Keindahan Pulau Payung, destinasi favorit para penyelam - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pulau Payung, destinasi favorit para penyelam

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp75.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Pulau Payung adalah sebuah pulau yang terletak di kawasan Kepulauan Seribu. Namanya memang kalah terkenal dari pulau-pulau populer lainnya di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan Pulau Tidung yang bertetangga. Namun jangan salah, jika pulau ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pulau-pulau di sekitarnya.

Di kawasan yang memiliki luas sekitar 20 hektar ini, masih ada penduduk yang tinggal di sana, sehingga mengunjungi pulau yang memiliki pantai berpasir putih ini cukup mudah. Banyaknya itinerary dan fasilitas umum memungkinkan Anda menginjakkan kaki di pulau yang masih sangat alami ini.

Saat datang ke lokasi Pulau Payung, wisatawan akan terpukau dengan keindahannya. Dari pantai hingga laut bahkan akan membangkitkan jiwa narsis wisatawan untuk berfoto sesuka hati. Pulau ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman, karena akan lebih menarik jika lebih banyak orang.

Atraksi Pulau Payung

Objek wisata milik Pulau PayungKredit gambar: Google Maps William

Jika kita berbicara tentang pesona pulau yang terletak di Kepulauan Seribu ini tidak akan hilang dari alamnya. Seperti diketahui, daya tarik utama Kepulauan Seribu adalah pantai dan lautnya, atau alam pulaunya saja. Begitu juga dengan Pulau Payung yang terletak di Kepulauan Seribu. Berikut beberapa atraksinya.

1. Pantai pasir putih

Pantai pasir putih memang menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Oleh karena itu, pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu ini juga mengandalkan keindahan pantainya untuk menarik pengunjung. Di pantai pasir putih ini, wisatawan bisa bermain bersama keluarga atau teman.

Bahkan dengan pasir putih pantai ini, hasil foto akan lebih bagus. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto jika sudah menginjakkan kaki di pulau ini.

2. Gelombang pantai

Dari ombak pantai yang relatif kecil, semua orang bisa bermain air di pantai. Bahkan anak-anak atau orang dewasa yang tidak bisa berenang pun bisa puas bermain di laut dengan ombak kecil di sini. Ombaknya yang kecil ditambah pasir pantai yang putih akan sangat cocok untuk tamasya keluarga terutama dengan anak-anak.

3. Kunjungan bawah laut

Atraksi Pulau PayungKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

Kemudian beralih ke perairan yang lebih dalam, wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling dan menikmati keindahan alam bawah laut. Kepulauan Seribu terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, karena dijaga dan dijauhkan dari tangan-tangan jahat perusak alam. Oleh karena itu, jika sudah sampai di sini, cobalah untuk menyelam dan menikmati alam bawah laut.

4. Alam di sekitar pulau

Dari wisata bawah laut, kini beralih ke pemandangan laut yang indah dan beberapa pulau di sekitar Pulau Payung Dumai. Dari pantai, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang ditawarkan, mulai dari pemandangan beberapa pulau terpencil di hamparan biru laut hingga alam di sekitar pantai dengan beberapa pepohonan.

5. Matahari terbenam

Salah satu momen terindah setiap harinya adalah sunset atau matahari terbenam. Dari pantai kawasan pulau ini, wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan momen yang terjadi sore ini, dimana dari kejauhan Anda akan melihat langit mulai berubah menjadi merah kekuningan dan matahari mulai terbenam di antara pulau dan lautan.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan

Alamat Pulau PayungKredit gambar: Google Maps Henry Indratmoko

Pulau Payung terletak di kawasan Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta. Dengan lama perjalanan antara 1 jam sampai 2 jam dari ibu kota Jakarta. Rute bisa dimulai dari Dermaga Marina Ancol menggunakan speedboat sewaan selama 1 jam, atau dari Pelabuhan Kali Adem menggunakan feri selama 2 jam.

Untuk liburan ke Pulau Payung melalui Dermaga Marina Ancol berkapasitas 21 orang dikenakan biaya Rp 740.000 yang akan menemani wisatawan dari pemberangkatan hingga kembali ke Dermaga Marina Ancol. Sedangkan untuk wisatawan yang ingin melewati Pelabuhan Kali Adem yang berkapasitas 21 orang dikenakan biaya Rp 440.000 untuk pulang pergi.

Jika ingin yang lebih murah, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum dengan kapal ferry dari pelabuhan Kali Adem. Harga tiket yang harus dibayar adalah Rp 75.000 per orang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Payung

Aktivitas Seru di Pulau PayungKredit gambar: Tur dan Perjalanan Google Maps

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke pulau yang memiliki luas 20 hektar ini. Berikut beberapa penjelasan mengenai aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Payung.

1. Bermain air di pantai

Kegiatan pertama dan salah satu kegiatan wajib saat menginjakkan kaki di pulau ini adalah bermain air laut di tepi pantai. Dari ombak kecil, air laut yang terlihat begitu biru, hingga pantai pasir putih yang begitu indah, wisatawan akan merasa tertantang untuk bermain air laut di pantai.

2. Snorkeling

Menikmati keindahan bawah laut adalah salah satu hal yang bisa dilakukan di sekitar perairan pulau eksotis ini. Ada banyak terumbu karang indah yang bisa dilihat dengan mata kepala sendiri, para pecinta snorkeling tidak akan melewatkan kesempatan menyelam ke dasar laut ini.

3. Bermain di pantai berpasir

Pasir di pantai ini begitu indah dengan warna putihnya sehingga sebagian orang akan terlihat sibuk membangun istana pasir. Bermain di pantai pasir putih memang menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Selain mengisi hari libur, kegiatan ini bisa membuat seseorang lebih kreatif.

4. Bersantai dan menikmati alam

Aktivitas Seru di Pulau PayungKredit gambar: Google Maps Panca taqwa

Jika Anda mencari tempat yang cocok untuk bersantai dan jauh dari keramaian, maka liburan di pulau ini adalah pilihan yang tepat. Karena pulau yang diapit oleh Pulau Pari dan Pulau Tidung ini jauh dari keramaian, sehingga sangat cocok untuk melepas penat dan mencari ketenangan dari hiruk pikuk dunia perkotaan yang ramai.

5. Menikmati matahari terbenam

Bersantai sambil menyaksikan matahari terbenam dari kejauhan, laut lepas bisa terlihat bersama orang-orang terdekat di pantai ini. Keindahan langit kuning kemerahan dan keindahan lautan yang begitu biru akan membuat semua mata pusing. Apalagi dengan suasana alam yang tenang, wisatawan akan merasa lebih tenang.

6. Ambil gambar sebanyak yang kamu mau

Liburan tidak akan lengkap jika tidak berfoto bersama. Berfoto dan berkreasi bersama orang-orang terdekat adalah wajib bagi setiap orang, begitu juga saat berlibur di pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu ini. Dengan alamnya yang luar biasa indah, jiwa narsis wisatawan akan keluar dengan sendirinya.

Akomodasi murah terdekat

Fasilitas Pulau PayungKredit gambar: Google Maps Rahmat Priaja

1. Akan Tuan Rumah Keluarga

Bagi Anda yang ingin menginap bersama keluarga, Anda bisa menggunakan Sera Homestay yang terletak di Pulau Tidung. Harga per malam adalah Rp 300.000. Dengan fasilitas seperti AC dan wifi gratis. Perlu diketahui bahwa perjalanan jauh dari Pulau Tidung ke Pulau Payung hanya memakan waktu sekitar 5-10 menit dengan speedboat.

2. Homestay Safari di Pulau Tidung

Di Pulau Tidung juga terdapat homestay yang bisa digunakan untuk menginap bagi wisatawan yang ingin bermalam. Harga untuk menginap di homestay ini adalah Rp 350.000 per malam.

3. Resor Mutiara Tidung

Bagi wisatawan yang hanya datang dengan pasangan dan ingin mencari akomodasi yang lebih murah, bisa menginap di Mutiara Tidung Resort. Di resort yang terletak di Pulau Tidung ini dikenakan biaya Rp 126.000 per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Payung

Fasilitas di Pulau PayungKredit gambar: Google Maps Yuda Aksel

Pulau Payung masih menjadi objek wisata yang sangat alami, sehingga belum banyak fasilitas yang bisa ditemukan di pulau ini. Selain kawasan pemukiman, berikut beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan wisatawan yang datang berlibur.

1. Pelabuhan kapal

Fasilitas pertama adalah pelabuhan untuk kapal yang masuk dan keluar pulau ini. Di pelabuhan ini, tidak hanya perahu wisata yang ditambatkan, namun ada beberapa perahu milik warga sekitar yang digunakan untuk memancing di laut.

2. Katering

Di pulau ini juga terdapat warung makan milik warga sekitar yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Dengan demikian, wisatawan dapat memuaskan rasa lapar mereka dengan makan di warung.

Berlibur di Kepulauan Seribu merupakan dambaan sebagian orang, karena kawasan wisatanya begitu indah, baik dari alam sekitarnya maupun dari perairannya. Jika Anda berkunjung ke Kepulauan Seribu, pastikan Anda mengunjungi Pulau Payung yang berada di kawasan tersebut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button