Tiket WENDIT TOURISM PARK dan Pesona Alam - WisataHits
wisatahits

Tiket WENDIT TOURISM PARK dan Pesona Alam

Harga Tiket Masuk Wendit Park: Rp 10.500 – Rp 18.500 Jam Buka: 07:00 – 17:00 WIB Nomor Telepon: -Alamat: Jl. Raya Wendit Tim., Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65154

Taman Wisata Wendit Malang merupakan favorit masyarakat Malang yang berusia ratusan tahun dengan berbagai khasiatnya. Kolam Wendit konon menjadi tempat favorit para selir dan raja-raja Majapahit untuk menikmati saat melakukan prosesi ritual. Sumber air ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, memperlancar jodoh, rezeki dan awet muda.

Nama Wendit berasal dari ‘wendito’ yang artinya pendeta. Menurut cerita, pendeta itu sedang bertapa di Mangliawan ketika kekeringan melanda dan kemudian muncul sumber air ini. Pada masa kolonial, Wendit berfungsi sebagai pemandian umum yang dilengkapi dengan lapangan tenis menyerupai hutan kecil. Kini Taman Wisata Wendit dikelola oleh BUMD Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Harga tiket masuk Wendit Park

Pengunjung yang datang untuk menikmati taman wisata ini akan dikenakan biaya tiket yang cukup terjangkau. Harga tiket pada hari biasa dan akhir pekan sama, hanya berbeda tergantung usia pengunjung.

Harga tiket masuk Wendit Park
Tiket masuk dewasa pada hari kerja 15.500 rupiah
Tiket masuk untuk anak-anak pada hari kerja Rp10.500
Tiket Masuk Dewasa Akhir Pekan 18.500 rupiah
Tiket masuk anak akhir pekan 12.500 rupiah

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Perkebunan Teh Wonosari Malang

Ketentuan untuk mengunjungi Taman Wisata Wendit:

  • Bawa bukti vaksin, KTP dan miliki aplikasi PeduliLindung.
  • Harus memakai masker.
  • Cuci tangan atau bawa hand sanitizer.
  • Menjaga jarak.

Jam Buka Taman Wisata Wendit

Pengunjung dapat mengunjungi taman hiburan ini dari pagi hingga malam. Taman ini buka setiap hari.

Jam buka
Jam buka 07.00 -17.00 WIB

Tempat Wisata Taman Wisata Wendit Malang

Wendit diyakini telah ada dan dibangun pada masa kerajaan Mataram pada abad ke-10 Masehi. Raja Majapahit, Prabu Hayam Wuruk mengunjungi danau ini untuk wisata sekaligus ritual karena bangunannya yang keramat. Taman rekreasi ini memiliki kolam alami dan buatan.

Baca: Tiket Masuk MALANG NIGHT PARADISE & 4 Wahana Keren

1. Kolam alami

Kolam Alam Wisata WenditKolam air alami di Taman Wisata Wendit. Foto: Google Maps/rijaalfa

Kolam alami ini telah digunakan sejak zaman dahulu dan konon merupakan tempat peristirahatan Raja Hayam Wuruk. Kolamnya tidak terlalu dalam, airnya jernih dan segar. Sangat cocok untuk bersantai. Di sumber air ini, wisatawan juga bisa berenang bersama ikan-ikan kecil yang berenang hilir mudik.

2. Kolam termal

Kolam termal memiliki dasar lantai batu alam. Airnya dingin dan segar dengan taburan bunga mawar. Konon menurut cerita, mandi di kolam renang memiliki khasiat untuk meremajakan wajah.

3. Kolam buatan

Sarana Rekreasi Air Taman Wisata Wendit MalangKolam buatan dengan berbagai wahana seperti perahu dayung dan pedalo. Foto: Googlemap/Khoirul Wicaksono

Kolam buatan terbentuk dari sungai yang dibendung. Di sini pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar danau. Wisatawan bisa menyewa perahu motor berkapasitas 16 orang. Sedangkan untuk 2 orang, ada perahu yang bisa didayung sendiri. Kolam renang ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya waterpark.

Baca: Tiket Masuk TAMAN SELECTA Malang dan Kegiatannya

4. Wahana Taman Air

Waterpark merupakan salah satu wahana favorit anak-anak di Taman Wisata Wendit, MalangWaterpark merupakan salah satu wahana favorit anak-anak di Taman Wisata Wendit, Malang. Foto: Googlemap/Mahardani Siswo

Taman air ini menjadi favorit anak-anak. Ada perosotan dimana wisatawan bisa meluncur ke bawah seluncuran lalu mendarat di permukaan kolam. Ada juga ember air yang sangat besar dan terbalik setiap kali air penuh.

5. Tempat bermain anak

taman bermain dan tamasyaUntuk anak-anak, ada taman bermain dan jalan-jalan ke Taman Wisata Wendit Malang. Foto: Instagram/handini3729

Area bermain anak menawarkan jungkat-jungkit, jungkat-jungkit, bom mobil, komidi putar, dan banyak lagi. Ada juga wahana keluar seperti flying fox dan menunggang kuda. Selain itu, Anda juga bisa menyewa perahu dayung di sana atau naik perahu starter.

6. Maskot Monyet Taman Wendit

Monyet jinak berjalan di sekitar maskot Monyet-monyet jinak yang berkeliaran menjadi maskot taman wisata Wendit Malang. Foto: Googlemap/Kumbarakarta Kharisma

Hal menarik lainnya adalah monyet yang menjadi maskot wisata Wendit. Monyet ini disebut sebagai utusan kerajaan ke Tengger untuk melindungi mata air Wendit.

Monyet Tamu Wendit adalah spesies berekor panjang (macaca fascicularis). Monyet-monyet itu jinak dan bebas berkeliaran di Hutan Wendit dan menghuni pepohonan. Jati dan pohon Sonokeling di kawasan ini merupakan ekosistem hutan kecil, habitat terakhir kera ekor panjang.

Baca: Tiket Masuk ECO GREEN PARK Malang dan Wahana

7. Ritual Musim Semi Widodaren

Selemparan batu dari kolam, berdiri sebuah bangunan dengan relief Hindu. Di dalamnya terdapat mata air bernama Sendang Widodaren. Sedangkan di sebelah mata air terdapat punden yang juga terdapat arca.

Di Wendit, khususnya di Sendang Widodaren, digunakan untuk 4 ritual berbeda dalam satu tahun. Yang pertama adalah Grebeg Tirto Aji yang berlangsung setiap Kamis Pahing di bulan Rajab. Suku Tengger dari 4 daerah yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang melakukan ritual ini. Masyarakat Tengger mengambil mata air untuk dibawa pulang agar sawah mereka subur dan hasil panen melimpah.

Ritual lainnya adalah desa bersih oleh penduduk desa Mangliawan. Selanjutnya, ritual Jamasan atau pencucian keris oleh para pecinta keris, dan Grebeg Suro untuk 1 Suro. Wendit dianggap suci karena merupakan pertemuan perairan Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Kawi.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas COBAN RONDO Labyrinth Malang

Meredakan

Fasilitas umum yang tersedia cukup memadai. Beberapa kamar mandi dan ruang ganti tersedia. Ada juga masjid untuk beribadah. Ada juga banyak warung makan yang berjejer di sana.

Tempat parkirnya nyaman dan rindang di bawah rindangnya pepohonan. Ada juga pendopo, gazebo, dan tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat dan menikmati pemandangan. Pengunjung dapat membeli oleh-oleh yang dibuat oleh penduduk setempat dan dijual di daerah tersebut.

Lokasi Taman Wisata Wendit

Taman rekreasi keluarga ini terletak di Jl. Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button