Pantai Pemuteran, tempat favorit untuk menikmati sunset dan sunrise di Buleleng - WisataHits
wisatahits

Pantai Pemuteran, tempat favorit untuk menikmati sunset dan sunrise di Buleleng

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pemuteran, Kecamatan. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali; Kasus: Cek lokasi

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan tempat wisatanya yang beragam dan eksotis. Tak hanya itu, keindahan yang ditawarkan tak sekadar omongan. Misalnya, Pantai Pemuteran yang dikenal sebagai destinasi wisata alam di Bali dapat memberikan ketenangan dan ketentraman bagi pengunjung.

Pantai ini memiliki kondisi dasar laut yang unik karena keberadaan sebuah pura. Tentu saja, pura di dasar laut adalah sebuah karya seni yang menakjubkan. Perpaduan keindahan alam dan buatan inilah yang menarik perhatian banyak pengunjung. Tak heran bila akhir pekan tiba, banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata populer di Bali ini.

Destinasi ini pernah menarik perhatian masyarakat Indonesia pada tahun 2010 atau tepatnya saat penemuan candi tersebar. Seorang fotografer Inggris mengambil gambarnya dan membagikannya secara online. Gambar yang dihasilkan adalah reruntuhan candi yang terletak di dasar laut.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Pemuteran

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai PemuteranKredit gambar: Google Maps Ruth

1. Pemandangan yang begitu eksotis

Ada begitu banyak atraksi yang akan Anda temukan saat berada di tempat wisata populer di Bali ini. Salah satunya adalah pemandangan alam yang sangat eksotis. Jadi, bagi yang berkunjung ke Pantai Pemuteran, Anda akan menemukan pemandangan yang menakjubkan berupa hamparan pasir hitam yang sedikit mengkilat. Sungguh pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya pemandangannya, Anda juga bisa merasakan udara yang benar-benar segar dan bebas polusi. Saat Anda berada di pantai yang indah dan megah ini, pemandangannya sangat luar biasa sehingga segala penat hilang seketika. Dijamin Anda akan betah saat berkunjung ke tempat wisata ini.

2. Keberadaan terumbu karang

Apalagi keberadaan terumbu karang membuat pantai Pemuteran begitu indah. Terumbu karang di sini begitu lengkap bahkan bisa memuaskan pengunjung yang melihatnya. Tercatat ada 80% terumbu karang di Indonesia yang bisa Anda lihat di tempat ini.

Memang keadaan air lautnya masih sangat jernih dan lingkungannya benar-benar terjaga. Maka tak heran jika terumbu karang di pantai ini masih sangat penuh. Manajemen menjaga dan melestarikan terumbu karang terbaik. Ternyata, pada tahun 2003, terumbu karang di pantai ini mendapat penghargaan.

3. Matahari terbenam dan matahari terbit yang indah

Sepertinya keindahan alam yang ditawarkan Pantai Pemuteran tidak ada habisnya. Tidak hanya pemandangannya yang indah, namun sunset dan sunrise di sini juga sangat indah. Pantai ini menawarkan keindahan yang berbeda. Selain cantik, kondisinya juga unik dan sangat mengharukan bagi orang yang melihatnya.

Tak hanya wisatawan lokal, keindahan ini juga diburu oleh wisatawan mancanegara. Karena pesonanya yang eksotis dan sayang untuk dilewatkan. Dijamin, setiap orang yang melihatnya akan tertarik untuk melihat keindahan ini lagi dan lagi. Anda dapat melihat keindahan atau mengabadikannya melalui foto.

Alamat dan rute perjalanan menuju pantai

Alamat Pantai PemuteranKredit gambar: Google Maps Nadia Zobrist

Bagi yang ingin menuju pantai Pemuteran tentunya harus mengetahui alamat dan rute menuju lokasi terlebih dahulu. Pantai ini terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Tentunya lokasi pantai ini sangat strategis dan mudah dijangkau dengan mobil atau motor.

Secara spesifik lokasi pantai ini berada di Desa Pemuteran yang merupakan salah satu desa di Kabupaten Buleleng. Jika saat ini anda sedang berada di kota Denpasar, maka untuk bisa sampai ke tempat wisata ini jarak yang ditempuh adalah 200 km. Sedangkan waktu tempuhnya sekitar 4 jam. Jadi siapkan waktu yang cukup jika ingin berlibur ke tempat ini.

Jika melalui jalan Denpasar, silahkan ambil jalan ke Gilimanuk lalu Singaraja. Jika Anda ingin cepat sampai dan posisi Anda di pulau Jawa, menyeberanglah ke pelabuhan Gilimanuk. Begitu sampai di pelabuhan, Anda bisa sampai ke pantai cantik ini hanya dalam waktu 1 jam.

Tiket Masuk Pantai Pemuteran

Tiket Masuk Pantai PemuteranKredit gambar: Google Maps Deborah Apgaua

Jika Anda ingin berlibur ke Pantai Pemuteran, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena harga tiketnya hanya 0 atau gratis. Harga ini tentunya sangat murah dibandingkan dengan apa yang akan anda dapatkan di tempat wisata ini. Keindahan yang luar biasa akan membuat semua pengunjung sulit untuk melupakannya.

Tentu saja, meskipun biaya masuk ke tempat wisata ini gratis, Anda tetap perlu membawa dompet. Karena berbagai aktivitas di pantai akan memakan biaya, misalnya spa atau mencicipi makanan di pantai. Atau jika ingin menginap, silahkan bayar akomodasi. Bagi yang ingin bermalam, merogoh kocek mulai dari Rp 500.000.

Aktivitas Seru di Pantai Pemuteran

Aktivitas Seru di Pantai PemuteranKredit gambar: Google Maps SKB

1. Lihat penangkaran penyu

Kegiatan yang sering dilakukan di pantai adalah menyelam dan snorkeling. Namun di Pantai Pemuteran, Anda bisa melakukan aktivitas lain, seperti melihat penangkaran penyu. Anda bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan baru tentang cara merawat penyu. Tentunya ada pemandu dari pengelola pantai yang akan menemani Anda.

Pantai eksotis ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga memberikan banyak edukasi. Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti melepaskan penyu ke laut, yang biasanya dilakukan oleh warga sekitar pantai. Silahkan ikuti kegiatannya. Hanya saja kegiatan pelepasan penyu ini masuk dalam agenda sehingga tidak terjadi setiap hari.

2. Menyelam

Apalagi aktivitas kedua yang tidak boleh dilewatkan di Pantai Pemuteran yang terkenal dengan terumbu karangnya adalah menyelam. Ini adalah aktivitas yang harus Anda lakukan. Bagi yang ingin melihat keindahan terumbu karang, menyelamlah terlebih dahulu ke dasar laut dan temukan terumbu karang yang indah.

Ada banyak hal yang akan Anda temukan mulai dari ikan kecil hingga terumbu karang dan masih banyak lagi. Semua yang cantik siap menyambut para penyelam yang datang. Omong-omong, di pantai ini juga terdapat sebuah pura yang merupakan cerita kuno. Pastinya akan membuat aktivitas menyelam penuh dengan pengalaman karena banyak keindahan yang akan Anda temukan.

3. Relaksasi

Setelah puas bermain dengan penyu atau menyelam ke dasar laut, saatnya Anda bersantai di tepi pantai Pemuteran. Kegiatan rekreasi sangat dinanti oleh pengunjung wisata. Karena kegiatan ini bisa merelaksasi pengunjung yang lelah bekerja seharian. Semua itu terbayar dengan keindahan pantai.

Apalagi saat Anda bersantai nanti, Anda akan ditemani semilir angin yang sejuk, warna pasirnya yang hitam kecokelatan juga menambah keindahan pemandangan di pantai ini. Tentunya momen relaksasi Anda akan berkesan. Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti bermain voli, sanding, berjemur atau bermain air bersama keluarga dan teman-teman.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas Pantai PemuteranKredit gambar: Google Maps Ni Luh Putu Hendiliana Dewi

Anda akan menemukan fasilitas dari tempat parkir mobil. Parkir di sekitar pantai Pemuteran sangat luas. Artinya, bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, tidak perlu lagi memikirkan tempat untuk memarkir kendaraannya. Bagi yang ingin parkir nanti, jangan lupa siapkan kocek untuk membayar biaya parkir.

Selain itu, Anda juga akan menemukan fasilitas lain seperti akomodasi atau hotel. Bahkan di dekat pantai juga terdapat villa dan penginapan mewah lainnya. Hal ini tentunya akan memudahkan para pengunjung wisata. Keindahan alamnya juga memungkinkan aktivitas menyelam dan snorkeling di pantai ini. Lokasi persewaan peralatan menyelam dan snorkeling juga tersedia di sini.

Dan fasilitas terakhir adalah banyaknya restoran, kafe, bar yang siap melayani para pengunjung yang datang. Nah bagi yang membutuhkan kamar mandi dan mushola, disini juga tersedia. Semuanya sudah ada untuk membuat pengunjung merasa nyaman di pantai yang indah ini.

Pantai Pemuteran merupakan objek wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan alamnya yang sungguh menggugah selera. Keindahan alam yang menawan ini menjadikan pantai-pantai di Bali sebagai tempat yang ideal untuk berlibur. Menariknya, terdapat terumbu karang dan peninggalan candi yang menambah keunikan pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button