbedah dipilih oleh masyarakat. Dimana kata tersebut mengandung arti membelah pasir. Namun pada tahun 1976, namanya mulai berubah menjadi Sundak.

Siapa sangka nama Sundak merupakan gabungan dari kata Asu (anjing) dan Landak. Konon, pertarungan antara anjing dan landak cukup sengit.

Semuanya dimulai ketika anjing itu berlari untuk bersenang-senang di pantai. Kemudian dia datang ke sebuah gua di atas batu. Bawa anjingnya. Di sana anjing itu bertemu dengan seekor landak.

Saking laparnya, anjing itu mencoba memakan landak laut. Tidak sampai di situ, landak pun tidak mau menyerahkan nyawanya. Jadi dia mencoba melawan serangan anjing itu dengan sekuat tenaga.

Namun naas, landak tetap kalah dan akhirnya menjadi makanan anjing lapar. Sejak saat itu, pantai Wedimbedah berganti nama menjadi Sundak yang kini semakin populer di kalangan wisatawan.

2. Suasana pantai yang indah

Anda harus tahu bahwa pantai ini memiliki pantai bergelombang yang indah. Di sekelilingnya juga terdapat berbagai macam pepohonan yang membuat suasana begitu asri.

Lengkap juga dengan deretan pegunungan menghijau yang menyejukkan mata. Banyak pengunjung yang berkeliaran di pantai hanya untuk menikmati semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi.

Deburan ombak laut juga seolah menjadi harmoni tersendiri. Benar-benar memamerkan pesona alam pantai yang tenang. Ada juga beberapa gazebo untuk beristirahat.

3. Pantai dengan ombak yang cukup besar

Menjadi salah satu pantai di pesisir selatan Pulau Jawa, Pantai Sundak memiliki deru ombak yang nyaring. Sehingga dari bibir pantai Anda bisa mendengar deburan air dengan begitu jelas.

Namun, kehadiran ombak di pantai ini juga sering diharapkan. Dimana memberikan sensasi adrenalin. Ombak dari pantai tampak beriak kencang ke arah pengunjung.

Warna air laut juga memberikan kesan tersendiri. Bebatuan karang dan biota laut dapat terlihat dari permukaan air karena airnya yang begitu jernih. Semua jimat yang diberikan sepertinya mampu menghilangkan rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh.

Pasalnya, begitu sampai di tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki hingga 50 meter untuk bisa melihat pasir putih yang indah.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Sundak

Alamat Pantai SundakKredit gambar: Google Maps Adrianto Oktavianus

Bagi Anda yang mencari destinasi liburan, Anda bisa langsung menuju Pantai Sundak. Pantai ini terletak di wilayah Yogyakarta.

Tepatnya di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari kota Jogja, pantai ini berjarak sekitar 57 km. Dengan jrtak ini, pengunjung harus menempuh perjalanan selama kurang lebih satu setengah jam.

Untuk sampai ke tempat yang tepat, Anda harus melalui beberapa rute terlebih dahulu. Tentu saja, rute ini akan membawa Anda ke sana. Rute termudah untuk menuju tempat wisata ini adalah dengan mengikuti jalur Wonosari.

Pasalnya, saat Anda mengikuti jalur tersebut terdapat rambu-rambu yang akan memudahkan Anda untuk mengakses pantai. Apalagi jalan ini juga menjadi jalur utama yang banyak dilalui wisatawan untuk sampai ke pantai. Karena kondisi jalan yang agak ramai, Anda perlu berhati-hati saat berkendara.

Pantai Sundak dengan segala keindahan alamnya memang berhasil menarik para penikmat wisata alam. Tak heran bila musim liburan tiba, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Harga Tiket Masuk Pantai SundakKredit gambar: Google Maps philippe legrain

Seperti tempat wisata pada umumnya, untuk bisa mengakses semua keindahan alam yang ada di Gunung Kidul, pengunjung harus membayar tiket masuk. Namun, harga tiket masuknya sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahan alam yang didapat.

Pengelola pantai mematok harga Rp 5.000 bagi Anda yang ingin memasuki kawasan tersebut. Untuk pengangkut kendaraan, mobil dan motor akan dikenakan biaya mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Sesaat setelah sampai di tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai ke titik utama. Tenang saja, dari tempat parkir ke pantai dekat sekali. Jam buka objek wisata ini juga sepertinya tidak terbatas. Bagaimana tidak, pantai ini buka 24 jam sehari dari Senin hingga Minggu.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai dengan kepuasan dan kebebasan, Anda bisa datang di pagi hari. Ini antara pukul 07.00 dan 10.00 jadi tidak terlalu panas.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Sundak

Aktivitas seru di Pantai SundakKredit gambar: Google Maps Danang Wahyu Setiawan

1. Nikmati keindahan matahari terbenam

Hal yang sepertinya tidak pernah lepas dari keindahan South Beach adalah sunsetnya. Begitu pula dengan Pantai Sundak, yang daya tariknya juga tidak terlepas dari keindahan matahari terbenamnya.

Jika Anda ingin melihat fenomena alam yang luar biasa ini, Anda bisa datang saat senja. Ya, karena saat itulah pengunjung lain akan berkumpul di pantai untuk menikmati momen langka ini.

Manfaatkan detik demi detik matahari terbenam menuju kontes. Berganti dengan malam yang berarti siang akan segera berakhir dan menjadi esok. Biasanya warna orange sea light juga memberikan warna tersendiri saat ini.

2. Bermain pasir

Pantai Sundak terkenal dengan pasir putihnya yang indah. Oleh karena itu, aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bermain pasir pantai. Ya, kegiatan ini pasti dinikmati oleh semua kalangan, terutama anak-anak.

Mereka bisa membuat berbagai macam miniatur pasir yang unik. Permainan pasir ini bisa menggantikan aktivitas berenang yang sangat tidak disarankan untuk dilakukan di pantai. Pasalnya, pada tahap ini akan banyak terumbu karang yang membahayakan pengunjung.

3. Snorkeling

Aktivitas Seru di Pantai SundakKredit gambar: Google Maps Ermantyo Bruri

Tidak hanya indah dengan kondisi pantainya, Pantai Sundak dihuni oleh berbagai jenis terumbu karang serta berbagai biota laut. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang ingin melihat penampakan alam bawah laut dengan melakukan aktivitas snorkeling.

Jika tertarik, Anda bisa langsung berganti pakaian dan memakai perlengkapan yang diperlukan. Anda bisa berenang sedikit ke arah tengah sehingga Anda bisa melihat jajaran terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang menghiasi perairan dalam. Segera rasakan kesegaran air pantai yang seolah bisa menghilangkan segala penat.

4. Berburu foto keren

Aktivitas yang wajib dilakukan di lokasi yang menarik dan epik adalah mengabadikan momen dengan berfoto. Dengan cara ini Anda dapat mengenang saat-saat Anda berada di sana yang pasti tidak akan pernah terlupakan.

Karena di situlah semua keindahan alam berada. Mulai dari jajaran perbukitan, pepohonan, hingga pasir putih yang begitu memukau. Kapan Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan merogoh kocek kurang dari Rp 10.000.

Deburan ombak yang begitu indah dan semilir angin yang menerpa tubuh seakan membawa kenyamanan tersendiri bagi pengunjung. Anda juga pasti akan betah berlama-lama di tempat ini. Berfoto dengan background sunset juga bisa jadi andalan.

5. Nikmati wisata kuliner

Perlu Anda ketahui bahwa pantai yang indah ini memiliki beberapa warung makan di sepanjang garis pantainya. Saat lapar melanda, pengunjung bisa menjelajahi semua makanan yang ada di sana. Ada beragam menu seafood yang pasti bikin lidah goyang. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut kelaparan saat berkunjung ke sini.

Penginapan murah terdekat dengan pantai sundak

Penginapan murah terdekat dengan pantai sundakKredit gambar: Google Maps Omah Sundak

1. Akomodasi Pemandangan Menjahit Sundak Indraprastha

Hostel ini terletak di area yang sama dengan Pantai Sundak. Yakni di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai tempat penginapan.

Apalagi jarak antara hotel dan pantai hanya membutuhkan waktu 2 menit. Dari segi fasilitas, Sew Sundak Indraprastha Inn dilengkapi dengan parkir gratis, kolam renang, dan layanan kamar.

2. Omah Sundak

Juga di desa Sidoharjo, hostel berikutnya adalah Omah Sundak yang memberikan Anda akses lebih mudah menuju keindahan destinasi wisata tepi laut ini. Bahkan tempat ini juga berfungsi sebagai penjemputan di bandara. Ada tempat parkir yang luas di sini. Bahkan, dari luar kamar Anda, Anda bisa langsung melihat luasnya lautan.

Omah Sundak juga memiliki kamar yang cukup luas. Jadi Anda bisa berduyun-duyun untuk menginap di sini. Liburan Anda pasti akan lebih menyenangkan.

3. Akomodasi untuk dua anak laki-laki

Sebuah penginapan lebih berbentuk rumah petak. Desain bangunannya minimalis dengan berbagai fasilitas yang ada. Pemandangan di luar hostel juga bagus.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Sundak Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sundak Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Danang Wahyu Setiawan

Menjadi salah satu wisata terpopuler di Yogyakarta, pantai cantik ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari mushola, tempat parkir mobil, toilet, juga warung makan.

Berbekal berbagai fasilitas yang ada, pengunjung diharapkan mampu melestarikan keindahan pantai semaksimal mungkin. Ada juga beberapa gazebo sebagai tempat peristirahatan sementara.

Nah, itu tadi berbagai hal tentang Pantai Sundak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat yang tepat untuk dijadikan tujuan wisata saat liburan akan datang. Rasakan sendiri bagaimana rasanya menghabiskan liburan di pantai yang sangat indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button